Makanan Kesehatan

Jenis Pasta Yang Sehat Dan Tak Bikin Gemuk

Jenis Pasta Yang Sehat Dan Tak Bikin Gemuk

Jenis pasta yang sehat dan tak bikin gemuk –  Siapa yang tak kenal pasta. Makanan yang satu ini dikenal sebagai sumber karbohidrat yang mudah dikonsumsi. Pasta bisa menjadi alternatif dan sumber karbohidrat pengganti nasi dan mie. Jadi, sumber karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari tidak akan membosankan.

Sponsor: kezia skin expert

Berbicara soal pasta, sumber karbohidrat ini ternyata jauh lebih sehat lo dibanding nasi putih yang biasa disajikan di rumah. Pata memang dikenal oleh masyarakan barat sebagai hidangan favorit dan praktis. Pasta juga lebih mengenyangkan dan kaya serat sehingga cocok dijadikan menu utama saat sahur dan berbuka. Dibanding nasi, pasta lebih kaya nutrisi dan kalorinya juga lebih rendah. Berikut ini kelebihan, jenis dan cara menyajikan pasta agar lebih sehat dan bergizi tinggi.

Kandungan nutrisi dalam pasta

Banyak pasta terbuat dari tepung terigu. Tak hanya itu, pasta juga dibuat dari berbagai bahan lain yaitu tepung gandum dan beras merah. Gandum dan beras merah dikenal akan nutrisi, serat dan berbagai mineral penting yang baik bagi tubuh kita. Kandungan pasta sebenarnya tergantung dari bahan yang dipakai untuk membuat pasta itu sendiri. Kandungan pasta paling umum yaitu karbohidrat, protein, dan lemak rendah. Setiap 100 gram pasta setidaknya mengandung 131  kalori, 25 gram karbohidrat, 5 gram protein, serta 1 gram lemak. Banyaknya nutrisi yang masuk dalam tubuh tergantung dari takaran yang disajikan serta bagaimana cara memasak pasta. Ada yang menambahkan pasta dengan beraneka ragam sayur dan lauk pauk, sehingga nutrisi yang tersimpan juga lebih banyak. Rata-rata produk olahan pasta juga diperkaya zat besi, vitamin dan beberapa zat lainnya guna memberikan tambahan nilai gizi.

Jenis-jenis pasta yang sehat

Banyak diantara masyarakan Indonesia yang belum paham betul apa saja jenis pasta yang selama ini dikonsumsi. Karena tak banyak yang menggunakan pasta sebagai hidangan sehari-hari, banyak dari mereka juga tidak terlalu ampil pusing dengan jenis pasta yang dikonsumsi. Padahal mengetahui jenis pasta penting agar tubuh terhindar dari kegemukan dan mengetahui nilai gizi. Setelah mengulas apa saja nutrisi yang terkandung dalam pasta, berikut berbagai jenis pasta yang bisa Anda gunakan untuk dikonsumsi serta tak membuat badan jadi gemuk.

Jenis Pasta Yang Sehat Dan Tak Bikin Gemuk

1. Pasta gandum utuh

Pasta gandum utuh memang terbuat dari tepung gandum utuh yang kaya serat dan nutrisi lebih lengkap daripada pasta jenis biasa. Karena hal inilah yang membuat pasta gandum dipilih sebagai sumber karbo yang sehat. Setiap 140 gram pasta gandum, terdapat 6,3 gram serat, 7,5 gram protein, dan 37 gram karbohidrat. Kandungan lainnya berupa nutrisi penting seperti vitamin B, kalsium, magnesium bingga zat besi. Supaya past gandum lebih bergizi, kurangi keju dan tambahkan rempah-rempah guna memberi citarasa menarik yang nikmat di lidah.

Jenis Pasta Yang Sehat Dan Tak Bikin Gemuk

2. Pasta gandum tidak utuh (oatbran)

Ternyata ada juga lo pasta yang terbuat dari gandum tak utuh alias oatbran. Sama seperti pasta gandum utuh, pasta jenis ini juga mengandung serat lebih tinggi, kaya protein, dan  berbagai nutrisi penting yang sangat diperlukan bagi tubuh.  Pasta oatbran terbuat dari gandum yang hanya mengambil bagian luarnya saja atau biasa disebut dedak gandum. Jadi meski hanya mengambil kulit terluarnya, kandungan nutrisinya juga masih utuh meski tak sebanyak pasta gandum utuh. Setiap 100 gram pasta oatbran mengandung 15,4  gram serat, 5,4 mg zat besi, 58 mg kalsium dan 235 mg magnesium. Dan jika kita perhatikan, serat pada pasta oatbran jauh lebih tinggi  daripada serat yang ada pada pasta gandum utuh. Meski begitu,  nutrisinya tak sebanyak gandum utuh.

Jenis Pasta Yang Sehat Dan Tak Bikin Gemuk

3. Pasta barley

Jenis pasta terakhir yang bisa Anda konsumsi adalah pasta Barley. Pasta jenis ini merupakan salah satu jenis pasta yang bahan dasarnya berasal dari biji-bijian dari keluarga gandum. Bentuknya yang mirip gandum membuatnya sulit dibedakan. Sama seperti pasta lainnya, Pasta barley juga  mengandung serat tinggi yaitu sebanyak 10 gram. Kandungan nutrisi lainnya ada diantaranya vitamin B6 dan berbagai mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, folat, dan seng. Manfaat barley yaitu bisa menurunkan berat badan karena kalorinya paling rendah, asam amino esensial pada barley bisa mencegah gula menjadi lemak. Manfaat lainnya adalah menstabilkan tekanan darah, mengurangi gejala arthritis, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan gigi.

Cara mengkonsumsi pasta agar lebih sehat

Berbeda dengan mie biasa, pasta memiliki citarasa dan tekstur lebih padat dan gurih. Meski pasta mengandung banyak nutrisi, bukan berarti Anda bebas memakan pasta dalam porsi besar. Terutama jika menambahkan bahan lain, seperti daging atau keju. Karena banyak mengkonsumsi pasta juga tidak baik bagi tubuh dan menambah lingkar pinggang. Lebih baik konsumsi pasta 1 hingga 1,5 gelas  pasta matang untuk satu porsi makan. Atau ada juga yang menyarankan untuk mengkonsumsi 0,5 gelas pasta matang saja. Agar memakan pasta jadi lebih sehat maka bisa tambahkan beragam sayur, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan. Pastikan untuk tidak memasukkan saus kental manis atau mayones secara berlebihan. Sebab lemak dan rasa manis pada sauh pasta juga tidak baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top