Manfaat Tanaman

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi sayur-sayuran hijau menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang karena mengandung banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. Satu diantara sekian jenis sayuran hijau adalah selada atau sering juga disebut sawi hijau. Selada merupakan jenis sayuran yang sering dikonsumsi sebagai sayuran atau sering dikonsumsi secara mentah atau istilahnya lalapan. Ada beberapa jenis selada yang sering dikonsumsi oleh masyarakat seperti selada hijau atau selada putih. Dan selada sangat baik untuk kesehatan sebab banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini yang harus Anda kenali berbagai jenis dan manfaat selada bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui.

Sponsor: produk pemutih wajah

  • Lollo Verde

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Jenis dari selada yang pertama adalah lollo verde atau lebih sering disebut dengan selada keriting. Sesuai dengan namanya selada ini mempunyai bentuk daunnya yang ramping serta ujungnya yang bergelombang atau keriting. Selada ini dapat dengan mudah dikenali dengan warnanya yang hijau muda atau kuning muda dan mempunyai rasa yang netral sehingga sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam makanan sebagai lalapan.

  • Lollo Rosso

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Selada jenis ini tidak berbeda jauh dengan selada keriting dimana persamaan paling mirip adalah pada bentuk dan warnanya. Tapi pada tepian daun selada Lollo Rosso berwarna agak kemerah-merahan.

  • Iceberg Lettuce

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Selada jenis ini sering kali disebut dengan selada bokor. Ciri khas dari sayuran ini adalah mempunyai bonggol atau pangkal pohon yang besar dan mempunyai daun yang berlapis-lapis. Selada Iceberg Lettuce tidak dapat bertahan lama dan harus segera dikonsumsi stelah dipetik.

  • Cos / Romaine Lettuce

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Selada jenis ini berasal dari Pulau Kos yang berada di Negara Yunani sehingga diberi nama sesuai dengan tempat asalnya. Bentuk dari tanaman ini adalah daunnya yang lebar serta berbentuk oval dan memanjang dengan warnanya yang hijau.

  • Boston Lettuce / Escarole

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Boston Lettuce atau nama lainnya selada Boston berasal dari daerah Yunani. Selada jenis ini juga sering disebut dengan selada batavia. Ciri dari selada ini adalah bentuk bonggolnya yang besar dan memiliki helai daun yang mudah lepas. Uniknya dari selada ini memiliki daun yang sedikit bergelombang dan bercita rasa segar ditambah dengan teksturnya yang renyah cocok sebagai campuran salad dan sandwich.

  • Radicchio

Kenali Berbagai Jenis Dan Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Selada dengan jenis ini mempunyai ciri-ciri warnanya yang merah agak gelap serta terdapat bintik-bintik putih pada batangnya dengan bentuk yang bulat memanjang. Selada ini mempunyai rasa sedikit pahit berbeda dengan selada pada umumnya yang berasa netral, renyah, dan menyegarkan.

Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh:

1. Membantu Proses Pertumbuhan

Manfaat selada pertama adalah membantu proses pertumbuhan tubuh. Adanya hal ini karena selada sendiri mengandungn protein tinggi. Tubuh kita membutuhkan asupan protein untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Terutama pada usia anak-anak, protein pada selada sangat penting untuk masa pertumbuhannya.

2. Membantu Mengobati Diabetes

Daun selada sangat populer dijadikan salad atau isian. Rasanya yang sedikit manis akibat dari adanya kandungan gula, namun sangat rendah. Bagi penderita diabetes memang disarankan tidak mengkonsumsi makanan tinggi gula. Namun berbeda dengan selada, kandungan gula yang ringan membuat selada sangat aman dikonsumsi dan membantu mengobati diabetes.

3. Dapat Menambah Darah

Selada sangat baik untuk mereka yang menderita kekurangan darah. Daunnya mengandung sumber zat besi yang penting untuk menambah darah dan mencegah penyakit anemia. Kandungan zat besi pada selada hampir setara dengan manfaat bayam. Seperti kita ketahui, anemia dapat terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi.

4. Mencegah Sariawan

Meski termasuk tanaman hijau, ternyata selada juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk mencegah sariawan dan masalah gusi. Kandungan vitamin C – nya cukup tinggi dan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

5. Membantu Mencegah Risiko Cacat Kandungan

Selada sangat baik untuk para ibu hamil. Pasalnya, selada mengandung vitamin K cukp tinggi yang baik untuk pertumbuhan janin. Kekurangan vitamin K bisa berdampak pada risiko bayi cacat ketika dalam kandungan.

6. Membantu Proses Diet

Selada menjadi salah satu menu paling nikma untuk dijadikan lalapan saat diet. Selada memiliki kalori atau lemak yang sangat rendah sehingga mudah untuk proses penurunan berat badan. Ditambah kaya serat, maka camilan diet ini bisa juga divariasikan dengan jenis sayuran lain juga buah-buahan. Untuk mendapat hasilnya, usahakan untuk menghindari mengkonsumsi selada dengan tambahan saus mayones, susu kental manis atau pemanis lainnya.

7. Membantu Mengatasi Insomnia

Tak disangka ternyata lalapan selada ini dapat membantu mengatasi gangguan tidur atau insomnia akut. Masalah insomnia memang sering melanda banyak orang terlebih mereka yang memiliki pekerjaan atau melakukan aktifitas lembur di malam hari. Khasiad selada mampu merilekskan syaraf dan membuat tubuh mudah mengantuk.

8. Menetralisir Kandungan Racun Dalam Tubuh

Manfaat lain yang terkandung dalam daun selada ialah mengandung sejumlah mineral sangat penting yang dapat membantu meminimalisir atau menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Caranya dengan mendetok tubuh dengan mengkonsumsi selada dalam menu harian. Detoksifikasi secara alami ini membantu tubuh terhindar dari racun yang bisa membawa perubahan tubuh secara akut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top