Parenting Info

Kegiatan Positif Untuk Anak Saat Puasa

Bulan puasa yang sebentar lagi tiba tentu akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anak Anda. Anak akan berlatih dan belajar untuk berpuasa. Dan tentu akan terlihat lucu saat ia berusaha menahan lapar. Mereka terkadang akan sangat antusias untuk menjalani ibadah wajib bagi umat Islam ini. Namun, yang namanya anak-anak, terkadang antusiasme mereka dalam menjalani puasa bisa berubah kapan saja. Di awal puasa, ia bisa saja sangat bersemangat dan sahur tepat pada waktunya. Tetapi, di waktu yang lain, mereka nampak malas untuk bangun tidur, sering bertanya kapan waktu buka, dan lainnya. Waktu-waktu krusial bagi anak untuk menahan lapar adalah siang hari terutama saat pulang sekolah. Oleh karena itu, sebagai orang tua, tentu Anda harus pandai untuk mengatur kegiatan anak agar ia tidak merasa bosan dan kuat dalam menjalani puasa. Berikut ada beberapa kegiatan positif untuk anak saat puasa yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Kegiatan Positif Untuk Anak Saat Puasa.2

Sponsor : dr rochelle skin expert

  1. Mengajak bermain

Dunia anak memang dunia bermain. Oleh karena itu, wajar bila anak Anda sangat suka bermain setiap hari, terutama untuk menghalau rasa bosan saat sedang berpuasa. Nah, dalam hal ini, salah satu kegiatan yang cocok dan bisa dilakukan untuk menjaga anak agar tidak bosan saat berpuasa adalah dengan mengajaknya bermain. Ada banyak jenis permainan yang mudah dan bisa Anda lakukan, seperti membuat hasta karya, membuat kerajinan tangan, atau lain sebagainya. Anda bisa berdiskusi dengan anak Anda tentang permainan apa yang ingin ia mainkan. Tentu saja, dalam hal ini, Anda tetap harus memberikan pendampingan kepadanya dan juga mengarahkan anak Anda. Cobalah untuk tetap merangsang kreativitas anak Anda agar ia merasa senang dan cenderung tidak bosan.

  1. Pergi ke toko buku

Membiasakan anak-anak merasa familiar dengan buku merupakan sesuatu yang penting. Disadari atau tidak, dewasa ini, minat baca anak-anak memang cenderung lebih rendah daripada beberapa waktu yang lalu. Tentu saja, fakta ini merupakan sesuatu yang cukup ironis dan juga patut untuk dijadikan pembelajaran. Oleh karena itu, agar anak merasa dekat dengan buku dan minat bacanya bisa ditingkatkan, maka sebaiknya Anda mengisi kegiatan akhir pekan dengan mengajaknya pergi ke toko buku. Ide kegiatan ini juga bisa dilakukan menjelang berbuka puasa. Saat berada di toko buku, bebaskan anak Anda untuk memilih buku yang ia sukai. Tentu saja, saat ia berkeliling memilih buku, ia tidak akan merasa capek karena senang dan tanpa terasa, jam buka puasa sudah hampir tiba.

  1. Jalan-jalan bersama anak

Siapa yang tidak suka untuk jalan-jalan? Ya, jalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang tentu saja sangat menyenangkan bagi anak Anda. Dengan berjalan-jalan, mereka akan merasa senang dan rasa bosan yang mungkin ia rasakan akan segera hilang. Ide ini adalah salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk membuang kebosanan anak Anda saat berpuasa. Dalam hal ini, jalan-jalan sore sembari mencari menu berbuka puasa adalah hal yang menarik untuk dicoba. Namun, Anda tentu harus cukup bijak dengan tidak mengajak anak pergi keluar rumah terlalu sering, apalagi dengan mengajaknya ke pusat perbelanjaan. Hal ini disarankan untuk tidak membiasakan anak hidup dengan gaya hidup yang cenderung glamor.

  1. Mengikuti kegiatan ramadhan

Saat bulan puasa, di masjid-masjid di dekat rumah Anda seringkali diadakan beragam kegiatan spesial ramadhan. Kegiatan yang biasanya diadakan adalah acara berbuka puasa khusus anak-anak. Nah, Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengikuti acara semacam ini. Dengan mengikuti acara ini, anak Anda akan bertemu dengan teman sebayanya. Tentu saja ia akan merasa senang dan kebosanan yang ia rasakan saat berpuasa akan segera hilang. Selain itu, kegiatan ini juga cukup positif karena diisi dengan cerita-cerita yang akan menambah wawasan. Di sisi lain, jika Anda ingin pendidikan agama anak yang lebih maksimal, Anda bisa memasukkan anak Anda ke TPA selama bulan puasa. Tentu, Anda sebaiknya menawari terlebih dahulu ide ini pada anak Anda.

  1. Membuat menu berbuka bersama

Memasak menu berbuka puasa dengan mengajak anak Anda ikut serta tentu merupakan ide menarik yang perlu dicoba. Ide ini tentu saja akan sangat bermanfaat terutama untuk membuat anak Anda tetap bersemangat selama menjalani ibadah puasa. Dengan mengajaknya membuat menu buka puasa bersama, selain Anda bisa membuat anak Anda merasa senang, Anda juga bisa membiasakan diri untuk membuat anak Anda familiar dengan tugas rumah sehingga pada nantinya ia akan menjadi anak yang rajin. Dengan membuat menu berbuka puasa sendiri, Anda juga bisa memberikan menu terbaik untuk anak Anda agar nutrisi yang ia perlukan bisa tercukupi dengan lebih maksimal.

Beragam ide kegiatan khusus untuk anak selama bulan puasa yang dipaparkan di atas tentu dapat menjadi pertimbangan. Anda dapat memilih mana ide yang akan Anda lakukan untuk menjaga agar anak Anda tetap bersemangat dalam menjalani ibadah puasa dan belajar untuk mengendalikan diri. Memang, perlu ketelatenan dan kesabaran yang besar dalam mengajarkan anak untuk berpuasa dan Anda harus bersemangat melakukannya sebagai wujud tanggung jawab dari seorang orang tua. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top