Kulit ku

Jenis Makanan Yang Mengandung Kolagen

Makanan yang mengandung kolagen– Di bawah lapisan kulit yang paling luar, terdapat sejenis protein yang tidak hanya menjaga kesehatan struktur kulit namun juga sebagai pengikat pada jaringan kulit. Hal ini akan membuat kulit Anda terbebas dari keriput dan garis-garis halus, sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

Jenis Makanan Yang Mengandung Kolagen

sponsor: perawatan wajah.

Namun ketika Anda telah beranjak tua, maka produksi kolagen di dalam tubuh Anda akan semakin menurun. Enzim alami di dalam tubuh juga salah satu faktor yang menyebabkan produksi kolagen semakin menurun. Ada faktor lain seperti polusi, paparan sinar matahari, dan radikal bebas yang juga dapat merusak kolagen di dalam tubuh. Jika hal ini terjadi, maka kolagen akan semakin menurun dan menipis yang dapat menyebabkan kulit kehilangan sumber protein yang berfungsi untuk menjaga dan mengikat seluruh jaringan yang ada pada kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih kendur, keriput, dan melorot. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang mengandung kolagen, sehingga baik untuk merangsang produksi kolagen agar lebih meningkat.

Kulit tidak mampu untuk menyerap kolagen, jadi salah satu langkah terbaik adalah dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Krim kolagen tidak akan banyak membantu untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang dapat memproduksi kolagen. Makanan tersebut mampu untuk meningkatkan tingkat kolagen di dalam tubuh Anda. Jika kolagen meningkat dengan baik maka akan sangat bermanfaat bagi kulit untuk membantu mengurangi kerutan, mengencangkan kulit, dan mencegah penuaan dini. Apa saja makanan tersebut? Di bawah telah kami rangkum beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

  1. Ikan dengan kandungan omega-3

Ikan seperti salmon dan tuna yang kaya akan omega 3 dapat meningkatkan membran lemak di sekitar sel-sel kulit, yang dapat membuat kulit menjadi kenyal, sehat, dan halus. Zat tersebut juga mampu menjaga struktur jaringan kulit dengan baik sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

  1. Sayuran merah dan buah-buahan

Agar Anda terlindung dari paparan sinar matahari Anda dapat mengonsumsi sayuran merah seperti tomat, kentang merah, dan paprika merah. Anda juga harus rutin mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel, dan stroberi. Kedua jenis makanan tersebut kaya akan kandungan antioksidan dan lycopene yang dapat dijadikan sebagai tabir surya alami sekaligus melindungi kulit dari kerusakan dan juga dapat meningkatkan kolagen dengan baik.

Lycopene dapat meningkatan kolagen dengan baik sehingga sangat bagus untuk mengatasi penuaan dini. Zat ini mampu mencegah kerusakan DNA di dalam sel yang menjadikan penampilan kulit terlihat lebih muda.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu tubuh Anda untuk meningkatkan produksi kolagen sekaligus mencegahnya dari kerusakan.

  1. Sayuran oranye

Sayuran oranye seperti wortel dan ubi jalar yang kaya akan vitamin A terbukti dapat memulihkan dan meningkatkan produksi kolagen. Vitaminn A memiliki kemampuan untuk mengganti kolagen yang rusak dengan yang baru.

  1. Buah-buahan berry

Buah-buahan seperti blueberry, stawberry, raspberry, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu untuk mencegah radikal bebas sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

  1. Produk kedelai

Makanan yang mengandung kolagen berikutnya adalah produk kedelai. Makanan kedelai seperti keju, tahu, dan susu kedelai, mengandung genistein, yaitu sebuah hormon alami yang terdapat pada tumbuhan. Hormon tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kenyal.

Antioksidan yang terdapat pada kedelai dapat bekerja dengan baik untuk merawat kulit Anda. Mereka mampu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang menjadi penyebab utama kematian atau kerusakan sel  kulit.

  1. Buah yang mengandung vitamin C

Jenis buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, lemon, dan anggur memiliki kemampuan untuk mengubah asam amino (prolin dan lisin) menjadi kolagen. Antioksidan dalam vitamin C juga dapat memperlambat laju kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang menjadi penyebab utama penyakit kudis.

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung lipoic asam dan taurin. Kedua zat ini mampu membangun kembali serat kolagen yang telah rusak.

  1. Protein

Putih telur adalah makanan yang mengandung lisin dan prolin, sekaligus kolagen itu sendiri. Rutin mengonsumsi putih telur sudah tentu mampu meningkankan produksi kolagen secara alami pada tubuh Anda.

  1. Teh putih

Teh putih mampu memperkuat struktur jaringan pada kulit. Teh putih memiliki sifat alami untuk mendukung protein struktural kulit, terutama kolagen.

Sekarang Anda telah mengetahui, ternyata ada banyak makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti diatas, maka dapat membantu menjaga kulit Anda agar terbebas dari kerutan dan garus halus yang menjadikan Anda terlihat lebih awet muda. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
50%
sad
1
50%
angry

Comments

comments

To Top