Info Kedokteran

Kejar Khasiatnya! Inidia Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

Kejar Khasiatnya! Inidia Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

Sadar atau tidak terdapat banyak manfaat vitamin D untuk kesehatan wanita yang sayang jika tidak kita konsumsi. Sumber vitamin D bukan hanya diperoleh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi tetapi juga berasal dari cahaya matahari. Selain baik bagi kesehatan tulang, kadar vitamin D yang cukup dapat berperan penting dalam mencegha munculnya berbagai penyakit autoimun, penyakit infeksi, jantung bahkan kanker. Banyak waktu dihabiskan didalam ruangan sehingga kita jarang mendapat cukup sinar matahari. Padahal sinar matahari adalah sumber vitamin D yang sangat besar peranannya bgai tubuh. Selain itu vitamin D dari sinar matahari juga gratis untuk kita dapatkan. Menurut banyak penelitian, berikut ini sejumlah manfaat baik vitamin D yang baik untuk wanita.

Kejar Khasiatnya! Inidia Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Siapa yang berisiko kekurangan vitamin D?

Bukan hanya wanita yang paling rentang alami masalah kesehatan akibat kekurangan vitamin D, pria dan anak-anak juga rentan. Beberapa faktor penyebab seseorang kehilangan atau kekurangan vitamin D dalam tubuhnya yaitu karena faktor berat badan, kelamin, dan pigmentasi kulit. Seseorang yang memiliki berat badan besar alias obesitas bisa mengurani kadar vitamin D. Vitamin D pada penderita obestitas biasanya akan tersimpan didalam jaringa lemak. Akibatnya sirkulasi vitamin D yang mengalir di aliran darah juga akan tersendat.

Orang yang memiliki warna kulit gelap cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah. Melamin yang dihasilkan dari warna kulit membuat vitamin D yang masuk dari sinar matahari tidak mensintesis. Selanjutnya pada wanita lebih cenderung kekurangan vitamin D dibanding pria. Wanita memiliki banyak lemak tubuh dibanding pria, lebih senang menghabiskan waktu didalam rungan dan cenderung melindungi tubuh dengan sunblok/sunscreen. Usia juga bisa mempengaruhi kadar vitamin D. Seiring bertambahnya usia, kadar vitamin ini tidak bisa terserap dengan sempurna oleh jaringan tubuh.

Kejar Khasiatnya! Inidia Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

  • Vitamin D yang baik untuk tulang dan otot wanita

Tubuh wanita membutuhkan asupan vitamin D yang cukup untuk memudahkan proses penyerapan kalsium. Kalsiun sangat baik bagi perkembangan dan kekuatan tulang dan otot karena tersimpan nutrisi utama untuk menyusun tulang kuat. Wanita sangat rentang mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Maka dari itu, mencukupi kebutuhan vitamin D akan membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Vitamin D yang cukup juga membantu tubuh menghasilkan hormon kalsitriol sehingga kalsium yang terdapat pada makanan bisa terserap dengan baik. Jika tubuh tidak memperoleh cukup vitamin D, akirnya tubuh akan mengambil pasokan kalsium dari tulang. Jika hal ini terjadi sangat lama, akibatnya tulang dan persendian bisa mengalami rakitis atau dan osteoporosis. Lewat penelitian, asupan vitamin D yang memadai akan membantu menghindari kondisi tulang patah.

Kejar Khasiatnya! Inidia Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

  • Vitamin D bagi ibu hamil

Kurangnya vitamin D bukan hanya terjadi pada wanita lanjut usia tetapi juga wanita muda termasuk ibu hamil. Selama masa kehamilan, wanita sangat berisiko kehilangan jumlah kalsium karena janin masih membutuhkan supan kalsium untuk membantu proses pertumbuhan. Kebutuhan kalsium janin semakin meningkat seiring bertambahnya usia janin yang dikandung. Ibu hamil tidak boleh sampai kehabisan vitamin D karena bisa berdampak pada kesehatan tulang pada janin. Risiko serius dapat terjadi penyakit rakitis. Risiko kehamilan lain adalah terjadinya preeklamspsia, kelahiran prematur, infeksi bakteri vaginosis hingga penyakit diabetes gestasional. Vitamin D yang mencukupi bisa membantu janin mendapat vitamin yang tercukupi di bulan ke 4 dampai bulan ke 6. Vitamin D sang janin tergantung pada sumber vitamin D pada sang ibu.

Kejar Khasiatnya! Inidia Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

  • Mencegah berbagai penyakit lewat asupan vitamin D

Pentingnya vitamin D bagi kesehatan wanita memang tak boleh kita sepelakan. Efek dari kekurangan vitamin D memang belum banyak yang mengetahui. Tetapi belakangan ini sudah banyak penelitian yang menyebut tentang peranan penting vitamin D dalam mencegah berbagai penyakit selain tulang dan otot. Penyakit yang diderita oleh kaum wanita seperti penyakit autoimun memang peling banyak dialami. Misalnya penyakit multiple sclerosis diketahui sangat berkaitan erat dengan jumlah asupan vitamin D yang rendah. Ada juga penyakit rheumatoid arthritis yang berkaitan dengan  imunosupresan.

Sistem imun seorang wanita harus benar-benar membutuhkan vitamin D supaya daya tahan tubuh dapat berfungsi secara normal. Jika daya tahan tubuh normal, maka mudah sekali melawan munculnya penyakit atau infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat lain vitamin D adalah mengurangi risiko kanker berkat sifat antikarsinogenik. Banyak penelitian juga menyimpulkan akan manfaat vitamin D dalam melawan efek radiasi kanker. Temuan lain melaporkan bahwa ada hubungan antara vitamin D dengan risiko penyakit jantung, hipertensi dan iskemik.

Cara mendapatkan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan harian wanita

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa vitamin D dapat diperoleh lewat makanan dan juga sinar matahari. Ada juga vitamin D yang bisa didapat dengan mengkonsumsi suplemen. Vitamin D terbesar berasal dari sinar matahari yakni sebanyak 80%. Ketika kulit dan tubuh terpapar sinar matahari, maka tubuh akan menghasilkan vitamin D. Nantinya tubuh akan melalukakn proses metabolisme untuk menghasilkan kadar vitamin D aktif. Untuk bisa memperoleh asupan vitamin D lewat cahaya matahari, tentu melakukan aktivitas diluar ruangan bisa dilakukan. Seperti berjemur dibawah sinar matahari kurang lebih 5-15 menit di jam 7-9 pagi. Berikutnya sebanyak 20% vitamin D diperoleh lewat makanan yang dikonsumsi seperti ikan tuna, salmon, yogurt, telur atau tanaman hijau. Berikutnya menambah dan memperbaki kadar vitamin D lewat suplemen vitamin D yang sudah banyak tersedia di apotik.

Demikian problematika dan manfaat luarbiasa vitamin D bagi kesehatan wanita. Jika Anda seorang wanita yang menginginkan tubuh sehat dan bebas penyakit, maka jangan takut untuk berjemur dibawah sinar matahari, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan tambah denagn suplemen.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top