Info Kedokteran

Jenis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Stress

Stress merupakan salah satu kondisi yang mungkin dirasakan seseorang dalam hidupnya dimana terjadi ketegangan dari segi fisik, psikis, emosi serta mental yang disebabkan oleh kejadian atau hal. Manusia merupakan makhluk Tuhan yang memiliki rasa dan kemampuan berpikir. Dengan banyaknya hal yang dialami, seseorang bisa mengalami stress dari apa yang saja dirasakan dalam benaknya dan apa saja yang dipikirkan dalam otaknya. Stress tidak akan berbahaya jika berada dalam ambang normal, dimana seseorang bisa mengelola stressnya dan mampu menyelesaikan setiap kondisi masalahnya. Jika kondisi stress yang dialami tidak bisa dikelola dengan baik, kemungkinan terjadinya stress bisa memicu terjadinya penyakit. Beberapa gangguan kesehatan karena stress, di antaranya:

  1. Sakit kepala

Secara umum dan sering, stress bisa menimbulkan kecemasan. Memang, rasa cemas berkaitan dengan soal perasaan dan kondisi psikologis. Rasa cemas yang dirasakan dalam hati seseorang akan dapat berhubungan dengan  timbulnya rasa sakit kepala. Saat stress, otak yang berada di dalam tempurung kepala ini akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan rasa sakit pada bagian tersebut. Bahkan ketika pikiran terlalu berat karena banyaknya masalah yang harus dihadapi, seringkali seseorang harus merasakan sakit kepala yang sangat di bagian sebelah atau yang sering pula disebut dengan istilah migrain.

  1. Insomnia

gangguan kesehatan karena stress

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur, dimana seseorang tidak bisa tidur dengan lelap saat jam tidur terutama pada malam hari. Ketika banyak sekali hal-hal yang dipikirkan, seseorang biasanya merasakan kecemasan yang berlebihan, dan hal ini menyebabkan rasa sulit memejamkan mata, atau bahkan sulit untuk merasa tidur nyenyak. Pada saat stress, produksi adrenalin meningkat, sehingga menyebabkan kewaspadaan dan membuat tetap terjaga. Jika hal ini terjadi terus menerus, insomnia dapat memicu seseorang menjadi mudah lelah dan mudah terserang penyakit. Seseorang yang kurang waktu istirahat yang berkualitas akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

  1. Tekanan darah tinggi

Banyaknya beban pekerjaan dan masalah seringkali akan menguras pikiran. Jika tidak kunjung diselesaikan, atau dipendam sendiri tanpa solusi maka akan memicu terjadinya stress berat. Terjadinya stress akan menggangu pikiran, dan dampaknya mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat. Tekanan darah tinggi jika dibiarkan akan berbahaya, dan menyebabkan terjadinya stroke, yang beresiko menyebabkan anggota gerak tubuhnya menjadi kaku dan tidak bisa digerakkan.

Untuk mengatasi stress agar tidak menjadi berlarut-larut dan memberikan efek penyakit nantinya, ada baiknya setiap pribadi harus bisa mengelola stress dalam kehidupannya. Setiap orang memiliki kadar kemampuan stressnya masing-masing. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa mengenali dan memahami dirinya sendiri sejauh mana bisa mengatasi stressnya. Jika dirasa perlu, setiap masalah atau hal apapun yang terasa menjadi beban hendaknya dikomunikasikan dengan pihak yang terkait dalam rangka menyelesaikan untuk mencari solusi, sehingga tidak menjadi beban stress berat berkepanjangan yang memicu penyakit.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top