Rambut ku

Jenis Dan Cara Merawat Rambut

Setiap orang pasti menginginkan rambut yang indah dan sehat. Baik itu wanita ataupun pria. Memiliki rambut yang indah dan sehat itu mudah,asalkan kita tau jenis rambut kita dan tau bagaimana merawatnya agar tetap indah. Namun,karena banyaknya masalah yang muncul pada rambut membuat kita bingung membedakannya. Dan terkadang kita malah melakukan hal-hal yang justru membuat rambut kita semakin rusak. Anda trntu tidak mau rambut anda menjadi rusak,bercabang,kering,dan sulit untuk diatur. Nah,untuk menghindarinya berikut ini pembahasan tentang beberapa jenis dan cara merawat rambut:

Jenis Dan Cara Merawat Rambut

sponsor: kezia skin expert.

Rambut Berminyak.

Rambut yang berminyak disebabkan karena produksi minyak yang berlebih pada setiap helai rambut. Rambut yang berminyak akan terlihat selalu basah,lepek,dan terlihat lebih kotor. Rambut yang berminyak juga dapat menyebabkan munculnya ketombe. Munculnya ketombe pada rambut yang berminyak pasti akan membuat anda menjadi tidak nyaman ya. Apalagi kalau sampai ketombe terlihat pada rambut anda dan jatuh pada baju anda,hal itu tentu akan sangat mengganggu penampilan anda dan akan mengurangi rasa percaya diri anda. Untuk mengatasi masalah rbut berminyak anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Hindari Makanan Yang Berminyak

Untuk menjaga rambut anda agar tidak berminyak anda sebaiknya mengurangi makanan yang terlalu berminyak. Anda lebih baik mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik bagi rambut. Makanlah buah yang mengandung banyak vitamin E seperti pepaya. Dan untuk sayuran anda dapat mengkonsumsi kecambah dan juga kacang.

2. Gunakan Masker Rambut

Lemon selain bagus digunakan sebagai masker wajah ternyata bagus jhga digunakan sebagai masker rambut. Anda cukup membuatnya menjadi jus kemudian oleskan pada rambut. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukanlah hal ini setiap satu minggu sekali agar rambut anda tidaks berminyak.

3. Gunakan Shampo Yang Sesuai

Shampo juga sangat berpengaruh pada kondisi rambut. Karena shampo adalah hal paling dasar untuk membersihkan dan merawat rambut. Jangan sampai shampo yang anda gunakan malah membuat rambut anda menjadi rusak,bercabang,ataupun berketombe. Oleh karena itu pilihlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut anda.

4. Keramaslah Setiap Hari

Keramas memang tidak boleh dilakukan setiap hari,karena akan membuat rambut anda kehilangan minyak alami yang dihasilkan oleh rambut. Namun,hal ini berbanding terbalik bagi anda pemilik rambut berminyak. Anda justru dianjurkan untuk mencuci rambut anda setiap hari agar rambut anda tidak terlalu berminyak.

5. Gunakanlah Kondisioner

Kondisioner selain bagus untuk menjaga rambut tetap lembut dan mudah ditata,kkndisioner juga bagus untuk mengontrol minyak yang dihasilkan oleh rambut. Caranya denfan mengaplikasikan kondisiner pada batabg rambut anda bukan pada kulit kepala anda. Hal ini juga dapat membuat rambut anda lebih bervolume.

Rambut Kering

Rambut kering ditandai dengan kondisi rambut yang kusam,kering,dan kasar. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti terpapar sinar matahari terlalu sering,gizi yang kurang,dan seringnya penggunaan peawarna pada rambut. Hal ini dapat membuat produksi minyakbpada rambut anda menjadi sedikit dan di bawah produksi minyak rambut pada umumnya. Hal ini membuat rambut anda terlihat mengembang dan kurang indah. Anda dapat mengatasinya dengan cara:

  1. Gunakan Shampo Yang Sesuai

Bagi anda yang memiliki masalah rambut kering gunakanlah shampo yang sesuai untuk rambht anda. Gunakanlah shampo yang ringan saja. Selain itu anda juga harus menggunakan, kondisioner yang sesuai untuk rambut anda.

2. Jangan Keramas Terlalu Sering

Saat rambut anda mengalami masalah kekeringan maka anda janganlah terlalu sering keramas. Anda cukup keramas rambut anda dua sampai tiga kali saja setiap minggunya. Seperti yang sudah dibahas tadi mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada rambut anda.

3. Tidak Gunakan Alat Yang Menghasilkan Panas

Saat anda menggunakan alat yang menghasilkan udara panas pada rambut hal itu dapat membuat rambut anda semakin kering. Seperti alat pengeriting rambut,pencantok rambut,dan pengering rambut (hairdryer). Apabila anda sangat membutuhkan alat tersebut gunakanlah pada suhu yang paling rendah untuk mengurangi dampaknya.

4. Hindari Menggonta Ganti Warna Rambut

Mengonta-ganti warna rambut bukan hanya akan merusak rambut anda tapi juga akan membuatnya srmakin kering. Karena ada beberapa produk pewarna rambut yang mengandung bahan kimia yang berbahaya dan tidak baik untuk rambut indah anda.

Rambut Campuran

Rambut campuran adalah kondisi dimana rambut anda setengah berminyak dan setengan kering. Biasanya akar rambut sampai tengan rambut akan berminyak dan tengah rambut sampai ujung rambut akan kering. Untuk mengatasinya anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Potonglah Rambut Secara Rutin

Memotong rambut secara rutin dapat membantu mengurangi rambut anda yang kering yang terdapat pada ujung rambut. Memotong rambut juga dapat memperlancar pertumbuhab rambut baru. Memotong rambut juga dapat menghilangkan rambut yang bercabang pada ujung rambut,dan dapat membuat penampilan anda terlihat lebih fresh. Lakukanlah pemotongan rambut setiap 2 bulan sekali agar hasilnya maksimal.

2. Jangan Terlalu Sering Mengganti Shampo

Menggonta-ganti shampo dapat memperparah kondisi rambut anda. Gunakanlah shampo yang khusus untuk rambut normal. Yang terpentjng gunakanlah shampo yang cocok untuk anda agar rambut anda selalu sehat.

3. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat anda gunakan sebagai pengganti kondisoner pada rambut anda yang kering. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Rambut Normal

Rambut jenis ini adalah rambut yang ideal,terlihat indah,dan mudah dirawat. Anda hanya harus menjaganya agar tidak rusak. Gunakanlah shampo dan kondisioner secara wajar untuk menghindari kerusakan.

Nah itulah jenis dan cara merawat rambut. Ketahuilah jenis rambut anda agar anda dapat merawatnya dengan baik dan benar. Agar anda bisa mendapatkan rambut yang indah dan sehat setiap saat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top