Info Kedokteran

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Ketika menjalankan segala bentuk aktifitas maka tubuh kita membutuhkan asupan gizi dan multivitamin sehingga fungsi organnya dapat kembali nomal bekerja. Agar kuat untuk menjalani segala aktivitasnya sekaligus menjaga kesehatan badan. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah adalah langkah menuju hidup sehat. Karena hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan sumber tersebut banyak ditemukan pada sayur dan buah. Kurang mengkonsumsi buah selama puasa dapat mengakibatkan tubuh kekurangan suatu nutrisi misalnya saja kekurangan Vitamin C. Kurangnya Vitamin C pada tubuh dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan. Apa sajakah itu? Kenali ciri-ciri jika Anda kekurangan vitamin C.

Sponsor: cream pemutih wajah

  • Badan Mudah Lelah

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Kondisi tubuh yang memgalami kekurangan asupan vitamin C dari makanan maka damnpaknya adalah tubuh menjadi mudah mengalami lelah atau capek maskipun sedang tidak beraktivitas berat. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kekurangan energy. Seperti telah diketahui Vitamin C juga berperan sebagai penghasil energi bagi tubuh sehingga membuat tubuh segar dan bugar ketika beraktivitas. Bahkan menurut beberapa sumber lain menyebut bahwa kekurangan vitamin c dapat menggakibatkan kelemahan kronis hingga depresi sehingga mempengaruhi pula kekuatan tulang. Di tingkat lebih tinggi, kekurangan vitamin ini bisa menurunkan berat badan secara drastis. Jadi, banyak mengkonsumsi buah–buahan terutama yang kaya akan vitamin C sangat dianjurkah agar Anda terhindar dari lelah dan capek sepanjang hari.

  • Nyeri Otot dan Sendi

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Apabila Anda sedang melakukan aktifitas padat dan sering merasakan nyeri botot dan nyeri dipersendian kamungkinan hal itu bukanlah pegal linu. Ada kalanya hal tersebut terjadi karena tubuh mengalami kekurngan pasokan Vitamin C. Selain nyeri sendi biasa, gejala lainnya bisa sampai menimbulkan nyeri pada tungkai yang lebih kronis. Bahkan terkadang bisa menimbulkan penyakit kudis parah hingga pendarahan pada sendi bagian dalam sehingga akan timbul rasa sakit tak tertahankan.

  • Kulit Mudah Memar

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Tanda-tanda lain tubuh mengalami kekurangan vitamin C adalah kulit mudah sekali mengalami memar meski tidak merasakan sakit ketika terkena benda tumpul. Apabila anda terjatuh atau menabrak sebuah meja yang seharusnya hal tersebut tidak apa-apa namun kemudian kulit Anda memar dan memerah, hal tersebut ada kemungkinan karena kondisi tubuh yang mengalami kekurangan vitamin C sehingga tubuh menjadi sangat rentan. Kulit yang memar juga membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa pulih kembali terutama jika kekuranga vitamin C. Kulit akan menjadi kering dan ketika digaruk bisa menimbulkan guratan. Padahal jika Anda tahu, peran vitamin ini sangat penting untuk membentuk kolagen yang membantu penyembuhan luka dan meregenerasi kembali sel-sel kulit yang luka.

  • Masalah pada Kulit Lainnya

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Bintik-bintik merah pada kulit yang mungkin muncul kemungkinan bukanlah sebuah penyakit, namun hal tersebut merupakan reaksi tubuh akibat kurangnya Vitamin C. selain itu, ketika kulit mengalami masalah menjuadi kering, kasar, maupun bersisik banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan bawaan kulit tengah kekurangan air sehingga kulit bisa dehidrasi. Hal tersebut kemungkinan ada benarnya namun juga bisa reaksi kulit karena tubuh yang kekurangan Vitamin C dan bukan kekurangan air.

  • Terjadi Masalah Pada Rambut dan Masalah Pada Gusi

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Tanda lain jika Anda mengalami kekurangan Vitamin C adalah rambjut yang menmgalami masalah seperti kering, bercabang, hingga rontok. Hal ini terjadi karena rambut kurang mendaoatkan nutrisi dari tubuh. Tak hanya rambut masalah lain juga terjadi pada gusi Anda. Jika Gusi Anda sering mengalami masalah maka ada kemungkinan tubuh tengah kekurangan Vitamin C. Masalah pada gusi seperti itu bisa terjadi akibat dari munculnya perubahan warna gusi, pembengkakan, peradangan, serta gusi yang mengeluarkan darah tanopa sebab adalah tanda jika Vitanin C yang masuk ke tubuh kurang.

  • Tubuh Mudah Mengalami Infeksi

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Kekurangan Vitamin C juga mengakibatkan tubuh mengalami infeksi, hal ini terjadi karena system kekebalan tubuh menjadi melemah sehingga tubuhpun dapat mudah mengalami berbagai macam penyakit. Kekurangan vitamin ini akan membuat system imun tubuh berkurang dan infeksi akan menyerang tubuh termasuk bakteri dan virus. Karena vitamin C penting peranannya dalam upaya pembentukan daya tahan tubuh sekaligus penyumbang terbesar dalam optimalisasi imunitas tubuh. Kerana semakin berkurangnya asupan vitamin C maka tubuh mudah terserang flu, demam, meriang, pusing dan konsidi sakit lainnya.

  • Dapat Mengganggu Psikologi dan Mood

Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Kurangnya vitamin C membuat jiwa mudah emosi hingga depresi. Menurut penelitian menyebut jika vitamin C berperan dalam membantu mengurangi efek stress atau masalah psikologis serta merangsang suasana hati lebih baik. Studi lain di Jerman mengatakan ada 120 sukarelawan penelitian yang diminta memecahkan soal matematika. Setelah diberi vitamin c 1000 mg maka diketahui bahwa ada peningkatan kadar tekanan darah dan hormon stress korsitol secara signifikan lebih besar. Sehingga risiko mengalami stess mudah dihindari.

Menyebabkan Masalah Neurologis Otak

        Kenali Ciri-ciri Jika Anda Kekurangan Vitamin C

Menurut survey studi, ada kaitan antara desifiensi vitamin C dengan masalah neurologis otak. Penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center yang tertuang dalam Journal of Neurochemistry 2012 silam menyebut bahwa tikis percobaan yang diberi asam askorbat (AA) secara ekstrenal atau vitamin C mengalami masalah depresi dan perilaku yang lebih baik dibanding ketika tikus kekurangan AA dalam tubuhnya. Pemberian vitamin C pada tikus secara perlahan mampu memulihkan kondisi atau masalah pada neurologis, fisiologis dan psikologis ekstrim. Jadi, jika Anda menginginkan mendapat kandungan vitamin C bisa mengkonsumsi buah kaya vitamin ini seperi jeruk, lemon, kembang kol, kubis, brokoli dan lain sebagainya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top