Makanan Kesehatan

Jangan Anggap Remeh, Inilah Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai bermacam manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satun alasannya adalah karena buah ini memiliki kandungan baik di dalamnya. Artikel kali ini akan mengulas berbagai manfaat buah pisang bagi kesehatan. Berdasarkan situs manfaat.co.id, satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang juga terdapat berbagai vitamin dan mineral, berikut rinciannya :

manfaat buah pisang bagi kesehatan

Sponsor: cream perawatan wajah

  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg

Selama ini kita kerap meremehkan pisang. Atau bahkan menganggap bahwa buah ini hanyalah makanan monyet. Ternyata kita salah besar. Pisang sangat baik bagi kesehatan. Terlebih buah tersebut juga sangat boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab nutrisi pada pisang seperti kalium dan fosfat dapat berfungsi untuk membantu tumbuh kembang janin. Di samping itu buah pisang bermanfaat guna  menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor pada tubuh.  Yang mana zat-zat tersebut bisa membantu perbaikan dan regenerasi jaringan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat jika kita rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari :

  1. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Bila anda sedang hamil, maka sangat dianjurkan untuk konsumsi buah pisang secara rutin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pisang mengandung asam folat yang tinggi sehingga berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang janin, pembentukan sel-sel baru serta mampu mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang saja sudah mengandung sekitar 85-100 kalori. Terlebih kalau konsumsi dua buah, dijamin kebutuhan asam folat—kurang lebih sekitar 58 mikrogram—dapat  terpenuhi hanya dengan makan buah ini. Selain itu pisang pula dapat dijadikan camilan. Sebab akan membantu menjaga kadar gula.

  1. Dapat Membantu Anda dalam Proses Diet

Bila anda memiliki masalah berat badan, ingin diet, tetapi bingung makanan yang dapat membantu proses diet anda, tambahkan saja buah ini kedalam menu makan harian diet. Kandunga karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa. Selain itu juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Namun pisang jangan diolah menjadi makanan seperti pisang goreng, kolak, maupun banana milk shake, ya. Karena kandungan akan berubah. Serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme yang bisa membuat berat cepat turun. Setelah ini, jangan ragu untuk mencobanya, ya.

  1. Membantu Melancarkan Proses Metabolisme

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa pisang mengandung serat cukup tinggi. Sementara serat memiliki manfaat dalam membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Itulah mengapa bagi anda yang sering mengalami kesulitan saat buang air besar, disarankan untuk konsumsi pisang secara rutin.

  1. Buah Pisang Bisa Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Kandungan potassium dalam buah pisang berguna untuk melancarkan aliran oksigen ke otak. Sehingga mampu meningkatkan konsentrasi. Barangkali anda mempunyai masalah seperti kurang konsentrasi atau tidak bisa fokus, coba atasi dengan makan pisang sebelum memulai sesuatu/pekerjaan.

  1. Mampu Mengobati Penyakit Anemia

Buah pisang kaya akan zat besi. Manfaat dari zat besi adalah meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat meningkatkan zat besi. Sangat baik bagi penderita anemia.

  1. Buah Pisang Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Rupanya buah pisang bisa mencegah penyakit jantung, lho. Diketahui jika salah satu penyebab penyakit jantung yakni karena adanya oksidasi lemak dalam tubuh. Pisang kaya akan vitamin C dan flavonoid. Sementara kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak dalam tubuh. Sehingga dengan makan buah lezat ini bisa memperkecil risiko penyakit jantung.

Di samping itu, zat kalium dalam buah pisang juga merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya pun membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang berfungsi melawan virus. Membuat tubuh terasa kian segar dan tidak cepat lemas. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang bekerja setiap harinya. Buah pisang bisa menjadi suplemen alami. Konsumsi ini setiap pagi sebagai menu sarapan pagi.

  1. Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Pisang mengandung zat Kalium yang dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah akan kembali stabil.

  1. Dapat Menyembuhkan Luka Bakar

Tidak hanya bagi kesehatan, pisang juga berguna untuk mengobati luka bakar. Jika anda punya luka bakar, pakai obat alami ini. Caranya mudah sekali. Tinggal haluskan buah pisang, lalu oleskan di daerah kulit yang terbakar.

  1. Sebagai Penyeimbang Cairan dalam Tubuh

Sewaktu tubuh anda mengalami kekurangn cairan, maka tubuh Aakan mengalami dehidrasi. Salah satu cara untuk mencegah dehidrasi adalah dengan menjaga keseimbangan kadar cairan  dalam tubuh yang salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah pisang.

Wah. Ternyata pisang mempunyai beraga manfaat bagi kesehatan tubuh ya. Selain murah, enak, dan juga sehat. Jadi mulai sekarang jangan suka meremehkan buah pisang, ya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top