Manfaat Tanaman

Jadi Obat Tradisional, Apa Saja Manfaat Tanaman Gambir?

 Jadi Obat Tradisional, Apa Saja Manfaat Tanaman Gambir?

Tanaman gambir memang dikenal dejak dulu sebagai obat herbal sejuta manfaat. Tanaman ini dijadikan satu diantara ribuan resep jamu tradisional zaman Keraton Solo dan Yogya. Tanaman yang sudah dikenal di Indonesia sejak abad ke-18 silam ini memang mengandung sejumlah senyawa termasuk antiseptik alami. Sehingga membuat manfaat tanaman gambir bagi kesehatan ini bisa dijadikan obat alternatif untuk kesehatan sekaligus bahan alami untuk kecantikan kulit tubuh, wajah dan rambut.

Sponsor: cream pemutih wajah

Jadi Obat Tradisional, Apa Saja Manfaat Tanaman Gambir?

Menurut Prof Dr Eko Baroto Walujo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jamu memang jadi produk masyarakat untuk pengobatan tradisional. Hal serupa juga berlaku pada tanaman gambir. Rasa khas dan pahit nya tanaman ini namun saat dikunyah lama maka rasanya akan berubah lebih manis. Meski begitu ada banyak manfaat untuk tubuh.

Menurut beberapa sumber terkait tanaman ini telah banyak disebut jika gambir mengandung beragam manfaat yang secara tradisional memang terbuktik. Dari hasil yang diketahui, dijelaskan bahwa ada kandungan antioksidan bernama katekin yang berguna sebagai anti penyakit, anti bakteri terutama bakteri Streptococus Mutans penyebab munculnya plak gigi. Katekin sendiri merupakan unsur senyawa alami yang berperan sebagai antioksidan dan super oksidan yang berguna untik pencegahan berbagai penyakit, dan bermanfaat dalam pembentukan kolagen dalam kulit.

Tak cuma di situ saja, didalam daun gambir ada bahan alami atau terdapat antibakteri lain yakni flavonoid yang berguna untuk mengobati beberapa tipe penyakit degeneratif, atau penyakit tidak menular. Dan sebagian orang pun percaya bahwa gambir bisa dipakai sebagai obat cuci untuk luka bakar, kudis, obat diare dan disentri, serta obat kumur untuk atasi sakit lada area tenggorokan dan obat atasi masalah mulut termasuk sariawan.

Tanaman dengan nama latin Uncaria gambir (hunter) robx ini pada dasarnya bisa dikonsumsi melalui ekstraknya. Agar lebih bermanfaat lagi, maka tanaman ini perlu dikadikan ekstrak dengan cara melalui enam tahapan. Cara tersebut yakni perebusan dan penguapan daun serta ranting, proses pengendapan, penirisan, mencetak dan pengeringan.

Menurut pakar kesehatan dari Indfonesia bernama Nanang Yunarto, M.S, Apt dari Kementerian Kesehatan dalam acara seminar atau workshop yang bertajuk kesehatan dengan judul tentang ‘Tanaman Obat Gambir ‘ di Gedung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2016 silam menjelaskan bahwa ada metode yang boleh dilakukan agar ektrak gambir bisa dikonsimso yakni  dengan cara mengungkusnya lalu dilarutkan dalam air. Pilih mengkukus daun dan bukan direbus. Lakukan dengan wadah stainless hingga daunnya layu dan dipres hingga mengeluarkan cairan. Cairan tersebut lalu dikeringkan jadilah ekstrak gambir yang siap dikonsumsi.

Itulah singkat kata seputar tanaman gambir yang lama dipercaya sebagai herbal sejak zaman kuno. Beberapa manfaat diatas semoga dapat bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top