Inspiration

Kalau Anda Punya Sifat Malas, Coba Cek Penyebab Rasa Malas Beserta Cara Mengatasinya

Malas memang salah satu moral yang sangat merugikan. Sebab bisa berdampak pada kesuksesan seseorang. Kita lihat saja, apakah orang-orang sukses termasuk orang pemalas? Tentu tidak, bukan. Sayangnya malas ini kerap bersarang di diri manusia. Sayangnya lagi, masih banyak yang tidak bisa menghilangkan rasa malas tersebut. Pada akhirnya malas menjadi moral. Tentu anda harus menjauh dari sifat yang satu ini. Bila dirasa ada rasa malas dalam diri anda, coba cari penyebabnya. Karena segala sesuatu tentu ada sebabnya. Termasuk rasa malas. Kalau anda bingung apa saja yang dapat menjadi penyebab kemalasan, berikut adalah macam penyebab rasa malas beserta cara mengatasinyanya:

penyebab rasa malas beserta cara mengatasinya

sponsor – pemutih wajah

  1. Suka Terlambat

Anda gemar terlambat jika dalam hal apapun. Ketika janjian dengan seseorang, saat menyelesaikan tugas tertentu, atau mungkin sering terlambat bangun tidur. Waspadalah. Itu beberapa penyebab anda malas. Karena anda tidak mempunyai komitmen untuk tepat waktu. Terbiasa tidak mempunyai target dan komitmen untuk melakukannya tepat waktu akan membuat anda suka menunda-nunda.

  1. Aktivitas Anda Multi Tasking

Ketahui bahwa multi tasking justeru tidak baik. Karena anda menghabiskan banyak waktu untuk berbagai mengerjakan tugas. Sementara untuk mengerjakan satu tugas butuh kefokusan tersendiri. Selain itu multi tasking juga menyebabkan tugas tidak kunjung selesai—karena fokus terbagi. Dan tentu akan menghabiskan banyak tenaga. Ketika anda kehilangan cukup tenaga, anda akan merasa tidak ingin menyelesaikan. Akibatnya yang ada hanya malas mengerjakan semuanya.

  1. Tidak Ada Perencanaan yang Matang

Tidak mempunyai plan akan membuat pekerjaan terbengkalai. Anda tidak ada target dan batas waktu guna menyelesaikan pekerjaan anda. Ini pula dapat menyebabkan anda menunda-nunda pekerjaan. Sikap menunda akan menimbulkan rasa malas.

  1. Tergoda Dengan Segala Sosial Media

Memang kita butuh dengan akun sosial media. Sosial media sebagai wadah informasi tentang semua hal. Inilah yang menyebabkan mengapa banyak orang tertarik sekali dengan sosial media. Namun anda juga perlu memilah waktu kapan anda membuka, kapan anda tidak melihat akun media sosial anda. Karena selain tidak produktif, membuka media sosial akan membuat kita semakin ketagihan. Apalagi untuk membuka akun media sosial tidak perlu sulit. Dengan duduk atau berbaring di tempat tidurpun bisa. Sementara pekerjaan anda masih banyak. Sehingga membuat anda kian malas dalam mengerjakannya.

  1. Suasana yang Kurang Nyaman

Percaya atau tidak, suasanya juga berpengaruh dalam sikap anda. Suasana yang kurang nyaman akan membuat anda semakin malas untuk melakukan hal apapun. Misalnya, ruang kerja anda berantakan. Buku di mana-mana, sampah berserakan, meja kerja berantakan. Melihatnya saja mungkin anda sudah enggan. Mana mungkin bisa anda semangat menyelesaikan tugas anda?

  1. Kebiasaan Menunda-Nunda

Ini yang sering ditulis di atas. Menunda-nunda pekerjaan membuat anda malas. Sebab  anda tidak mempunyai komitmen untuk tepat waktu.

Dari berbagai macam penyebab, mana yang termasuk di diri anda? Apabila sudah menemukan, yuk simak upaya-upaya mengatasinya:

  1. Berusaha Tepat Waktu dalam Segala Hal

Apapun yang sedang anda lakukan, cobalah berusaha untuk tepat waktu. Jika anda sedang janjian dengan seseorang, datanglah sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, Bila anda diberi deadline, selesaikan dengan tepat waktu. Pecut diri anda. Tingkatkan komitmen. Beri reward jika anda mampu menyelesaikannya sesuai waktu. Sebaliknya, beri pula punishment kalau anda meleset atau terlambat.

  1. Fokus Pada Satu Pekerjaan Saja

Kalau selama ini anda melakukan banyak kegiatan, pilih salah satu saja yang anda ingin kerjakan. Fokuslah menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jangan berpindah jika belum selesai. Simpan tenaga anda. Atur juga waktu istirahat anda. Tidak boleh terlalu berlebihan.

  1. Buat Perencanaan yang Matang

Bila anda belum terbiasa membuat plan sebelum bekerja, mulai saat ini biasakanlah. Supaya anda tidak bingung untuk memulai dari mana, apa saja yang perlu diselesaikan, dan kapan harus diakhiri. Plan akan membatu itu semua. Perhitungkan dengan baik waktu deadlinenya. Jangan sampai tidak realistis untuk anda.

  1. Tutup Akun Sosial Media Anda Selama Bekerja

Sementara anda bekerja, anda harus tahan untuk tidak membuka media sosial. Sebentar apapun. Jika perlu jauhkan handphone anda. Sulit memang. Namun anda harus terbiasa. Jika tidak, pekerjaan tidak akan kunjung selesai.

  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Agar mendukung semangat anda dalam bekerja, ciptakan suasana yang nyaman. Kreasikan sesuai keinginan. Jika anda menyukai bunga. Berikan suasana penuh bunga di ruangan atau meja kerja anda. Bisa berupa vas beserta bunganya, pigora dengan gambar bunga, lukisan bunga, beri pengharum ruangan yang berbau bunga, atau bahkan beri tanaman bunga asli bila perlu.

  1. Jangan Menunda Apapun

Biasakan untuk tidak menunda kegiatan apapun. Semua kegiatan penting dilakukan saat ini juga. Semakin anda menunda, akan kian banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Time is money. Pergunakan dengan baik waktu anda.

Memang betul, menghilangkan rasa malas bukan perkara mudah. Namun bukan berarti tidak bisa kan? Semua butuh proses serta kekonsistenan. Selama anda memiliki komitmen yang tinggi, dan mau berusaha, rasa malas akan malas bersarang di diri anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top