Info Kedokteran

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin?

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin?

Kapan waktu terbaik minum vitamin? Mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral memang tak bisa menggantikan gaya hidup kita. Banyak dari kita pun memilih suplemen sebagai asupan tambahan demi memenuhi kebutuhan nutrisi. Ada yang bisa jika terlalu banyak mengkonsumsi suplemen dapat membuat tubuh kelebihan nutrsisi yang ujungnya tidak baik untuk kesehatan. Tetapi pemberian suplemen dan mineral sesuai dosis juga sangat diperlukan bagi tubuh.

Sponsor: cream pemutih wajah

Ada sekitar 13 jenis vitamin yang diperlukan bagi tubuh kita demi meningkatkan tumbuh kembang metabolisme dengan optimal. Namun ada beberapa pro vitamin seperti vitamin D serta K tidak aktif yang diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, pemberian asupan vitamin dari suplemen makanan memang diperlukan. Tak hanya itu, ber aneka ragam elemen yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi tubuh seperti pembentukan tulang, darah, gigi atau oksigen juga membutuhkan tambahan asupan nutrisi sehingga proses fisio kimia dapat ditingkatkan.

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin?

Siapa yang boleh mengkonsumsi suplemen vitamin?

Mineral adalah elemen baik yang penting bagi tubuh. Suplemen dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang belum berjalan maksimal. Sebut saja orang dengan gaya hidup sehat, belum tentu bisa mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran sehat lainnya. Bahkan dalam kondisi tertentu seperti orang sakit, membutuhkan tambahan vitamin agar bisa memulihkan kesehatan tubuh secara cepat. Jadi, suplemen dibutuhkan oleh banyak orang terutama:

  • Yang tengah menjalankan program diet dengan mengharuskan mereka membatasi jumlah kalori. Membatasi kalori membuat tubuh tidak bisa menyerap maksimal vitamin dan mineral akibat kurangnya asupan makanan yang dikonsumsi. Karena kondisi tersebut, memilih suplemen seperti mineral dan vitamin sangat diperlukan.
  • Para ibu hamil dan wanita menyusui. Seperti kita ketahui, asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan bagi para ibu hamin dan menyusui. Ibu hamil membutuhkan tambahan asupan demi menjaga kesehatan serta meningkatkan tumbuh kembang janin. Sementara wanita hamil membutuhkan suplemen makanan agar dapat memperlancar asi yang dibutuhkan untuk bayi.
  • Para pasien yang tengah sakit, cidera atau dalam proses penyembuhan pasca oprasi. Pemberian vitamin dan mineral sangat penting untuk mereka yang sedang sakit demi memulihkan kondisi tubuh dengan cepat dan menambah energi untuk tubuh jangka panjang. Sementara mereka yang cidera atau baru sembuh dari operasi membutuhkan suplemen makanan untuk membantu memperbaiki nutrisi yang sempat hilang sekaligus proses penyembuhan luka.
  • Suplemen untuk bayi dan anak-anak. Usia balita dan anak-anak membutuhkan tambahan suplemen makanan seperti kalsium dan vitamin D untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Usia tersebut sangat membutuhkan suplemen selain untuk kesehatan tulang juga untuk memperbaiki gizi dan meningkatkan kecerdasan.
  • Orang yang memiliki alergi juga membutuhkan suplemen makanan. Pasalnya, orang dengan riwayat alergi terkadang kurang dalam mendapatkan variasi makanan sehingga vitamin dan mineral tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, mereka yang tengah menjalankan diet vegetarian juga bisa memasukkan suplemen dalam menu makanan.

Kapan waktu terbaik mengkonsumsi suplemen vitamin?

Setelah kita mengetahui bahwa fungsi multivitamin adalah sumber penyedia pengatur kadar vitamin dan mineral dalam tubuh. Menurut Dr. Michael Reo, Sr. Medical Manager Darya-Varia mengungkap jika makanan yang dikonsumsi hanya menyumbang 25% saja asupan vitamin dan mineral yang ternyata belum cukup untuk memenhi kebutuhan nutrisi. Tak hanya menunjang stamina, juga untuk membentuk energi dan mencegah rasa lelah. Namun kadang banyak yang bertanya seputar kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi suplemen vitamin. Setelah makan atau sebelum makan?

Meminum suplemen vitamin pada dasarnya dapat dilakukan pada pagi, siang, sore atau malam yang artinya meminum vitamin bisa disaat Anda ingat. Namun lebih utama meminum sesuai aturan. Contohnya minum vitamin bersaan dengan waktu makan bisa menhasilkan peneyerapan lebih baik. Mengonsumsi vitamin A, C, E secara bersamaan juga bisa bekerja lebih efektif. Untuk suplemen zat besi bisa dimakan bersamaan dengan makanan karena bersifat mengeraskan makanan, vitamin E baik diminum bersama minuman berlemak, atau tidak mencampurkan suplemen dengan kopi yang bersifat diuretik dan pada suplemen kalsium lebih utama tidak mencampurkan dengan biji-bijian.

Menurut Dr. Michael, jika didalam kemasan suplemen tertulis non acydic atrinya suplemen bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Tetapi jika tidak tertulis maka sebaiknya diminum sehabis makan. Hal ini berguna agar tidak menimbulkan keluhan seperti munculnya asam lambung. Sementara untuk suplemen kecantikan, lebih utama diminum sebelum tidur. Hal ini dikarenakan pada saat tidur di malam hari, kulit tengah mengalami regenerasi kulit sangat baik.

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin?

Amankan mengkonsumsi suplemen miltivitamin seumur hidup?

Untuk vitamin E umumnya akan larut dalam lemak sehingga agar penyerapannya lebih maksimal, maka disarankan untuk diminum sehabis makan dengan takaran per harinya 100-300 IU. Saat vitamin E dikonsumsi dalam dosis normal maka tidak ada efek samping pada hormon. Jadi pada seseorang dengan gangguan hormonal memang sebaiknya tidak mengkonsumsi vitamin ini.

Bagi seseorang yang memiliki segudang aktivitas yang dilakukan di luar ruangan, sering terpapar AC atau minim menjalankan pola hidup sehat maka sangat penting mengkonsumsi suplemen. Namun sebaliknya, jika aktivitas yang dilakukan tidak banyak di luar rumah artinya tidak perlu mengkonsumsi vitamin terlalu sering. Jika kulit terlalu sering terpapar polusi, tentunya sangat membutuhkan asupan nutrisi. Nurtrisi yang dikonsumsi juga membutuhkan proses yang tidak instan sehingga menggunakannya secara rutin sangat baik untuk tubuh. Namun jika ada waktu yang terlewatkan untuk meminum suplemen maka hanya akan menimbulkan efek pada proses yang terjadi lebih lambat tetapi tidak akan berefek samping pada tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top