Gosip

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

Benarkah ada kebohongan yang terlanjur dipercaya bisa batalkan puasa seseorang yang tengah menjalankannya? Puasa adalah menahan makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Karena puasa ini tergolong ibadah wajib maka di dalam menjalankan puasa pastinya ada beberapa hal yang harus dilakukan selama berpuasa serta ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan karena dapat membatalkan puasa.

Sponsor: perawatan wajah

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa sudah disebutkan secara jelas pada kitab suci Alqiur’an maupun kitab-kitab atau buku karngan para ulama. Terlepas dari semua itu seringkali Anda mendengar ada beberapa hal yang sering kali dilakukan setiap hari ternyata dapat membatalkan puasa, pernyataan tersebut sangat diyakini oleh sebagian besar orang dapat membatalkan puasa.

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Berahkah menangis membatalkan puasa?

Ketika masih kecil sering kali diajarkan ketika berpuasa tidak boleh menangis karena dapat membatalkan puasa tersebut. Menurut Rasullullah SAW, ada tiga hal yang membatalkan puasa yakni makan dengan disengaja, minum dengan sengaja dan berhubungan intim dengan disengaja. Dengan demikian, menangis tidak membatalkan puasa asalkan air mata yang mengalir atau menetes pada pipi tidak sampai tertelan secara sengaja. Jika air mata tersebut tertelan maka Anda tergolong orang yang minum secara sengaja yang berarti Anda telah membatalkan puasa. Lalu apakah bisa mengurangi pahala? Menangi jika terjagi karena merenung saat berdoa, membaca Al-quran atau saat melakukan ibadah lainnya maka menangi boleh dilakukan. Sementara menangis yang tidak terkontrol, menangis karena memendam amarah atau karena menonton TV, maka bisa mengurangi pahala puasa.

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Gosok Gigi di Siang Hari

Bolehkah gosok gigi saat puasa dan apa jadinya jika puasa dengan menggunakan sikat dan pastanya bisa membatalkan puasa? Gosip yang juga sering diyakini bisa membatalkan puasa adalah menggosok gigi di siang hari. Menggosok gigi bagi orang yang berpuasa hukumnya makruh dan tidak membatalkan puasa. Perkara yang makruh memang sebaiknya perlu dijauhi karena dikhawatirkan pasta gigi ataupun air yang digunakan untuk berkumur akan tertelan. Boleh saja melakukan gosok gigi di siang hari asalkan berhatai-hati jangan sampai menelan airnya. Jadi, saran yang bisa diambil agar gosok gigi tidak membatalkan puasa karena tak sengaja menelan air maka sebaiknya menyikat gigi sebelum adzan subuh atau setelah berbuka puasa

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Kumur-Kumur

Selain gosok gigi hal yang makruh pada saat berpuasa adalah berkumur-kumur. Berkumur yang biasanya dilakukan bersama wudlu lebih baik tidak dilakukan karena dikawatirkan air akan tertelan dan puasapun akan jadi batal. Sebenarnya berkumiur boleh-boleh saja dilakukan terutama ketika sedang berpuasa, asal berkumurnya tidak berlebihan dan tetap dengan hati-hati. Lalu bagaimana jika berkumur saat tengah menjalankan ibadah? Bagi umat islam beribadah lima kali dalam sehari sangat diwajibkan. Ibadah yang dilakukan mulai sebelum terbit fajar hingga terbenam. Nah, berkumur merupakan salah satu rukun wajib sebelum memulai ibadah, Tak ada bedanya cara berkumur selama bulan Ramadhan, mamun yang perlu berhati-hati agar tidak berlebihan misal menelan air atau saat sedang mengisap air ke hidung.

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Berbohong 

Berbohomg juga hal yang sering kali dikatakan dapat membatalkan puasa? Meski ada yang meyakini dan ada juga yang tidak namun sebenarnya pernyataan ini tidaklah benar. Berbohong tidak membatalkan puasa hanya saja berbohong bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala puasa Anda. Sebenarnya berbohong atau Zuur adalah perkataan dusta dan hal itu dianggap jelek. Namun, dusta akan semakin jelek jika dilakukan di bulan puasa. Beberaoa alaasan mengapa berbohong bersifat bisa membuat puasa hilang pahalanya karena saat berbohong maka jiwa akan selalu gelisah, bohong bisa mengantarkan sifat yang jelak, dan tanda bahwa seseorang tersebut sudah keluar dari jalan kebaikan.

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Mengupil bisa membatalkan puasa?

Sebenarnya, membersihkan hidung atau mengupil sangat penting dilakukan agar kotoran tidak menempel lama di rongga hidung sehingga bisa menyebabkan berbagai dampak. Mengupil atau membersihkan kotoran pada hidung dan telinga juga sering dikatakan dapat membatalkan puasa. Ada dua pendapat mengenai hal ini yaitu ada yang membolehkan dan ada yang melarangnya karena ketika mengupil biasanya tanpa sengaja tangan akan masuk terlalu dalam. Sedangkan hal yang dapat membatalkan puasa salah satunya adalah memasukkan sesuatu kepada lubang tubuh. Ada baiknya Anda menghindari hal ini lebih untuk mencari aman agar puasa Anda tidak batal.

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Melakukan suntik

Suntik yakni saat kita memasukkan obat kedalam tubuh melalui beberapa bagian tubuh dengan tujuan bermacam-macam mulai dari pengobatan maupun untuk mengeluarkan darah. Suntik dapat membatalkan puasa apabila suntik tersebut memasukkan cairan atau obat ke dalam tubuh. Sedangkan suntik yang diperbolehkan selama puasa adalah donor darah atau pengambilan sampel darah.

Kebohongan Yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

  • Pakai Obat Tetes Mata

Mengguanakan obat tetes mata sering kali dikaitkan dengan hal yang dapat merusak puasa. Memang terkadang ketika meneteskan obat kepada mata tenggorokan akan merasakan pahit. Menggunakan obat tetes mata boleh saja dilakukan asalkan dalam keadaan darurat seperti mata sedang sakit atau lainnya dan tidak untuk bermain-main. Karena pada dasarnya mata bukanlah alat yang dipergunakan untuk makan dan minum walaupun mempunyai saluran yang menuju tenggorokan, sama halnya dengan kulit atau pori-pori.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top