Career Tips

Kebiasaan Yang Bikin Kita Tak Produktif

Banyak hal yang tanpa disadari membuat diri kita menjadi tidak produktif dalam berkarir. Misalnya saja kebiasaan yang bikin kita tak produktif. Banyak dari kita yang dengan mudahnya melalaikan hal-hal penting demi sesuatu yang bisa mempengaruhi aktifitas yang sedang dilakukan. Melakukan beberapa aktifitas dalam waktu bersamaan memang sah-sah saja. Namun, Anda rupanya harus lebih waspada. Pasalnya tidak semua hal yang kita lakukan secara bersamaan bisa membuat lebih produktif. Bahkan ada beberapa hal yang tak sengaja kita lakukan namun justru membuat kita semakin tak produktif dalam bekerja. Lantas, kebiasaan apa saja yang membuat kita justru tidak produktif dalam bekerja? Beberapa kebiasaan berikut ini kemungkinan besar akan mengubah Anda menjadi orang-orang yang peduli dengan hal-hal kecil yang sering disepelekan dan bermanfaat untuk karir Anda selama ini.

Kebiasaan Yang Bikin Kita Tak Produktif.2

Sponsor : dr rochelle skin expert

  1. Sering melihat ponsel

Melihat ponsel memang merupakan hal yang wajar. Terlebih bila pekerjaan kita selalu berhubungan dengan online. Tapi bagaimana dengan mereka yang memiliki karir yang jarang berhubungan dengan ponsel? Tentu kebiasaan tersebut bukan kebiasaan yang perlu dipertahankan. Meskipun pada dasarnya, ponsel adalah salah satu benda paling berpengaruh pada diri manusia. Kita sebaiknya menghentikan aktifitas melihat ponsel. Kapan kita harus berhenti melihat ponsel?

Waktu yang tepat untuk menghentikan aktifitas melihat ponsel ialah pada saat kita sedang melakukan kegiatan yang penting dan kegiatan tersebut tidak ada hubungannya dengan ponsel yang ada di genggaman. Bagaimana bila kita termasuk orang yang kecanduan dengan ponsel? Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjauhkan benda ini dari diri kita. Pasalnya, getaran ponsel atau nada dering ponsel yang berbunyi tatkala kita mendapat pesan akan memecahkan konsentrasi yang kita buat. Untuk itu, amankan ponsel Anda agar konsetrasi kita tidak terpecah bahkan pekerjaan kita berjalan dengan lancar.

  1. Tak berada di zona nyaman

Tahukah Anda bahwa seringkali kita memilih untuk keluar dari yang namanya zona aman dan nyaman. Seperti apakah zona nyaman ini? Zona nyaman ialah zona dimana kita bisa mengerjakan suatu hal dengan lebih fokus. Misalnya saja mengerjakan pekerjaan di tempat yang sunyi atau mengerjakan tugas di beberapa tempat yang membuat kita nyaman. Meskipun beberapa dari kita justru sulit konsentrasi di tempat yang sepi, namun tak sedikit pula yang merasakan sebaliknya. Dimana pun kita berada, saat kita sudah keluar dari zona tersebut, rasa malas akan mudah hinggap.

Lalu bagaimana untuk mengatasi hal ini? Caranya ialah dengan memperhatikan diri kita sendiri. Zona nyaman atau tidak, hanya diri kita yang tahu. Memahami diri sendiri adalah solusi yang Anda butuhkan. Bila Anda merasa lebih produktif dalam berkarir di zona nyaman maka manfaatkan dengan baik dan tuntaskan pekerjaan Anda pada saat berada di zona nyaman tersebut. Bila Anda merasa kurang produktif atau bahkan tidak dapat konsentrasi penuh saat berada di zona nyaman lantaran rasa malas muncul cobalah untuk mencari variasi di zona yang menurut Anda memunculkan gairah untuk bekerja lebih produktif kembali.

  1. Sering menunda pekerjaan

Tahkah Anda bahwa menunda pekerjaan yang sedang dikerjakan dapat menghambat karir kita. Tak hanya itu, sadar atau tidak kebiasaan ini bisa menjadi salah satu pemicu seseorang tidak produktif. Bahkan bisa dikatakan menunda-nunda pekerjaan adalah musuh terbesar seorang pekerja. Ya, karena sudah menjadi kebiasaan yang tidak sengaja dilakukan bahkan terjadi berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan, menunda pekerjaan konon akan sulit dihilangkan pada diri seseorang. Meski begitu, Anda yang tetap ingin sukses dalam berkarir sudah seharusnya melepaskan kebiasaan buruk tersebut.

Bagiamana caranya agar diri kita terlepas dari kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan? Caranya ialah tempatkanlah pekerjaan Anda di waktu pagi hari. Mengapa harus pagi hari? Hal ini karena ternyata beberapa penelitian menyimpulkan bahwa energi positif pada diri kita bisa didapatkan dengan mudah di waktu pagi hari. Artinya, bila kita memanfaatkan energi positif ini maka pekerjaan akan cepat selesai. Hal yang paling penting ialah kita bisa terhindar dari kebiasaan menunda pekerjaan pada siang hari atau bahkan esok hari. Terlebih lagi jika pekerjaan yang dibebankan terlalu banyak, akibatnya pekerjaan tidak selesai dan semakin menumpuk.

  1. Menunda jam makan

Satu lagi aktifitas sepele namun membahayakan karir kita hingga membuat produktifitas seseorang menjadi menurun yaitu menunda jam makan. Ya, kebiasaan menunda-nunda menyantap makanan bukanlah kebiasaan yang baik terutama untuk kesehatan tubuh dan karir kita. Baik itu sarapan atau makan pagi, makan siang hingga makan malam ketiganya merupakan aktifitas yang sebaiknya tidak boleh disepelekan. Mengapa? Pada saat makan pagi misalnya. Bila kita tergesa-gesa untuk bekerja dan menunda jam makan pagi, bukan tidak mungkin konsentrasi kita justru akan terganggu. Pasalnya, kebanyakan orang yang tidak mendapatkan asupan makanan di pagi hari akan sulit untuk konsentrasi. Bagaimana agar konsentrasi kita penuh dengan pekerjaan? Jalan satu-satunya ialah dengan tidak menuda jam makan. Bila tidak memungkinkan untuk sarapan sekalipun, lebih baik Anda membawa bekal dan bisa dimakan di sela-sela waktu.

Jadi, dari keempat kebiasaan yang justru kemungkinan besar membuat seseorang menjadi tidak produktif dalam berkarir tersebut, manakah kebiasaan yang sering tidak sadar Anda lakukan?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top