Fashion

Jenis Bahan Kain Batik

Jenis Bahan Kain BatikMengenakan baju batik saat ini menjadi tren yang tidak lagi dianggap kuno. Perkembangan kain batik Indonesia menjadi tren mode yang terus berkembang dengan dibuktikan dari desain dan modelnya juga beragam. Para desainer Indonesia tak segan lagi mempromosikan desain pakaiannya yang bertemakan etnik batik. Batik merupakan salah satu jenis bukti kebudayaan warisan dunia yang harus senantiasa dilestarikan agar tidak punah. Berkembangnya penggunaan busana batik dalam banyak kesempatan, menjadikan berkembangnya jenis bahan kain batik, yang akan mengalami sejumlah proses pembuatan batik itu sendiri. Perlu diketahui, tidak semua jenis kain bisa digunakan sebagai bahan kain batik. Bahan kain yang bisa digunakan untuk membatik adalah tidak rusak karena pengaruh proses batik dan dapat diberi warna pada suhu yang dingin ataupun suhu kamar karena lilin batik sebagai perintang tidak tahan suhu panas. Berikut ini jenis-jenis bahan kain batik :

sponsor: kezia skin expert.

  1. Kain kapas

Jenis bahan kain ini terbuat dari serat kapas. Kain ini memang bagus saat digunakan dalam proses membatik, karena sifat kainnya yag mempunyai daya serap yang baik, tahan terhadap panas, kelenturannya rendah, serta penghantar panas yang baik.

  1. Kain mori

Kain mori bisa digunakan dalam proses pembuatan batik. Bahan kain ini merupakan hasil tenunan benang kapas hasil olahan pabrik dengan anyaman polos. Jenis bahan kain mori ada beberapa jenis, di antaranya adalah mori primissima, moori biru, mori prima, mori voalisima dan berkolin. Kain mori ini biasanya sudah mengalami proses pemutihan.

  1. Kain grey

Lain halnya dengan bahan kain grey, jenis bahan kain ini merupakan kain ytenun benang kapas yang tidak mengalami proses pemutihan secara kimiawi. Ciri khas kain ini adalah warnanya yang masih sangat alami, dan bisa dibedakkan menjadi beberapa jenis, misalnya kain blacu, kain tenun ATMB, dan kain tenun gedhog.

  1. Kain rayon

Bahan kain rayon terlihat lebih berkilau dan memiliki draping atau sifat menggantung yang baik. Kain rayon ini merupakan bahan kain sari benang rayon hasil regenerasi serat selulosa. Sifat kain rayon mirip dengan kain kapas, tapi kekuatannya lebih rendah terutama terhadap pengaruh alkali atau sifat basa. Contoh bahan kain antara lain kain shatung dan kain paris rayon.

  1. Kain kaos kapas

Bahan kain kaos pun kini bisa digunakan dalam pembuatan bahan batik. Kain kaos kapas merupakan kain katun hasil rajutan yang biasa sering digunakan dalam produk kaos oblong maupun t-shirt.

  1. Kain sutra

Bahan kain sutra memang sudah terkenal sebagai bahan kain yang mahal. Bahan kain ini terbuat dari serat protein dari golongan hewan lepidoptera. Kain sutra memang berciri khas sebagai kain yang cukup halus dan nyaman digunakan.

1
33%
like
2
66%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top