Entertaiment

Jenis Buku Apa Saja yang Mesti Dibaca?

Ada banyak jenis buku yang tersedia di toko buku atau perpustkaan. Mulai dari jenis yang ringan seperti komik, novel tennlit, sampai yang berat seperti novel klasik, buku bertema filsafat, topic psikologi atau novel dengan cerita detektif. Buku adalah jendela dunia. Sementara dunia amatlah luas. Pilihlah tema bacaan yang betul-betul menjadi kebutuhan serta kegemaran anda. Sehingga hasil dari bacaan itu bisa membawa manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Lalu buku apa saja yang mesti dibaca?

buku apa saja yang mesti dibaca

Sponsor: perawatan wajah

  1. Buku Bisnis

Bagi anda yang berpreofesi sebagai wirausahawa, yang dituntut untuk selalu mengupdate diri akan kemampauan kewirausahaan. Atau barangkali anda sedang mempelajari, sepertinya wajib anda membaca buku bisnis. Buku bisnis akan membantu memberi solusi atas masalah bisnis yang sedang dihadapi. Di buku tersebut anda akan menemukan pengetahuan-pengetahuan mengenai dunia wirausaha. Pun ada tips dan trik dalam menjalankan bisnis agar sukses. Dijamin ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan dan menjawab masalah anda.

Sudah banyak beredar buku bertema bisnin sekarang ini. Mulai dari penulis lokal dan interlokal. Untuk penulis lokal, ada penulis Ippho Santosa, Tung Desem Waringin, Muhammad Syafi’i Antonio, Rhenald Kasali, Bong Chandra, dsb. Untuk penulis interlokal, terdapat buku Donald Trump, Robert Kiyosaki, Brian Tracy, Jon Gordon dengan versi bahasa Indonesia,

  1. Buku Motivasi

Buku dengan topik motivasi tak kalah penting. Penulis rasa semua orang pasti membutuhkan buku genre ini. Setiap manusi pernah mengalami keterpurukan dalam hidup. Supaya bangkit, kita membutuhkan motivasi. Motivasi didapatkan salah satunya dengan membaca buku. Sehingga buku motivasi merupakan pilihan tepat untuk dikoleksi.

Buku dengan tema motivasi juga banyak tersedia di perpustakaan dan toko buku. Sehingga anda dengan mudah mendapatkannya.

  1. Buku Agama

Mau apapun profesi anda, dari mana anda berasal, apapun latar belakang anda dan berapapun usia anda sekarang merupakan sesuatu yang wajib untuk mempunyai buku-buku agama di rak buku. Supaya selalu termotivasi dalam beribadah. Agar pula ibadah kita sempurna.

Apabila anda ingin memperdalam mengenai agama, membaca buku agama adalah solusi terbaik. Membaca buku tentang agama  bisa semakin memperlebar cakrawala ilmu keagamaan kita.

  1. Buku Komik

Bisa dibilang komik ialah buku yang paling ringan di antara jenis buku yang ada. Karena komik berisikan mengenai gambar dan cerita menarik. Lebih banyak mengandung konten jenaka. Membuat pembaca tidak begitu serius seperti membaca jenis buku lainnya. Sebab memang secara isi amatlah ringan.

Tidak hanya tentang kartun, agama bahkan sampai tema politik pun ada seri komiknya. Komik adalah sarana tepat dalam mengemas sesuatu yang sarat makna. Dengan mengemasnya dalam bentuk komik, menarik banyak orang untuk membaca.

Buku komik jenisnya beragam. Mulai komik anak-anak macam Naruto, Sinchan dan Doraemon. Lalu pada komik remaja ada serial Lupus, Asterix & Obelix, Tintin dan Kungfu Boy. Hingga ke komik yang sedikit serius karangan Sir Arthur Conan Doyle, Agatha Christie, Dan Brown, dan John Grisham.

  1. Novel

Bila anda penggemar novel, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai koleksi di rak buku anda. Kisah dalam novel akan menghibur anda. Setiap adegan cerita akan membawa anda dalam dunia imajinasi. Anda akan hanyut dalam setiap bagian ceritanya.

Terdapat jenis/genre novel: romance, jenaka, teenlit, horror, dan detektif. Mulai dari penulis lokal hingga penulis luar negeri. Indonesia memiliki penulis lokal terbaik, yakni Andrea Hirata, Asma Nadia, Tere Liye, Dewi Lestari, dan masih banyak lagi. Penulis dari luar negeri pun banyak, salah satunya ialah Rolling Stone.

  1. Buku/Novel Klasik

Ada beberapa referensi buku genre klasik dari luar negeri, yang mesti anda baca. Berikut referensinya mengutip dari bintang.com:

  1. Pride and Prejudice karangan Jane Austen. Novel klasik ini mengisahkan tentang kisah lima bersaudara berlatar belakang Kerajaan Inggris. Cerita berfokus pada anak perempuan kedua, Elizabeth, yang mencoba menyelamatkan kedudukan mereka di tengah masyarakat melalui pernikahan. Dalam novel legendaris ini, Austen kerap memberikan komentar mengenai kehidupan masyarakat, yang hingga kini masih juga relevan.
  2. Jane Eyre karangan Charlotte Brontë. Ini juga novel klasik yang menceritakan seorang gadis, Jane Eyre. Eyre begitu dibenci oleh Bibinya sehingga ia dibuang ke panti asuhan. Sejak kecil dia hidup tanpa cinta dan enggak pernah dihargai. Dia dididik untuk menentukan jalan hidupnya sendiri. Kisah ini memberi pembaca sebuah pelajaran bagaimana mengambil keputusan di antara dua pilihan.
  3. The Sound and The Fury yang ditulis oleh William Faulkner juga merupakan karangan klasik yang legendaris. Kisah the sound and the fury mengenai tragedi, sejarah, dan warisan sekitar keluarga Compson. Kisah ini menggambarkan tragedi sebuah keluarga pasca perang sipil. Buku ini menyadari para pembaca akan keadaan yang rusak pada era tersebut. Kalau dipikir-pikir, mirip dengan cerita Max Havelaar yang mengisahkan kebobrokan pula.
  4. The Great Gatsby, merupakan karya besar dari sang penulis legendaris, F. Scott Fitzgerald. Kisah ini menceritakan seorang miliarder misterius bernama Jay Gatsby dan usahanya untuk merebut kembali cintanya yang telah lama hilang, Daisy. Wanita ini adalah seorang sosialita lincah namun egois. kisah diceritakan dari sudut pandang Daisy. Kisah klasik seperti ini memiliki banyak pesan tersirat yang bisa diambil pelajaran.
  5. Ada lagi penulis asal Rusia yang brilian, Vladimir Nabokov. Melalui novelnya yang berjudul Lolita, mengisahkan pertautan dua hati yang terlarang. Dikisahkan seoarang profesor setengah baya yang jatuh cinta dengan anak tirinya selama dua belas tahun, Dolores. A.K.A., Lolita. Novel yang paling kontroversial sepanjang abad 20. Kamu akan mendapatkan berbagai perspektif berbeda dalam melihat kehidupan dan rasa.

Nah, mana yang menjadi bacaan favorit anda ?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top