Makanan Kesehatan

Jamur Enoki Si Lezat Pencegah Kanker

Jamur Enoki Si Lezat Pencegah Kanker

Jika Anda termasuk orang yang gemar menyantap hidangan jamur seperti jamur tiram, jamur kancing atau jamur kuping, bagaimana dengan jamur Enoki? Jamur enoki ini memiliki ciri dengan bentuk kepala jamurnya kecil dan batang memanjang. Selain bisa dikonsumsi, enoki mengandung banyak nutrisi serta manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi. Beberapa menyebut jika enoki dapat menjadi obat ampuh pencegah kanker.

Sponsor: perawatan wajah

Jamur enoki si lezat pencegah kanker yang unik ini adalah jenis jamur yang bisa dikonsumsi dengan aman. Bentuknya yang menyerupai batang berwarna putih ini dikenal dengan nama ilmiah Flammulina velutipesini sering dijadikan sajian dalam sup dan berbagai hidangan. Jamur enoki juga bisa disimpan cukup lama jika diletakkan dalam lemari es. Jamur dengan segudang nutrisi bisa bertahan dalam suhu dingin hingga satu minggu. Jadi, jika Anda tak membeli jamur dalam jumlah banyak, jangan khawatir sebab jamur enoki tidak mudah busuk.

Jamur Enoki Si Lezat Pencegah Kanker

Kandungan nutrisi dan manfaat jamur enoki

Ada sejumlah kandungan nutrisi yang begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setiap 100 gram jamur enoki terdapat air, energi, sumber karbohidrat, kalium berupa potasium, senyawa fosfor, niacin, magnesium, folat, dan vitamin D. Sebanyak 99,7% kandungan alami jamur adalah antioksidan yang berperan sebagai zat pencegah masuknya radikal bebas kedalam tubuh. Jenis antioksidan jamur adalah ergothioneine yang dipercaya ampuh lindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan spesies nitrogen reaktif juga radiasi bebas Ultra Violet yang sering kita temui.

Jamur enoki mengandung polisakarida yakni suatu zat yang seing digunakan untuk bahan makanan sehat dan bahan untuk produk kosmetik. Enoki mengandung serat alami yang bisa mengurai kolesterol dan trigliserida, lemak jahat hingga fosfolipid dalam hati. Serat alaminya bahkan dua kali lebih baik dibanding sayur kol. Terdapat mycosterol pada jamur bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dan LDL dalam darah.

Lebih hebatnya, jamur enoki memiliki zat antitumor flammulin yang berperan sebagai agen pencegah kanker payudara pada wanita. Zat antitumor flammulin mampu bekerja secara total untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara.

Mineral lain yang terkandung pada jamur enoki adalah hampir memiliki semua vitamin B terutama vitamin B2 berupa ribofl avin, vitamin B3 yakni niacin, vitamin B5 seperti asam pantotenat dan vitamim B7 yakni biotin. Setiap 100g enoki terkandung 26% protein cocok untuk memberi nutrisi pertumbuhan anak sehingga anak tidak mudah sakit. Terakhir, enoki sangat kaya asam amino seperti lysine, valine, dan ergothioneine yang sangat baik untuk perkembangan otak. Jamur enoki memiliki kadar kalori hanya 35-100kkal per 100 gram nya sehingga cocok untuk yang sedang berdiet.

Jamur Enoki Si Lezat Pencegah Kanker

Olahan Jamur Enoki Yang Lezat

Salah satu resep yang bisa Anda sajikan dengan menu jamur enoki ini adalah tumis jamur enoki dan buncis. Rasanya yang manis membuat jamur ini jadi menu masakan favorit warga Korea, Jepang, Vietnam dan Tiongkok. Jika Anda tertarik, salah satu menu yang bisa dicoba adalah tumis jamur dengan buncis.

Bahan dan cara memasak:

Bahan yang harus dipersiapkan adalah 2 sdm bawang putih yang telah di cincang halus, satu buah wortel, 3 cangkir buncis yang telah di potong-potong kecil, 1/4 cangkir jamur enoki, setengah cangkir saus teriyaki, 1 cangkir daun bawang yang telah dipotong, 2 sdm air dan minyak secukupnya.

Cara memasak bisa dimulai dengan merebus jamur enoki ke dalam air yang telah mendidih. Masak selama satu menit lalu angkat dan sisihkan. Selanjutnya panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga beraroma wangi. Berikutnya masukkan wortel, buncis, juga air dan masak selama 2 menit. Supaya lebih nikmat, masuklam saus teriyaki sambil diaduk rata selama 3 menit. Tunggu sampai saus meresap dan semua bahan matang. Terakhir, masukkan jamur enoki beserta daun bawang dan sajikan dengan sepiring nasi.

Jamur Enoki Si Lezat Pencegah Kanker

Tips Memilih Jamur Enoki

Jamur enoki atau enokitake yang dibudidayakan memiliki bentuk seperti tauge dengan batang putih halus panjang serta payung jamur seperti jarum pentul. Di Indonesia jamur banyak dijumpai di batang pohon kesemek, tumbuh di daerah tinggi.

Sebelum siap meracik jamur enoki ada baiknya Anda tahu cara memilih jamur mana yang baik dikonsumsi. Sama dengan sajian jamur lainnya, ada beberapa langkah saat memilih jamur yang berkualitas. Pertama pilihlah jamur yang masih menyatu antara batang dengan akarnya. Jangan pilih jamur yang sudah terlepas antara bagian batang dengan akar. Jamur enoki yang ada di Indonesia kebanyakan hasil dari budidaya sehingga saat membeli pastokan pilih yang masih segar dan bersih.

Jangan beli jamur dalam bentul kalengan, pilih yang teksturnya keras dan warna putih berkilau. Supaya rasa jamur tak hilang bisa simlan dalam lemari es dan bungkus dengan plastik bersih. Sebelum diolah, pastikan cuci bersih jamur, lalu siram dengan air mengalir selama 10 menit dan lap dengan handuk kecil. Pastikan jamur higienis sebelum diolah. Dan saat diolah usahakan masukkan jamur di akhir memasak supaya cita rasanya lebih renyah dan lezat. Jika ingin lebih enak, bisa dikonsumai secara mentah dengan menambahkan salad, sebagai tambahan campuran sandwich atau makanan snack yang bergizi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top