Manfaat Tanaman

Jenis Dan Manfaat Obat Pegal Linu Alami

Jenis Dan Manfaat Obat Pegal Linu Alami

Ketika pegal linu menyerang, mengatasinya dengan obat herbal pegal linu adalah pilihan ramuan yang dibuat secara tradisional. Mengobati pegal linu dengan cara ini mampu menghilangkan masalah yang terjadi pada otot dan sendi. Karena pegal linu dapat menyerang siapa saja,  maka obat pegal linu adalah pilihan utamanya. Selain alami, obat alami ini dapat dengan mudah dicari, diolah dan aman diminum. Sebelum memutuskan memilih herbal alami pegal linu, sebaiknya kenali dulu jenis dan manfaat obat pegal linu alami yang dijamim ampuh berikut ini.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

1. Daun Sirsak

Sirsak adalah salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan buah segar dengan rasa yang manis asam. Tidak banyak orang yang menyukai buah ini karena rasanya, tapi kalau sudah sudah dibuat minuman rasanya akan semakin segar. Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk herbal alami yaitu bagian daunnya. Daun sirsak mempunyai kandungan zat anti peradangan yang berguna mengatasi pegal linu. Cara penggunaan daun sirsak yaitu dengan merebusnya. Hasil rebusan daun sirsak dapat disaring dan langsung diminum. Jika diminum secara rutin maka pegal linu akan hilang secara perlahan dan nyeri akibat pegal akan dapat disembuhkan.

2. Daun Sirih

Sirih adalah tanaman menjalar yang mempunyai banyak manfaat sebagai obat anti imflamasi dan mencegah bakteri, juga herba alami mengatasi pegal linu. Kandungan anti bakteri dan anti peradangan pada daun sirih dipercaya mampu melemaskan otot-otot yang kaku atau kram pemicu pegal linu. Cara penggunaan daun sirih sebagai obat pegal linu adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan air bersih. Angkat air hasil rebusan, diamkan agar lebih hangat atau langsung tuangkan ke bak mandi. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mandi. Meskipun terasa agak lengket, mandi dengan rebusan daun sirih sangat ampuh mengatasi pegal linu dan menyegarkan kembali otot yang tegang.

3. Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rempah  yang banyak dimanfaatkan sebagai minuman yang menghangatkan. Jahe adalah obat yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk dan masuk angin. Selain batuk dan masuk angin, jahe juga dapat bermanfaat sebagai obat pegal linu dan mengatasi kram otot. Hal ini dikarenakan jahe dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku akibat aktivitas harian yang padat. Cara membuat ramuan herbal ini adalah dengan menyiapkan satu rimpang jahe ukuran sedang , kupas dan cuci bersih, lalu pukul atau tumbuh halus. Jangan menunggu lama, langsung saja sedu hasil tumbukan jahe dengan air panas, dan minum selagi hangat. Dengan rutin meminum wedang jahe setelah beraktivitas atau sebelum tidur dipercaya dapat menyembuhkan pegal linu.

4. Beras Kencur

Beras kencur merupakan salah satu jenis jamu yang sangat digemari oleh semua kalangan baik anak-anak sampai dewasa bahkan lansia sekalipun sangat menyukai jamu manis yang satu ini. Mengkonsumsi beras kencur sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan sekaligus baik untuk kesehatan badan. Manfaat yang beras kencur miliki dapat mengatasi pegal linu. karena didalam beras kencur terdapat senyawa yang membantu melemaskan otot dan persendian yang kaku sehingga membuatnya menjadi lebih rilek. Zat alami pada beras kencur akan membantu mengendurkan otot kaku selepas Anda meminumnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top