Gaya Hidup

Jenis Sosial Media Yang Menjadi Gaya Hidup

Jenis Sosial Media Yang Menjadi Gaya Hidup

Memisahkan sosial media dari kehidupan sekarang sepertinya adalah hal yang sangat mustahil untuk dilakukan. Apalagi apabila melihat banyak kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial ini. Baik yang bersifat gratis maupun yang bersifat berbayar. Namun ternyata meskipun seringkali menggunakannya ternyata masih banyak orang yang belum benar-benar tahu tentang sosial media. Dimana menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlain, media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content. Atau dalam kalimat sederhananya, media sosial dapat diartikan sebagai salah satu laman internet yang dapat digunakan secara pribadi maupun kelompok untuk mencapai sebuah kepentingan tertentu. Dimana masih menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlain, media sosial terbagi menjadi enam jenis. Dimana enam jenis media sosial tersebut memiliki fungsi dan juga karakteristik masing-masing. Dari enam jenis media sosial tersebutlah yang bisa dibilang sekarang tengah digandrungi oleh banyak orang. Bahkan bisa dibilang, media sosial tersebut tidak lepas dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Berikut ini jenis sosial media yang menjadi gaya hidup.

sponsor: kezia skin expert.

1. Blog Dan Microblog

Jenis Sosial Media Yang Menjadi Gaya Hidup

Blog sendiri awalnya diperkenalkan pada ruang publik pada tahun 2002 yang lalu. Melalui sebuah akun Blogger.com yang telah diakuisisi oleh Google. Semenjak itulah, blog kemudian dikenal luas oleh banyak pihak. Dimana blog yang merupakan singkatan dari web log tersebut menjadi platform yang digunakan oleh orang-orang berbagi pengalaman mereka melalui tulisan. Sedangkan untuk masa sekarang ini, blog telah mengalami kemajuan cukup pesat. Bukan hanya untuk berbagai pengalaman namun bahkan juga bisa digunakan untuk mendapatkan income. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan iklan yang masuk dengan membandingkan viewer dari blog itu sendiri. Bahkan bisa dibilang banyak orang yang sudah menggantungkan hidupnya dari blog. Yaitu dengan cara menjadi blogger. Mulai dari menjadi food blogger hingga traveler blogger. Dimana pendapatan dari dua profesi tersebut bisa dibilang sangat menjanjikan. Sehingga tidak heran apabila mulai banyak orang yang berbondong-bondong untuk menekuni bidang karir tersebut. Sedangkan microblog memiliki definisi yang tidak jauh berbeda dengan blog. Hanya saja pesan yang dimuat oleh microblog terbatas hanya dalam beberapa jumlah kata yang telah ditentukan. Untuk sekarang, microblog yang tengah naik dan penggunannya cukup masif adalah twitter. Dan seperti yang diketahui pengguna twitter terbesar di dunia menempatkan Indonesia berada di urutan teratas. Sebuah data yang menunjukan betapa masyarakat Indonesia telah begitu terpikat dengan media sosial ini. Hal tersebut tentunya tidak lepas dengan manfaat yang dimiliki oleh twitter itu sendiri. Mulai dari hal sederhana seperti membagikan status, mendapatkan berita secara cepat hingga mendapatkan pendapatan. Hal tersebut tidak lepas karena twitter bagi mereka yang tahu cara menggunakannya maka mendapatkan income bukanlah sesuatu yang mustahil.

2. Konten

Konten tersendiri langsung terdefinisikan dengan para pengguna ataupun kreator yang mampu mengupload, memperlihatkan maupun membagikan karya mereka pada pihak lain. Untuk definisi konten contoh terbaiknya adalah Youtube. Platform yang diciptakan oleh tiga mantan karyawan PayPal ini memang telah mendunia. Sehingga perusahaan Google tidak ragu untuk membeli sahamnya. Dan seperti yang diketahui platform ini juga telah begitu populer. Apalagi setelah diketahui bahwa Youtube bisa mendatangkan penghasilan yang tidak sembarangan. Tentu dengan beberapa catatan dibaliknya. Mulai dari membuat konten yang menarik hingga memiliki viewers maupun subscriber yang banyak. Dimana para pelaku yang terlibat dalam bidang tersebut seringkali juga dikenal sebagai youtuber. Perkembangan youtuber di Indonesia bisa dibilang semakin signifikan dari waktu ke waktu. Membuat daya tarik dari youtuber semakin menggoda banyak orang untuk terjun ke dalamnya. Sehingga membuat mereka berubah dari konsumen menjadi kreator. Apalagi dengan iming-iming keuntungan yang begitu menggiurkan.

3. Situs Jejaring Sosial

Pada masa teknologi telah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia tentunya segala sesuatunya bisa dipermudahkan. Tidak terkecuali untuk membangun jejaring sosial terhadap pihak lain baik pihak yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Jejaring sosial dengan penguna terbanyak sekaligus paling popular adalah Facebook. Akun yang diciptakan oleh Mark Zuckenberg tersebut memang cukup mengubah tatanan internet dunia. Bahwa Internet mampu membuka pintu baru lagi bagi banyak pihak. Yaitu keterhubungan komunikasi langsung meskipun tidak berada dalam tempat yang sama. Facebook bisa dibilang masih menjadi bagian hidup dari banyak orang. Bahkan terbilang masih banyak orang yang tidak ingin berpindah dari facebook dan menggunakan media sosial yang lain. Hal tersebut tidak lepas karena begitu kuatnya brand yang dimiliki oleh facebook. Sehingga tidak heran apabila telah menjadi gaya hidup oleh banyak orang untuk mempublikasikan apa yang terjadi dalam hidupnya.

4. Virtual Game World

Jenis Sosial Media Yang Menjadi Gaya Hidup

Meskipun banyak yang memandang negatif namun Virtual Game World nyatanya telah banyak menghubungkan banyak pihak antar satu sama lain. Dimana biasanya pihak tersebut didominasi oleh kalangan muda. Target pasar mereka yang mengincar kalangan muda membuat jenis media sosial ini bergerak fleksibel dan juga cepat. Apalagi dengan semakin tersebar luasnya internet ke berbagai tempat. Sehingga bisa dibilang banyak orang yang menjadikan virtual game world sebagai salah satu gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan darinya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top