Olahraga

Kapan Waktu Tepat Mulai Olahraga Lagi Setelah Melahirkan?

Kapan Waktu Tepat Mulai Olahraga Lagi Setelah Melahirkan?

Melahirkan merupakan suatu proses yang paling istimewa bagi wanita. Dan setelah proses persalinan berlangsung, banyak wanita yang mengalami perubahan pada tubuhnya seperti bertambahnya berat badan atau penumpukan lemak di bagian tertentu. Akibat perubahan tersebut, membuat para wanita tak sabaran untuk melakukan olahraga untuk mengembalikan bentuk tubuhnya jadi ideal seperti sedia kala.

Sponsor: pemutih wajah

Bagi wanita pasca hamil, sebenarnya ada waktu tepat mulai olahraga lagi setelah melahirkanDan waktu tersebut biasanya tergantung pada kondisi fisik. Bahkan ada dokter yang menyarankan untuk wanita pasca hamil melakukan olahraga seminggu sesudahnya meskipun harus berkonsultasi terlebih dahulu.

Bagi wanita normal, bisa membutuhkan waktu pemulihan yang cepat dibandingkan wanita yang melakukan jalan operasi. Wanita yang melahirkan normal justru bisa memulai latihan olahraga beberapa hari setelah persalinan sementara wanita yang melahirkan dengan caecar, membutuhkan waktu 6-8 minggu pasca persalinan.

Pada dasarnya, wanita yang rajin melakukan olahraga saat hamil bisa melakukan latihan setelah melahirkan. Karena fungsi olahraga bagi wanita hamil dapat membantu memperlancar proses persalinan dan membantu pemulihan lebih cepat. Beberapa olahraga bertahap yang bisa dilakukan yakni jalan kaki dengan kecepatan dari rendah ke sedang dan ikuti gerakan lain. Asalan yang membuat wanita tidak boleh langsung olahraga saat melahirkan yaitu tidak rutin melakukan olahraga sebelum atau selama hamil, adanya komplikasi persalinan, kelahiran caesar atau memiliki masalah pada kebocoran urin.

 

Olahraga apa yang bisa dilakukan setelah melahirkan:

Sementara bagi wanita yang telah melahirkan dan ingin melakukan olahraga disarankan melakukannya secara bertahap. Mulailah dengan berjalan kaki ringan selama  20-30 menit setiap harinya. Jika dirasa telah siap, bisa menambahkan dengan gerakan olahraga lain yang berguna melatih otot dasar panggul dan perut. Bentuk latihannya bisa berupa senam kegel. Cara melakukan senam kegel dimulai dengan mengencangkan otot dasar panggul dan perut selama 10 detik tanpa bernafas, lemaskan otot selama 10 detik dan ulangi hal serupa selama 10 kali per hari.

Fungsi dari latihan ini yaitu membantu mengurangi risiko kebocoran urin setelah melahirkan, meski kondisi ini paling umum dialami terutama wanita pasca persalinan. Kemudian jika dirasa cukup melakukan latihan kegel, bisa lanjut dengan gerakan lain yang sederhana. Lebih utama hindari olahraga sit up, lari, jalan cepat atau latihan aerobik lainnya. Biarkan otot di sekitar panggul kembali normal dan mencegah kebocoran urin. Hindari juga latihan renang untuk menghindari pendarahan (lokia) lebih berat selama 7 hari. Hal ini berguna untuk mencegah infeksi terutama wanita yang melakukan operasi. Dan paling penting adalah tidak berlebihan saan melakukan olahraga selama beberapa bulan. Jika lelah, lebih baik istirahat dan lanjutkan jika badan telah benar-benar fit. Karena sejatinya, wanita paska melahirkan membutuhkan waktu untuk pemulihan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan terutama olahraga.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top