Kulit ku

Kebiasaan Yang Dapat Membuat Cepat Tua

Kebiasaan Yang Dapat Membuat Cepat Tua

Usia yang semakin bertambah, maka elastin dan jaringan kolagen pada kulit manusia juga akan semakin melemah dan berkurang. Hal ini akan membuat elastisitas kulit juga akan berkurang dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput. Ternyata kondisi tidak hanya terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut, seseorang yang masih berusia muda juga dapat mengalami hal ini. Lalu, apa sebenarnya penyebab penuaan dini? Ternyata kebiasaan sehari-hari juga dapat memicu terjadinya penuaan dini. Berikut adalah kebiasaan yang dapat membuat cepat tua yang harus Anda waspadai.

sponsor: cream perawatan wajah.

Anda dapat dikatakan mengalami penuaan dini ketika Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya, atau jika Anda mengalami kerutan atau garis-garis halus di wajah padahal usia masih terbilang muda. Berikut adalah kebiasaan yang dapat memicu penuaan dini pada kulit.

      1. Terpapar sinar matahari tanpa pelindung
Sinar ultraviolet (UV) yang terpancar dari matahari mampu merusak jaringan elastis pada kulit Anda . Akibatnya, kulit akan mengalami keriput sebelum waktunya. Selain itu, paparan sinar matahari secara terus menerus pada kulit yang tidak terlindung, juga dapat menyebabkan produksi bintik-bintik penuaan yang berwarna kecokelatan pada wajah, tangan, dan area tubuh yang lain.
Selain menyebabkan penuaan dini, paparan sinar matahari juga akan membuat kulit Anda menjadi gelap dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.
Anda dapat mencegah bahaya dari paparan sinar matahari tersebut menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF setidaknya 15 untuk beraktivitas di luar ruangan. Sangat dianjurkan untuk selalu memakainya pada pukul 10.00 hngga 14.00, walaupun cuaca sedang mendung sekalipun.
Perlindungan yang sempurna bisa Anda dapatkan dengan memakai tabir surya yang dipadukan dengan pelindung kulit yang lainnya, seperti pemakaian topi yang lebar, kacamata hitam, payung, atau pakaian yang mampu menutupi kulit.

      2. Merokok
Setiap orang sudah mengerti dan memahami bahwa merokok dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Namun ternyata, merokok juga dapat mempengaruhi penampilan Anda . Para perokok akan mengalami penuaan dini lebih cepat karena terjadi kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh zat-zat beracun pada rokok. Zat-zat tersebut juga dapat menghambat peredaran darah ke wajah. Hal ini akan memicu timbulnya keriput dan membuat wajah Anda menjadi lebih kusam dan gelap.
Bagian wajah yang biasa mengalami tanda-tanda penuaan dini pada perkok adalah di sekitar mata. Selain karena adanya zat-zat yang berbahaya pada rokok, dampak uruk tersebut ternyata juga dipengaruhi oleh kebiasaan perokok yang selalu menyempitkan mata ketika menghindari asap. Kebiasaan menyempitkan mata ketika menghindari asap, dapat membuat otot di sekitar mata berkontraksi yang semakin lama memicu terjadinya keriput. Jadi, jika Anda ingin lebih awet muda berhentilah merokok dari sekarang.

      3. Suka mengonsumsi minuman beralkohol
Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak kulit Anda . Alkohol memiliki sifat diuretik yang membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi sehingga kulit terlihat kusam dan dan menjadi kering.
Para peminum berat biasanya juga memiliki pola hidup yang tidak sehat, sehingga kulit kekurangan nutrisi yang sangat diperlukan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B3.
Jadi sebaiknya Anda membatasi minuman beralkohol atau hentikan jika mampu. Hal ini dilakukan demi kesehatan Anda sendiri dan juga kesehatan kulit yang dapat menjaga penampilan.

      4. Pola makan yang buruk
Kebiasaan yang dapat membuat cepat tua yang selanjutnya adalah dari pola makan. Pola makan yang buruk dengan kandungan gizi makanan yang kurang baik dapat menyebabkan penuaan dini. Salah satu yang mungkin dapat terjadi adalah peradangan kronis pada tubuh. Beberapa contoh makanan yang dapat memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan seperti roti dan pasta, atau makanan yang mengandung gula tinggi. Kedua jenis makanan ini dapat merusak kolagen pada kulit Anda .
Jenis-jenis makanan lainnya yang sebaiknya Anda batasi di antaranya adalah gorengan seperti kue-kue manis, kentang goreng, daging berlemak, dan makanan cepat saji. Sebaiknya Anda mengonsmsi makanan yang kaya akan antioksidan. Kadar antioksidan yang baik dapat Anda temukan pada beberapa jenis makanan seperti anggur, kacang-kacangan, buah-buahan beri, teh hijau, brokoli, wortel, dan biji-bijian utuh.

    5. Posisi tidur
Kebiasaan yang dapat menjadi penyebab penuaan dini pada kulit yang selanjutnya adalah posisi tidur. Kemungkinan timbulnya keriput dapat terjadi karena tekanan bantal pada kulit wajah yang terjadi secara terus menerus. Jadi, mulai sekarang biasakan tidur dengan posisi terlentang dengan wajah yang menghadap ke depan.

      6. Tidur tanpa menghapus make-up
Ketika Anda telah beraktivitas seharian, mungkin Anda akan segera tidur karena rasa lelah dan sangat malas menghapus riasan wajah. Tahukah Anda bahwa hal ini dapat memicu jerawat dan meningkatkan risiko penuana dini.
Ketika siang hari, racun yang ada di sekitar lingkunga seperti polusi, kotoran, dan debu dapat menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori. Jadi usahakan membersihkan wajah dahulu saat sebelum tidur menggunakan pembersih wajah.

Demikian kebiasaan yang dapat membuat cepat tua dan merupakan penyebab penuaan dini pada kulit. Ada beberapa kebiasaan seperti suka bergonta-ganti kosmetik dan menerapkan perawatan kulit dengan berbagai produk sekaligus yang juga dapat menyebabkan penuaan dini. Jadi, rawatlah diri Anda dengan benar dan tepat lalu terapkan pola hidup yang sehat agar kulit Anda tetap sehat dan cantik. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
8
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top