Makanan Kesehatan

Jadi Favorit Raja Salman, Beras Basmati Cocok Untuk Diet

Jadi Favorit Raja Salman, Beras Basmati Cocok Untuk Diet

Semenjak kedatangan Raja Saudi ke Tanah Air pada awal bulan Maret 2017, ada satu kuliner istimewa yang disukai oleh sang raja. Bukan hanya tekstur dan rasanya yang berbeda, tetapi juga khasiatnya yang digadang-gadang mampu menurunkan berat bada. Yah, apa lagi kalo bukan nasi basmati yang memiliki citarasa lezat ala Asia Tengah. Nasi basmati, mendengar namanya saja mungkin akan asing di telinga kita. Raja Salma yang berusia 81 tahun itu masih terlihat bugar karena rahasiannya ternyata ada dalam menu makanan yang disantapnya.

Jadi Favorit Raja Salman Beras Basmati Cocok Untuk Diet

Sponsor: kezia skin expert

Nasi yang dikonsumsi oleh Raja Arab tersebut memang berasal dari beras basmati yang ternyata kaya serat dan cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Nasi yang berasal dari beras basmati cocok untuk diet itu memang menjadi makanan favorit masyarakat Arab Saudi. Selain bentunya yang lebih panjang, saat diolah menjadi nasi yang siap maka justru hanya menyisakan sedikit kalori. Dalam penelitian, mengkonsumsi seporsi nasi ini hanya menghasilkan 150 kalori, 1.5 gram lemak, 33  gram karbohidrat, 2 gram serat dan 4 gram protein. Karena kalorinya yang rendah, beras ini sangat cocok buat yang ingin menurunkan berat badan atau bahkan menjada berat badan tetap ideal.

Manfaat beras basmati yang tak banyak masyarakat Indonesia tahu:

  • Mengontrol nafsu makan

Beras basmati sangat cocok untuk program diet karena mampu mengontrol nafsu makan dan mencegah rasa lapar yang berlebih. Beras basmati sangat mudah dicerna sehingga baik untuk lambung dan usus. Saat dimasak, beras basmati akan menghasilkan aroma sedap yang nikmat. Masarakat Arab lebih senang menyantap nasi ini bersama dengan daging dan sayuran hijau. Tetapi bagi Anda yang ingin mencoba, bisa dengan mencampurkan papikra, bawang merah, sayuran atau buncis.

  • Mengurangi resiko kanker usus besar

Sebagai salah satu menu utama, nasi basmati yang dikonsumsi mengandung banyak serat alami yang dapat meminimalisir terjadinya kanker pada usus besar. Beras ini cukup berbeda dari beras pada umumnya karena kandungan seratnya jauh lebih banyak. Peneliti mengungkap bahwa beras berwarna coklat masih memiliki serat alami yang banyak. Sedangkan studi lain mengungkap jika orang yang mengkonsumsi nasi sekitar 30 30 gram per harinya, akan mengurangi resiko kanker usus hampir 30%.

  • Bebas kolesterol

Masyarakat Arab terkenal doyan makan dengan daging kambing sebagai menu pelengkap utama. Daging kambing dan sejenisnya menjadi salah satu penyumbang penyakit kolesterol. Sedangkan mengkonsumsi nasi basmati sendiri, dapat mengurangi kandungan kolesterol karena hanya memiliki sedikit lemak. Nasi ini juga tidak mengandung gluten yang menobatkan nasi basmati sebagai makan pokok yang direkomendasikan.

  •  Rendah glukosa

Yang menjadi nasi basmati lebih sehat disantap yaitu rendahnya kadar gula. Nasi basmati memiliki indeks glikemik lebih rendah terutama nasi yang berwarna coklat. Bagi penderita diabetes, sangat disarankan untuk mengkonsumsi nasi ini. Selain menyehatkan, juga mengurangi asupan gula berlebih yang menjadi pantangan bagi para penderita diabetes.

  • Kenyang lebih lama

Rahasia diet sehat dengan nasi basmati yaitu saat dikonsumsi memberikan efek kenyang lebih lama. Nasi ini sangat baik dicerna dan tahan lama di dalam lambung. Hasilnya, membuat orang yang mengkonsumsinya tahan untuk lapar. Nasi ini juga bisa menjadi alasan Anda mengurangi jumlah ngemil yang berlebih sekaligus melancarkan BAB.

0
0%
like
0
0%
love
3
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top