Manfaat Tanaman

Kenali Beragam Manfaat Sehat Bunga Arabian Jasmine

Kenali Beragam Manfaat Sehat Bunga Arabian Jasmine

Jasmine atau bunga melati memang identik dengan bunga beraroma segar yang eksotis. Bungan ini banyak dijumpai di berbagai wilayah hampir di seluruh dunia yang beriklim tropis. Bunga melati yang mungil dengan warna putih ini sering dimanfaatkan sebagai bunga aroma terapi dan minuman seperti teh. Sebagai tanaman perdu, melati sering juga dikenal dengan istilah Arabian Jasmine atau Jasminum sambac. Selain wanginya yang menggoda, jasmin sering dimanfaatkan sebagai tanaman yang baik untuk kesehatan. Manfaat sehat bunga arabian jasmine sudah dikenal sejak hingga berabad-abab tahun silam.

Sponsor: cream perawatan wajah

Sebutan Arabian Jasmine berasal dari ba Inggris, namun tumbuhnya bukan di negeri Arab lo, melainkan banyak tumbuh di sepanjang benua Asia Selatan dan Asia Tenggara. Sebagai tanaman tropis, bunga melati putih sudah lama digunakan oleh bangsa Mesir dan Yunani Kuno sebagai bahan aromaterapi, stimulan dan afrodisiak. Di dataran Cina, melati putih sering digunakan untuk campuran teh agar menghasilkan wangi yang harum. Menurut studi, melati mengandung senyawa aktif yaitu flavanoid serta coumarin yang sangat baik untuk membantu kesehatan jantung, menangkal masuknya racun, baik untuk kulit, rambut dan pastinya tubuh. Manfaat lengkap lainnya bunga melati ini diantaranya yaitu:

1. Wanginya menenangkan

Bunga beraroma unik yang khas ini cocok dijadikan obat alami pengusir bau badan. Aroma yang muncul pada bunga ini mampu meredakan ketegangan yang hampir sama ampuhnya dengan obat penenang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Professor Hanns Hatt dari Ruhr University, wangi yang muncul dari melati mampu mengaktifkan senyawa GABA yang berada di dalam otak. Dari hasil uji coba pada ratusan wewangian, aroma melati lah yang paling efektif mampu meningkatkan efek GABA dalam otak hingga 5 kali lipat yang setara dengan obat penenang. Terapi wewangian dengan melati cukup populer dilakukan sejak masa Mesir kuno dan wewangian yang paling digemari.

2. Mengatasi masalah kulit dan rambut

Bunga melati mampu mengatasi memperbaiki kulit yang bermasalah dengan melembutkan, menghilangkan bekas kulit, menguatkan akar rambut dan dapat dipakai sebagai kondisioner alami. Bunga melati mengandung senyawa essensial yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut, Sementara mengonkumsi melati dalam bentuk seduhan teh berperan aktif mencegah kerutan atau penuaan dini yang membuat kulit wajah kembali elastis.

3. Mencegah penyakit hingga obat pendongkrak libido

Tak salah jika jasmin banyak dijadikan tanaman yang berkhasiat tinggi. Bunga ini mampu mengatasi berbagai penyakit dari ringan hingga serius seperti obat anti kanker, pereda kejang dan nyeri serta obat alami inflamasi. Menghirup aroma bunga melati diyakini mampu mengdongkrak libido hingga mengatasi gangguan mental seperi stess dan depresi. Selain wangi dan bunganya yang berkhasiat, minyak ektrak melati mampu memberi efek penenang yang sangat nyata.

0
0%
like
1
50%
love
1
50%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top