Makanan Kesehatan

Japanesa Wakame, Sayuran Laut Pencerah Alami Kulit

 Japanesa Wakame, Sayuran Laut Pencerah Alami Kulit

Mungkin masih banyak diantara masyarakat kita yang belom akrab dengan salah satu superfood dari laut yang kaya gizi ini. Yah apa lagi kalau bukan manfaat wakame untuk kesehatan kulit yang banyak dipakai masyarakat Jepang untuk menjaga kesehatan sekaligus kecantikan alami. Untuk mendapatkannya, tentunya harus menyelam di lautan. Tetapi kini masyakata kota tak perlu repot-repot mencarinya di laut namun bisa dibeli di supermarket.

Japanesa Wakame, Sayuran Laut Pencerah Alami Kulit

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Kandungan Alami Sayuran Wakame:

Wakame sendiri merupakan sayuran laut yang hampir mirip dengan rumput laut. Wakame memiliki peran besar dalam memberi gizi untuk harian yakni sekitar 17,5 cangkir untuk perempuan dan 21 cangkir untuk pria. Sama dengan kebanyakan sayuran hijau lain, rumput laut yang satu ini lebih rendah kalori yakni hanya 20 kkl. Sementara gizi atau nutrisi penting yang terkandung diantaranya:

  • Vitamin K. Wakame mengandung vitamin K dan nutrisi yang mudah larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki peranan penting untuk penyempurna trombosit yakni pembekuan darah. Vitamin K membantu tubuh mengirim sinyal saat terjadinya luka sehingga penggumpalan darah bisa terjadi dengan cepat dan luka bisa diatasi. Satu porsi sayuran ini akan memenuhi kebutuhan serat, kalsium dan protein setara brokoli dan kacang-kacangan.
  • Kalsium. Kalsium berperan untuk meningkatkan asupan mineral dalam tubuh sehingga membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium bagi tubuh sangat dibutuhkan jaringan tulang untuk kehidupan serta meningkatkan kekuatan otot dan sel untuk bisa mempertahankan sistem saraf.
  • Zat Besi. Beberapa jenis rumput laut khususnya wakame ini mengandung zat besi yang berguna untuk tubuh bisa menghasilkan energi untuk bahan bakar. Zat besi juga berperan dalam menyehatkan sistem peredaran darah, mencegah anemia, mengembalikan kulit yang pucat dan mencegah sesak napas.
  • Serat Alami. Wakame atau rumput laut memang superfoot paling sehat terbukti didalam sayuran ini terkandung sumber serat alami yang bisa membantu memperbaiki pencernaan serta mengurangi penyerapan lemak. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson dari Newcastle University, rumput laut ini bisa bantu mengurangi lemak hingga 75 persen, membuat tubuh lebih kenyang dan mencegah perut mengkonsumsi makanan berlebih. Menambah asupan super food ini ke dalam menu diet bisa membantu menurukan berat badan dan mengontrol kolesterol.
  • Asam  Lemak Omega 3. Untuk bisa mendapatkan sumber lemak omega 3 tak hanya berasal dari ikan laut atau biji-bijian melainkan juga mengkonsumsi rumput laut ini. Selain kaya serat, wakame juga menyediakan lemak yang sehat. Jenis lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol sehat dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Asam lemak Omega-3 juga berperan sebagai anti radang.
  • Yodium. Wakame juga kaya akan yodium atau mineral penting untuk membangun keseimbangan cairan dalam tubuh. Yodium atau garam sehat ini mampu memenuhi kebutuhan harian, berperan dalam mengontrol fungsi tiroid hingga membantu menjaga memetabolisme lemak tubuh menjadi energi.
  • Antiokasidan. Tak kalah pentingnya, wakame adalah sumber antioksidan penting yang berperan dalam menjaga kesehatan sel dan kulit. Antioksidan alaminya mampu mencegah masuknya zat radikal bebas ke dalam tubuh, membuat kulit sehat dan halus bahkan menguatkan rambut.

Japanesa Wakame, Sayuran Laut Pencerah Alami Kulit

Manfaat Sayuran Wakame Untuk Kesehatan Kulit:

Wakame dengan nama latin undaria pinnatifida ini sering dikonsumsi masyarakat Jepang dan dijadikan menu campuran sup miso. Rasa wakame yang segar dengan aromanya yang khas dan sedikit asin juga sering dijadikan salad. Ketika dikunyah, tekstur wakame terasa lebih renyah dan lembut. Berikut ini sejumlah manfaat baik wakame bagi kesehatan tubuh dan kulit.

  •  Membantu Mengurangi Jerawat

Jerawat yang membandel bisa menurunkan rasa percaya diri baik pria ataupun wanita. Salah satu permasalah kulit ini bisa membuat wajah jadi gatal, kemerahan bahkan meningkatkan iritasi. Untuk membantu mengurangi masalah jerawat, Anda bisa gunakan ramuan Wakame dengan cara mengkonsumsinya. Makanan ini bisa dibuat sebagai sup atau campuran bahan lainnya tergantung selera. Bisa juga dijadikan masker untuk dioles pada bagian wajah.

  • Mengobati Kulit Gatal-gatal

Kulit kering bisa jadi penyebab gatal sehingga harus diatasi dengan sebaik mungkin. Gatal kulit juga akibat dari aktivitas bakteri dan jamur yang ada di permukaan kulit. Bisa jadi karena jarang mandi atau membersihkan badan dan pakaian. Untuk mengatasinya, coba konsumsi wakame baik dalam bentuk sup atau dimakan langsung. Dan rasa gatalpun akan musnah beberapa saat.

  • Kulit Tampak Awet Muda

Berkat zat antioksidannya, wakame dipercaya ampuh mengatasi kerutan di kulit sehingga membuatnya tampak awet muda. Serat alami pada wakame juga berperan menghidrasi kulit sehingga bebas kering dan kusam. Mengkonsumsi satu cankir sup wakame bisa memberi asupan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit dari dalam.

  • Memutihkan kulit

Beberapa produk kecantikan kulit melibatkan tanaman ini sebagai bahan baku untuk mencerahkan dan melembutkan kulit. Bahkan kini sudah ada produk kecantikan yang menggunakan wakame. Namun Anda masih bisa merasakan khasial alami tanpa harus menggunakan produk. Yakni dengan cara mengkonsumsi sup wakame secara rutin dan dapatkan khasiat kulit cerah dan mulus secara alami.

  • Melebatkan rambut

Tak hanya baik bagi kulit, ternyata wakame bisa dipakai untuk bahan alami melebatkan rambut. Sup wakame bisa dinikmati dengan sehat dan sederhana. Wakame berperan dalam mengaktifkan sel rambut dan akar dengan baik. Kandungan spektrum lengkap dari mineral chelated membuatnya mudah diserap oleh akar rambut, mengangkat sel kulit mati penyebab ketombe dan membuat rambut lebih berkilau.

Itulah sederet khasiat nyata tanaman wakame yang bisa dijadikan sup yang melezatkan. Setelah membaca artikel ini, apa Anda tertarik mencoba sup wakame?

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top