Rambut ku

Kebiasaan Yang Menyebabkan Rambut Menipis

Salah satu faktor rambut yang tebal adalah karena adanya hubungan genetika, dan ini adalah kondisi rambut seseorang sejak pertama kali dilahirkan. Namun rambut tebal yang dianugerahkan kepada kita dapat berubah karena beberapa sebab. Salah satu sebabnya adalah kebiasaan buruk yang membuat rambut anda menjadi tipis dan semakin menipis. Jika anda ingin menjaga kesehatan rambut sekaligus menambah volume rambut, maka ketahui apa saja kebiasaan yang menyebabkan rambut menipis di bawah ini.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Rambut Menipis

sponsor: kezia skin expert.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Rambut Menipis

  1. Gaya rambut yang terlalu ketat

Gaya rambut yang terlalu ketat seperti menguncir, mengepang, dan sebagainya, dapat memberikan tekanan pada folikel rambut anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada folikel tersebut sehingga rambut akan melemah dan semakin menipis. Tidak adalah salahnya untuk menguncir atau mengepang rambut, namun jangan lupa untuk mengurainya dan melonggarkan rambut anda agar dapat bernapas.

  1. Air panas

Ketika mandi jangan terlalu sering menggunakan air panas yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, lebih rapuh, dan semakin melemah. Hati-hati menggunakan air panas terutama shower, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami pada rambut anda sehingga menyebabkan kerontokan dan kerusakan.

  1. Bermain-main dengan rambut

Hati-hati jika anda memiliki kebiasaan bermain-main dengan rambut, misalnya memutar-mutar rambut dengan jari. Karena semakin sering anda melakukan kebiasaan ini, dalam jangka panjang dapat memicu kerusakan pada rambut. Rambut anda akan menjadi lebih lemah, semakin menipis, bahkan risiko kebotakan juga mungkin terjadi.

  1. Sinar matahari

Kebiasan terlalu lama di bawah sinar matahari juga dapat mempengaruhi kesehatana anda. Tidak hanya kulit, namun sinar ultraviolet dari matahari dapat melemahkan rambut yang pada akhirnya akan menyebabkan rambut menjadi lemah, semakin menipis, dan rontok. Sehingga penting bagi anda untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung, misalnya menggunakan topi atua syal.

  1. Keramas yang tidak teratur

Jika anda memiliki frekuensi keramas yang kurang teratur, hal ini juga dapat melemahkan rambut. Jadi mulai sekarang tentukan seberapa sering anda keramas dan lakukan secara teratur, jangan melompat-lompat. Karena keramas yang tidak teratur, dapat menyebabkan terbentuknya sel-sel kulit mati dan produk sampo terkadang juga menyumbat folikel rambut yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.

  1. Diet yang berlebihan

Rambut memang membutuhkan nutrisi, namun jika anda mengonsumsi makanan yang berlebihan justru dapat membuat rambut anda menjadi semakin lemah dan tipis. Jadi walaupun anda melakukan diet, usahakan tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi yang cukup dan seimbang.

  1. Hati-hati saat rambut sedang basah

Kebiasaan yang menyebabkan rambut menipis yang selanjutnya adalah menata rambut dalam keadaan basah. Mungkin anda suka menyisir rambut setelah keramas, padahal rambut tersebut masih dalam keadaan basah untuk mempersingkat waktu. Tahukah anda rambut yang basah sedang dalam kondisi yang lemah dan rapuh. Jadi anda harus memperlakukannya dengan lembut ketika rambut dalam keadaan basah. Anda juga harus menunggunya hingga kering jika ingin menatanya.

  1. Menggaruk kulit kepala

Kebiasaan yang menyebabkan rambut menipis yang terakhir adalah selalu menggaruk kulit kepala. Jika kulit kepala anda gatal, sebaiknya cobalah menggunakan beberapa tetes teh hijau atau sampo yang dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Berlebihan dalam menggaruk kulit kepala akan merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi semakin tipis dan rontok.

Demikian kebiasaan yang menyebabkan rambut menipis yang harus anda hindari. Tetap lakukan perawatan yang tepat dan teratur agar tubuh anda sehat secara keseluruhan, termasuk rambut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top