Manfaat Buah

Kaya Manfaat, Alasan Mengapa Kulit Buah Baik Untuk Kesehatan

Kaya Manfaat, Alasan Mengapa Kulit Buah Baik Untuk Kesehatan

Buah memang baik untuk dikonsumsi tubuh demi menjaga asupan nutrisi tetap seimbang. Selain nutrisi, buah menjadi makanan yang sehat untuk program diet lebih efektif. Dibalik manfaatnya yang kaya, buah ternyata jauh lebih bergizi jika dimakan bersama dengan kulitnya. Yak mengonsumsi buah memang menyegarkan, tetapi manfaatnya akan lebih kaya jika kulit buah juga kita konsumsi. Selain kaya manfaat kulit buah untuk kesehatan, didalam kulit buah tersimpan banyak nutrisi yang sayang jika kita buang. Apa sajakan buah yang baik dikonsumsi bersama kulitnya?

Sponsor: produk pemutih wajah

1. Apel

Buah apel dikenal memiliki khasiat yang baik untuk tubuh kita. Buah yang banyak dibudidayakan di dataran tinggi ini dapat dinikmati bersamaan dengan kulitnya. Buah paling populer ini kaya fitonutrien dan antioksidan yang baik untuk melawan penyakit degeneratif termasuk alzheimer, diabetes, menyehatkan mata, dan melindungi organ vital tubuh. Di dalam kulit apel ternyata mengandung serat dan vitamin paling banyak beserta senyawa triterpenoid yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit tumor dan kanker.

2. Pir

Selain segar dan sejuk, pir juga buah yang sering dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Meski tak banyak orang mengenal khasiat kulit pir, tapi bagi mereka mengkonsumsi pir bersama dengan kulitnya dapat memperkaya asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sama seperti apel, buah pir kaya antioksidan, serat, air, dan fitonutrien. Berdasarkan penelitian terbaru yang berhasil diungkap, mengkonsumsi pir bersama kulitnya dapat meningkatkan kandungan fitonutrien sebanyak 3-4 kali lebih banyak dibanding memakan buah tanpa kulitnya. Didalam fitonutrien terkandung flavonoid  anti inflamasi alami dan anti kanker. Orang yang memiliki alergi tertenju masih dapat mengkonsumsi pir karena buah ini disebut juga buah hipoalergik yang tidak memiliki efek samping terhadap penderita alergi.

3. Sawo 

Wajah jika memakan apel dan pir bersamaan dengan kulitnya. Namun bagaimana dengan sawo? Kebanyakan orang tidak begitu suka mengkonsumsi sawo bersama kulitnya. Rasanya yang pahit inilah yang menjadi salah satu alasan orang menghindari kulit sawo. Padalah jika kita tahu, kulit sawo yang berwarna coklat ini mengandung manfaat baik untuk kesehatan. Kulit sawo memiliki vitamin yang baik untuk menyehatkan saluran mukus. Sementara potassium, folat, zat besi dan pantotenik sangat baik untuk sistem pencernaan.

4. Plum

Buah plum dipercaya dapat menghalau perasaan cemas dan meningkan stess. Buah plum jauh lebih bergizi jika dimakan bersama kulitnya. Kulit buah plum memiliki antioksidan asam klorogenik dan sumber paling baik vitamin C. Buah plum yang dikonsumsi bersama kulitnya dapat membantu meredakan masalah konstipasi atau ganggua susah buang air besar pada orang dewasa.

5. Kiwi

Kulit buah kiwi memang tampak memiliki bulu-bulu halus, sehingga banyak orang yang mengupasnya sebelum dikonsumsi. Namun sayang jika kita buang, pasalnya kulit kiwi juga kaya nutrisi dan asupan seratnya jauh lebih banyak 3 kali lipat dibanding buahnya. Kulit buahnya yang banyak mengandung vitamin C sangat baik untuk memberikan tambahan gizi bagi tubuh.

6. Mangga

Kulit buah yang sayang jika kita buang terakhir adalah kulit buah mangga. Menurut banyak fakta, kulit buah mangga dapat membantu program diet karena memiliki senyawa yang bisa membantu membakar sel lemak. Kandungan karotenoid, polifenol, omega-3 dan 6, serta asam lemak tak jenuh dapat membantu menghancurkan sel kanker, penyakit gula, dan gangguan jantung. Untuk dapat mengolahnya, Anda bisa memasaknya beserta daging buahnya untuk menghindari rasa pahit.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top