Makanan Kesehatan

Jaga Kesehatan Diri dengan Makanan yang Mampu Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit sangat mematikan bagi manusia. Sampai sekarang belum ada obat yang ampun untuk membunuh sel kanker. Biasanya kanker hanya dihambat dengan kemoterapi, namun itupun tidak menjamin pertumbuhan sel kanker berhenti. Suatu saat bisa berkembang biak kembali. Jadi salah satu upaya adalah pencegahan dengan jaga kesehatan, rutin olahraga dan konsumsi makanan yang mampu mencegah kanker.

Makanan yang mampu mencegah kanker

Sponsor: dr rochelle skin expert

Setiap penyakit pasti punya penyebabnya, termasuk kanker. Sehingga akan lebih baiknya apabila kita menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Pada artikel seelumnya pernah kita bahas mengenai beberapa faktor penyebab kanker, di antaranya:

  1. Radiasi

Orang yang kerap terkena paparan radiasi dapat menimbulkan kanker. Radiasi ada pada frekuensi radio, frekuensi telepon seluler, frekuensi dari laptop, dan mesin CT Scan.

  1. Ketidakseimbangan Hormon dalam Tubuh

Pada dasarnya pada tubuh terdapat dua hormone, yakni hormone estrogen dan hormone progesterone. Jika dalam tubuh tinggi  kadar estrogen, bisa jadi sebagai  pertanda meningkatnya risiko terkena kanker reproduksi seperti kanker payudara dan endometrium. Pun dengan kandungan hormone progestoren yang rendah akan kian mempercepat terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Maka darinya kekurangan hormone progesterone pula mampu menyebabkan pertumbuhan sel kanker semakin cepat.

  1. Makanan Instan atau Cepat Saji

Memang zaman serba cepat menunut kita untuk beraktivitas yang lebih praktis atau cepat. Tak terlepas dengan makan, yang membuat orang-orang lebih memilih makanan siap saji atau instan. Terlebih sekarang banyak bermunculan makanan cepat saji ataupun instan seperti mi, dan masih banyak lagi. Serta ikut menjamurnya resto makanan cepat saji yang tidak jarang menjadi favorite masyarakat. Kelebihan memilih makanan cepat saji adalah dapat menghemat waktu dan enak. Namun makanan instan dan siap saji cenderung tidak ada gizi. Justeru mengandung lebih banyak zat kimia yang bisa meningkatkan resiko kanker.

  1. Radikal Bebas

Radikal bebas adalah suatu atom dari suatu molekul yang memiliki electron bebas, yang tidak berpasangan pada lingkaran atau orbit luarnya sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil. Radikal bebas dapat memicu timbulnya zat kanker. Terdapat beberapa jenis radikal bebas seperti polusi, asap rokok, sinar ultraviolet A, sinar ultraviolet B, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau, seperti sawi, dan brokoli sebagai penangkal radikal bebas.

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat macam merokok, minuman alkohol, itu semua bisa memicu penyakit kanker. Salah satunya, rokok. Kita sering melihat di  bungkus rokok, bahwa rokok dapat menyebabkan kanker seperi kanker paru-paru, kanker getah bening, dan selainnya. Kita pun sering melihat di iklan televise mengenai perokok yang menderita kanker.

  1. Usia

Menurut salah sau penelitian bahwa usia di atas 45 tahun lebih mudah terserang penyakit kanker. Karena semakin bertambahnya usia, sistem imun dalam tubuh juga kian berkurang. Makanya lebih mudah terkena penyakit.

  1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan dengan tinggi lemak dapat memicu berbagai penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker usus besar. Sementara asupan rendah serat pun dapat meningkatkan resiko penyakit kanker usus besar. Tidak hanya itu, saat terjadi peningkatan pada asupan fitoestrogen juga meningkatkan resiko kanker payudara. Jadi ebih baik hindari makanan berlemak seperti santan, soto, bakso, dan selainnya. Pula hindari makanan berserat serta mempunyai kandungan fitoestrogen yang tinggi.

  1. Kurang Olah Raga

Seorang yang kurang olahraga, potensi terkena kanker lebih besar ketimbang yang rajin olahraga. Karena tubuh yang memiliki lemak berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Sehingga kurangnya olahraga sama saja membiarkan lemak di dalam tubuh semakin bertambah.

  1. Faktor Genetik

Faktor genentik juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab. Jika ada anggota keluarga yang mempunyai latar belakang terkena penyakit kanker, keturunannya juga lebih mudah terserang risiko penyakit kanker. Memang sedikit sulit dihindari, pada faktor ini. Tetapi masih bisa dikendalikan dari faktor lingkungan, kok.

Setelah kita mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kanker, agar perlindungan lebih maksimal lagi sebaiknya kita juga konsumsi makanan pencegah kanker, seperti:

  1. Brokoli

Brokoli merupakan makanan yang terkenal dapat mencegah timbulnya sel kanker. Sebab brokoli mengandung senyawa aktif glukosianat. Glukosianat sendiri menghasilkan enzim-enzim pelindung sel dalam tubuh. Enzim tersebutlah yang berfungsi mencegah kanker.

Sebaiknya dalam mengonsumsi brokoli tidak dimasak terlalu lama. Rebus atau kukus beberapa waktu saja supaya nutrisi tidak banyak yang hilang.

  1. Tomat

Tomat selain tinggi air juga tinggi akan kandungan likopen. Likopen adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa melawan penyakit kanker dengan cara meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam menangkal kerusakan sel.

Berkebalikan dengan brokoli, tomat justeru semakin baik bila dimasak dengan waktu lama. Karena panas akan merangsang kandungan likopen dalam tomat.

  1. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman popular yang mengandung banyak kebaikan, salah satunya mencegah kanker. Senyawa-senyawa aktif macam cathecine, xanthine, EGCG, dan epicatechin bisa mencegah perkembangan sel kanker. Sehingga teh hijau sangat bagus dijadikan sebagai penangkal pengaruh radikal bebas.

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal, tetapi rupanya menurut beberapa penelitian jahe dapat menjadi pencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Anda dapat konsumsi jahe secara rutin setidaknya sekali dalam sehari.

Harapannya anda bisa konsumsi makanan-makanan di atas dengan cara pengolahan yang benar ya. Agar manfaat yang didapat juga maksimal nantinya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top