Parenting Info

Kartun yang Aman Ditonton oleh Anak-anak

Memberikan tayangan yang mengedukasi tentu sangat penting untuk perkembangan anak. Memilih dan memilah manakah yang patut untuk ditonton oleh anak-anak membuat anak mendapatkan tontonan yang terbaik. Kartun ataupun film animasi menjadi satu hiburan tersendiri bagi anak dan pasti akan sangat menarik perhatian anak. Tetapi, tentu orang tua harus bisa memilih manakah Kartun yang Aman Ditonton oleh Anak-anak dan manakah yang tidak. Sebab, saat ini meskipun banyak sekali kartun ataupun anime yang beredar tetapi tidak semua diperuntukan untuk anak-anak.

Kartun yang Aman Ditonton oleh Anak-anak.2

Sponsored by: cream perawatan wajah

Memilih tontonan yang pas untuk anak akan membantu untuk anak mendapatkan tontonan yang mendidik. Film dan kartun yang ditonton bisa saja mengandung berbagai pesan moral yang bisa menjadi pelajaran tambahan untuk anak. Kontrol secara penuh apa yang anak tonton sangat penting untuk membuat Anak tetap aman dan tidak mendapatkan pengaruh buruk dari apa yang mereka tonton. Film dan kartun sangat baik sebagai hiburan, seperti berbagai film dan kartun berikut ini yang aman untuk anak-anak.

Super Wings

Kartun yang satu ini memiliki alur cerita yang sederhana dan menampilkan berbagai series yang berbeda di setiap episode nya. Kartun yang diproduksi oleh 3 negara yaitu Amerika Serikat, Cina dan Korea Selatan ini mengusung cerita pasukan pesawat pengantar barang yang akan mengantarkan barangnya ke seluruh penjuru dunia. Jett adalah tokoh utamanya dan didukung oleh berbagai tokoh tambahan seperti Dony, Dizzy, Jerome, Paul, Grand Albert, Mira, Bello, Jimbo dan lainnya. Dalam misi mengantarkan paket tersebut, mereka akan bertemu dengan anak-anak berbeda negara dengan kebudayaan dan juga adat yang berbeda. Anak bisa belajar berbagai budaya dari berbagai negara yang berbeda, belajar bahasa yang berbeda dan anak-anak bisa belajar plurarisme dimana mereka menunjukan toleransi meskipun berbeda suku dan negara.

Toy Story

Untuk film kartun, Toy Story juga menjadi salah satu film yang sangat bagus untuk ditonton oleh anak-anak. Sejauh ini sudah ada 3 series dari film Toy Story ditambah dengan adanya satu film pendek Toy Story. Setiap series menggambarkan alur cerita yang berbeda namun tetap dengan satu pesan yang sama yaitu tentang membantu antar sahabat, rasa saling memiliki antara teman dan juga menggambarkan bagaimana berharganya seorang teman. Tokoh-tokoh seperti Buzz, Woody, Jessie, Mr.Potato Head dan lainnya akan menjadi kareakter lucu dan mengesankan sehingga anak tidak akan bosan untuk melihat film kartun ini.

Upin & Ipin

Tayangan series harian di TV yang juga sangat bagus untuk dilihat oleh anak-anak adalah Upin & Ipin. Kartun berbahasa melayu Malaysia ini selalu menampikan cerita keseharian yang pasti akan sangat mirip dengan apa yang terjadi dilingkungan anak. Kartun ini menceritakan tentang anak gembar Upin & Ipin yang masih berusia 5 tahun dengan teman-temannya dan keluarganya. Setiap episode memiliki cerita yang baru dengan tema yang berbeada-beda. Mulai dari mengajarkan arti pertemanan, saling membantu, mengenal jenis buah, cara mengatasi kebakaran hingga kebudayaan dan cerita rakyat pun juga disampaikan dengan cara yang mudah untuk diterima oleh anak-anak. Setiap pesan ini sangat baik untuk memberikan contoh bagaimana hidup bersosial yang baik dilingkungan sekitar.

Pada Zaman Dahulu

Kartun yang satu ini masih merupakan kartun yang juga berasal dari Malaysia. Kartun ini menceritakan tentang seorang kakek yang suka memberikan dongeng kepada cucunya yang bernama Ara dan Aris kakaknya. Kakek akan menceritakan kisah tentang kancil yang sebenarnya juga merupakan cerita fabel yang mungkin sudah sangat sering didengar oleh anak-anak. Cerita yang disampaikan oleh Kakek merupakan kisah yang selalu memberikan pesan dan kesan moral. Kisah yang diceritakan biasanya akan memiliki hubungan dengan apa yang sedang terjadi antara kakak beradik Aris dan Ara, seperti misalnya ketika kedua cucunya bertengkar, memperdebatkan sesuatu ataupun lainnya. Kakek akan menceritakan kisah tentang kancil dengan penghuni hutan lainnya dengan berbagi permasalahan yang nantinya akan menjadi perumpamaan. Hal ini juga bisa menjadi contoh tentang bagaimana seharusnya anak berbuat baik.

Finding Nemo

Fillm ini mengisahkan tentang ikan badut yang mencari anaknya bernama Nemo. Ayahnya rela untuk mengarungi lautan hingga mencapai tempat dimana anaknya ditangkap oleh seorang penyelam. Kisah ini akan menunjukan bagaimana perjuangan orang tua terutama ayah kepada anaknya. Ada berbagai pesan yang bisa orang tua sampaikan kepada anak setelah melihat film ini seperti misalnya jangan ngeyel seperti Nemo yang akhirnya harus ditangkap oleh si penyelam, pengorbanan dan kasih sayang seorang ayah hingga keberanian Nemo dan ayahnya. Film ini disuguhkan dengan nuansa komedi yang lucu sehingga akan tetap mengasyikkan ditonton oleh anak ditambah dengan berbagai tokoh hewan air yang juga membuat anak lebih mengenal hewan-hewan dibawah laut.

Zootopia

Film yang juga sangat bagus untuk menjadi list film kartun yang harus ditonton oleh anak-anak. Film ini menceritakan tentang Hoops, gadis kelinci kecil yang memiliki cita-cita sebagai seorang polisi. Meskipun diremehkan dan menghadapi berbagai rintangan ia selalu berusaha untuk mendapatkan dan mewujudkan mimpinya tersebut. Film ini akan mengajarkan bagaimana usaha dan kegigihan untuk mendapatkan apa yang anak inginkan, bagaimana cara bersosialisasi dengan teman baru dan keberanian.

Berbagai film dan kartun diatas bisa menjadi referensi yang bagus dan aman untuk anak. Memilih apa yang harus ditonton oleh anak memang menjadi hal yang sangat penting mengingat saat ini ada banyak sekali tontonan yang sekilas baik untuk anak-anak tetapi sebenarnya tidak. Film dan kartun diatas bisa menjadi cara lain bagi orang tua untuk mengajarkan pada anak tentang berbagai hal.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
100%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top