Manfaat Tanaman

Kandungan Bermanfaat Tanaman Krokot

Tanpa kita sadari, beberapa tanaman yang tumbuh di sekitar kita sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum setiap hari. Namun, kebiasaan kita yang selalu mengkonsumsi obat-obatan dan vitamin membuat mata kita seolah buta untuk melihat tumbuhan alami bermanfaat tersebut. Salah satu tanaman yang sebenarnya mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan namun tidak banyak digunakan adalah tanaman krokot. Pernahkah Anda mendengar jenis tanaman yang satu ini sebelumnya? Nah, mungkin beberapa dari Anda belum pernah sekalipun mendengarnya. Krokot memang merupakan salah satu rumput yang tumbuh liar di sekitar rumah Anda. Rumput yang satu ini cenderung jarang diperhatikan dan tidak diurus. Berikut kita akan membahas beberapa kandungan bermanfaat tanaman krokot yang jarang diketahui orang dan dapat menjadi alasan kenapa Anda sebaiknya membudidayakannya. Selamat membaca.

Kandungan Bermanfaat Tanaman Krokot.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Mengobati maag

Penyakit maag memang merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Rasa perih di dalam perut yang terjadi tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Penderita maag biasanya akan kehilangan tenaga dan nampak sangat lemah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, kondisi yang satu ini tentu harus segera di atasi. Daun krokot dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan maag dengan sangat efektif. Kandungan fosfat, tanin, dan juga nicotinic acid pada daun krokot secara aktif akan mengobati maag yang sedang Anda derita. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menumbuk 3 sampai 5 lembar daun hingga halus. Peras sari daun krokot hingga terkumpul sekotar 150 cc air. Air yang terkumpul di tambahkan sedikit madu untuk rasa manis dan diminum 3 kali sehari masing-masing 50 cc.

  1. Mengobati bisul

Manfaat lain dari tanaman krokot yang dapat dimanfaatkan sebagai herbal terbaik adalah tanaman yang satu ini dapat digunakan untuk mengobati bisul. Bisul merupakan salah satu gangguan tubuh yang sangat mengganggu. Terkadang, bisul menyebabkan iritasi dan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Bisul yang muncul menyebabkan tubuh Anda terasa nyeri terutama jika bisul tersebut tersentuh atau bahkan pecah. Untuk mengatasi masalah bisul ini, tanaman krokot dapat diandalkan. Cara penyembuhan bisul dengan tanaman krokot adalah dengan mengkonsumsi teh krokot setidaknya 3 kali sehari. Anda juga bisa menempelkan daun krokot yang sudah dicuci bersih dan diremas-remas langsung pada bisul yang muncul di permukaan kulit Anda.

  1. Mengatasi jantung berdebar

Jantung yang berdebar-debar secara spontan tanpa sebab yang jelas tentu akan membuat Anda merasa khawatir. Kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Jantung yang berdebar ini merupakan salah satu indikasi adanya masalah pada jantung Anda. Jantung yang normal tentu akan berdetak secara teratur dengan irama yang khas. Nah, jika Anda mengalami masalah jantung berdebar ini, coba gunakan krokot sebagai pengobatan alami. Untuk mengobati gangguan jantung berdebar ini, Anda dapat mengambil 4 buah batang krokot, cuci bersih lalu giling. Tambahkan air pada hasil gilingan lalu peras dan tambahkan sedikit madu. Konsumsi ramuan ini setidaknya sebanyak 2 kali setiap hari untuk mengatasi masalah jantung berdebar agar tidak kembali lagi.

  1. Meringankan stress

Tanpa disadari, krokot ternyata juga memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk meringankan stress yang Anda derita. Deadline pekerjaan yang terlalu banyak dan sedikitnya waktu untuk bersantai terkadang membuat pikiran menjadi berat dan efeknya Anda akan menderita stress. Stress yang terjadi tentu saja akan menurunkan daya konsentrasi Anda dan akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Dalam hal ini, krokot memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengatasi stress. Kandungan antioksidan dalam krokot yang cukup tinggi dapat melancarkan peredaran darah dan support oksigen ke dalam otak. Kondisi ini tentu saja akan melancarkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar akan memberikan ketenangan pada pikiran dan akan meredakan stress secara sempurna.

  1. Menguatkan tulang

Salah satu manfaat dari tanaman krokot yang membuat Anda sebaiknya menanamnya di halaman rumah Anda adalah tanaman ini dapat digunakan untuk menguatkan tulang secara alami. Tulang memang merupakan salah satu hal yang sangat penting yang tentu saja akan menopang kondisi tubuh secara umum. Semakin bertambahnya usia Anda, tentu tulang cenderung akan lebih keropos jika tidak dirawat. Dengan krokot, masalah tulang keropos atau osteoporosis dapat dicegah dengan baik. Tanaman krokot memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk menutrisi tulang Anda. Zat besi yang ada dalam tanaman krokot juga berperan penting dalam menguatkan tulang Anda. Minum ramuan daun krokot dan madu setiap hari untuk hasil perawatan yang lebih maksimal.

Tanaman krokot memang sering terbuang dan tidak diurus meski begitu, tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik. Dengan manfaat yang ada, tanaman krokot dapat diandalkan sebagai obat alami untuk beragam jenis masalah tubuh. Tanam tanaman krokot di halaman rumah Anda dan dapatkan manfaat baiknya setiap hari. Tidak susah untuk menanam tanaman ini karena tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya. Selamat memanfaatkan tanaman krokot!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top