Travelling

Keindahan dari Pulau Belitung, Membuat Anda Ingin Segera Liburan

Anda pasti tahu Belitung dari novel karya penulis Andrea Hirata. Tidak sedikit orang belum tahu keindahan yang ada di Belitung. Bisa dikatakan pulau tersebut sebagai salah satu tempat pariwisata tersembunyi. Namun setelah munculnya film Laskar Pelangi, keindahan dari pulau Belitung mulai terekspos. Ternyata ada banyak tempat yang layak dijadikan destinasi wisata, mulai dari pantai, laut, waduk, bukit bahkan museum milik Andrea Hirata. Jika berniat berkunjung ke Belitung saat berlibur, beberapa tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi antara lain:

keindahan dari pulau belitung

Sponsor: kezia skin expert

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Anda tentu mengenal Pantai Tanjung Tinggi, bukan? Adalah pantai terkenal nan indah di Belitung. Pantai ini pernah digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Berlokasi di tepat sebelah utara Belitung, kurang lebih 37 km dari kota Tanjung Pandan. Dijamin anda akan menyukainya. Di sana anda akan dimanjakan dengan pemandangan air laut jernih yang di pinggir dan tengahnya terdapat batu granit super besar. Belum lagi pasir putih akan membuat kaki terasa nyaman untuk berlama-lama di sana.

Anda tidak perlu takut kalau ingin berenang. Tidak harus khawatir terbawa arus karena ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang. Bila lapar tak usah keluar pantai. Di tepi pantai ada warung-warung yang menjajakan seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah puas bermain air.

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Destinasi wisata selanjutya adalah pantai Tanjung Kelayang yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang juga merupakan pantai popular di Belitung. Pantai ini memiliki batu Kelayang yang dijadikan sebagai maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terbagi menjadi dua daerah, yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Bagi anda penggemar diving bisa menyelam, berenang di lautnya. Bisa pula berjemur, memancing, dan malakukan beragam atraksi air lainnya di pantai ini.

  1. Pulau Lengkuas

Lalu objek wisata ketiga yaitu Pulau Lengkuas, berada di sebelah utara Pulau Belitung. Hanya butuh waktu tempuh selama 30 menit guna menyeberang ke pulau ini. Yang menarik dari Pulau Lengkuas yakni di tengah-tengah pulau terdapat mercusuar yang menjulang tinggi. Kabarnya mercusuar ini berdiri sejak tahun 1882. Dari pucak mercusuar tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan keindahan pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

  1. Bukit Berahu

Kemudian objek wisata keempat ada bukit Berahu. Berahu berada di dekat dengan Tanjung Tinggi Sebuah bukit di mana perpaduan antara resto dan bungalow atau villa di sebuah pantai indah di Belitung. Bukit. Kalau anda di atas bukitnya, anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih serta pandangan biru muda nan jernih dari laut di sana. Tapi untuk mencapai pantai di bungalow ini, Anda harus menuruni 97 anak tangga.

  1. Pantai Punai

Destinasi wisata kelima ialah Pantai Punai. Terletak di sebelah Tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Hanya perlu berjalan kaki waktu surut untuk sampai ke sana. Sedikit lain dengan ciri khas  khas Belitung yang mempunyaui batu granit super besar, di pantai ini Anda akan mendapati pasir putih dengan batu granit kecil dan suasana yang lebih tenang.

Dinamakan Punai sebab di depan pantai tersebut ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Dulunya, di pulau Punai terdapat banyak sekali burung punai yang berterbangan.

  1. Pulau Pasir

Destinasi berikutnya yakni Pulau Pasir. Sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Uniknya ketika air laut surut, tumpukan pasir tersebut akan membentuk seperti pulau. Di waktu ini ada banyak wisatawan sedang singgah menggunakan perahu. Sedangkan saat air laut pasang, daratan akan kembali tenggelam di bawah air laut. Besar ulau ini tidak terlalu luas, mungkin sebesar setengah lapangan sepak sepak bola. Anda pun pasti merasa takjub dengan pemandangan di pulau ini, karena pulau ini berdekatan dengan pulau-pulau lain.

  1. Danau Kaolin

Danau Kaolin ini sebenarnya bukan tempat wisata umum, melainkan salah satu kekayaan tambang pulau Belitung. Tetapi karena banyak fotografer yang ingin mengetahui potensi fotografi di sini, sehingga ada beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke tempat wisata di Belitung ini. Walau merupakan tempat tambang, keindahan tempat ini jangan diragukan. Ada perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih, hampir sama seperti pemandangan Kawah Putih di Bandung.

  1. Pantai Penyabong

Berikutnya ada pantai Penyabong. Lokasi Pantai Penyabong adalah Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pun pantai ini biasa dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini tidak kalah dengan keindahan di Pantai Tanjung Tinggi dan pantai Punai. Laut yang berhias gugusan batu granit yang bertebaran di tepi pantai. Bedanya, batu granitnya saling menyambung dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga secara alami membentuk seperti dermaga. Ombak di sini juga tidak terlalu besar. Jadi aman jika anda ingin berenang, terlebih air pantainya jernih, ditambah dengan pasir putih yang lembut.

  1. Pantai Nyiur Melambai

Terakhir, yakni Pantai Nyiur Melambai. Pantai yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi bisa dibilang termasuk lokasi wisata terpopuler.

Berbeda dari pantai biasanya yang dihiasi pohon kelapa, Pantai Nyiur Melambai ditumbuhi oleh pohon pinus di sekitarnya serta pasir putih khas pantai Belitung. Sepanjang garis pantai suasananya teduh. vtas Anda bisa sekedar duduk santai di tepinya. Anda pula dapat melakukan aktiAktivitas olahraga seperti berenang, voli pantai, dan panjat tebing.

Walaupun jarang diketahui, di sana terdapat banyak tempat indah. Sangat layak menjadi tujuan berlibur anda bersama keluarga atau sahabat terdekat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top