Fashion

Jenis Busana Muslim Untuk Wanita

Jenis Busana Muslim Untuk WanitaBusana muslim bagi wanita muslimah. Wanita memiliki area aurat tubuh yang berbeda dari kaum pria. Islam memiliki aturan demi untuk memperhatikan pakaian umatnya baik bagi laki-laki maupun perempuan. Terlebih kepada wanita yang harus dilindungi, busana muslim yang harus dikenakannya tujuannya lebih kepada memberikan perlindungan agar lebih aman dari apa saja yang ada di luar. Jenis busana muslim untuk wanita memang banyak ragamnya. Namun demikian, jenis dan model busana ini hendaknya tetap berpatokan pada menutup aurat, wajar, tidak berlebih-lebih atau pun terlihat tidak mewah. Seperti yang sudah dijelaskan, aurat wanita adalah keseluruhan tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Untuk berpakaian secara syar’i wanita perlu berpakaian yang tidak hanya menutup saja, tapi juga harus longgar, tidak memperlihatkan bentuk tubuh dan tidak transparan. Berikut ini jenis busana muslim dan pelengkapnya bagi wanita muslimah yang wajib dikenakan:

sponsor: perawatan wajah.

  1. Kerudung atau jilbab

Kerudung atau jilbab merupakan pelengkap busana muslim yang wajib dikenakan untuk menutup aurat di area bagian atas tubuh wanita. Seperti yang diketahui, kepala dan rambut pada wanita harus tertutup dan hendaknya juga menutupi bagian dadanya. Penggunaan kerudung atau jilbab yang syar’i dari kepala, dan menjulur ke bawah menutupi dada. Banyak yang salah kaprah dalam menyebut kerudung atau jilbab ini dan menyebutnya dengan istilah hijab. Kerudung atau jilbab biasanya berupa kain persegi atau persegi panjang yang dikenakan di kepala dan menutupi rambut, hingga menjulur menutupi dada.

  1. Khimar

Model lain dari penutup kepala dan bagian atas tubuh wanita adalah berupa khimar. Khimar ini merupakan istilah yang umum penutup kepala yang terjulur menutupi bagian dada bahkan hingga pinggang.

  1. Abaya

Penggunaan abaya sebagai busana muslim berkaitan dengan model jubah. Abaya memang merupakan pakaian jubah yang longgar dan tidak transparan atau nerawang. Penggunaan abaya akan dilengkapi dengan kerudung atau khimar agar bisa menutup sempurna aurat tubuh wanita.

  1. Chador

Istilah busana chador merupakan jubah yang dipakai untuk menutupi tubuh wanita mulai dari atas kepala hingga kebawah. Biasanya chador ini dipakai para wanita di Iran tanpa bercadar.

  1. Hijab

Jangan sampai salah kaprah menyebut kerudung, pashmina atau penutup kepala lainnya dengan hijab. Hal ini telah disampaikan di kotab suci Al Quran bahwa hijab merupakan keseluruhan pakaian wanita lengkap dikenakan dari kepala hingga ujung kaki untuk menutup area aurat tubuh wanita.

  1. Niqab

Niqab adalah sebuah cadar yang biasanya dipakai oleh beberapa wanita muslim untuk menutupi bagian wajahnya. Penggunaan niqab biasanya menempel pada penutup kepala sehingga separuh wajah wanita akan tertutup.

  1. Burqa

Merupakan busana muslimah sejenis hijab yang menutupi hampir seluruh tubuh wanita termasuk bagian matanya.

  1. Shalwar kameez

Busana muslimah yang satu ini umum dikenakan oleh para wanita muslim di daerah Pakistan dan India. Pakaian jenis ini terdiri dari celana panjang yang longgar, dengan tunik panjang di bagian atasnya.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top