Inspiration

Inspirasi dari Sikap Jokowi yang Patut Dicontoh

Joko Widodo telah lama resmi menjabat sebagai Presiden Indonesia untuk periode 2014 – 2019. Selama lima tahun mendatang, pria yang akrab disapa Jokowi ini akan memimpin bangsa Indonesia dengan ide-ide cemerlang yang telah disusun. Begitu banyak inspirasi dari sikap Jokowi yang bisa kita tiru. Sebab rasanya jaman sekarang jarang ada sosok presiden macam beliau.

Inspirasi dari sikap Jokowi

sponsor: pemutih wajah

Sebelum berstatus sebagai Presiden, Jokowi sempat menduduki tahta Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya lagi sebagai walikota Solo. Justeru nama Jokowi mulai dikenal saat beliau menjabat sebagai Walikota Solo. Sosoknya yang dinilai ramah dan cinta terhadap rakyat menjadikan Jokowi dieluh-eluhkan oleh segenap rakyat Indonesia.

Mereka, kami, bangsa Indonesia tentu meinginkan sosok pemimpin baru seperti Jokowi. Sampai akhirnya Jokowi bersama pasangannya, bapak Jusuf Kalla maju sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura.

Melawan rivalnya yaitu bapak Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, ternyata pasangan Jokowi – JK lebih unggul di setiap daerah. Sehingga membuat pasangan nomor urut dua ini berhasil terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2014 – 2019.

Meski menyandang status sebagai orang nomor satu di Indonesia, Jokowi akan tetap bersikap sama seperti saat beliau menduduki posisi Gubernur Jakarta. Di dalam dirinya, Jokowi mempuyai sisi positif yang layak diteladani oleh setiap orang. Seperti yang dihimpun  dari salah satu  sumber, setidaknya berikut adalah 5 sisi positif yang patut dicontoh dari Jokowi.

Biografi Joko Widodo

Informasi pribadi

Lahir                      : 21 Juni 1961 (umur 55)

Bendera               : Indonesia Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Kebangsaan       : Indonesia

Partai politik       : PDIPLogo.png PDI-P

Suami/istri          : Iriana

Anak                      : Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep

Alma mater        : Universitas Gadjah Mada

Pekerjaan           : Pengusaha, Politikus

Agama                  : Islam

  1. SEDERHANA

Dalam kesehariannya, pria kelahiran 21 Juni 1961 ini pula selalu mempunyai penampilan sederhana. Sederhana yang dimaksud di sini adalah tidak neko-neko. Coba saja anda lihat bagaimana penampilan Jokowi kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, bahkan yang sudah menjadi presiden seperti sekarang ini. Tak seperti pejabat lain yang memakai jas, Jokowi justru lebih memilih mengenakan busana favorite yakni kemeja putih atau jaket dalam menjalani blusukan ke suatu daerah. Bukan hanya itu, Jokowi terbiasa membeli sepatu murah alias tanpa merk untuk sebagai alas kakinya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama sosok presiden nan sederhana amatlah jarang.  Namun kesederhanaan ada dalam diri Jokowi.

  1. MEMENTINGKAN RAKYAT

Sewaktu mengemban tugas menjadi orang pertama di Indonesia, telahh banyak bentuk upaya yang dilakukan Jokowi demi membangun Negeri menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tak segan-segan, Jokowi mau melakukan blusukan atau turun langsung ke lapangan supaya beliau dapat memantau dan mengetahui sendiri mengenai permasalahan yang terjadi. Hal itulah yang mendasarkan pandangan publik bahwa sosok Jokowi sangan mementingkan rakyatnya.

Sudah sepatutnya seorang presiden mementingkan rakyatnya. Sebab presiden terpilih oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga apapun dan seluruh program yang disusun harus didasarkan atas kebutuhan rakyat Indonesia. Dengan begitu kebutuhan rakyat terjawan serta kepentingan rakyat terpenuhi

  1. JUJUR

Selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi selalu menanamkan sifat jujur. Begitu pula ketika bertugas menjadi orang nomor satu di Ibukota, Jokowi hampir tak pernah melebih-lebihkan dalam menyampaikan pesan-pesan kepada warga Jakarta. Saat berucap, pria asal Solo ini juga pasti berkata apa adanya tanpa ditambahkan atau dikurangkan oleh sesuatu hal.

Kejujuran harus dipunya semua orang, tak terkecuali sosok presiden. Syukurnya, bapak Jokowi kita ini memiliki sikap jujur tersebut. Tentu ini akan sangat membantu selama menjabat. Ketika jujur, beliau tidak akan melakukan tindakan korupsi.

  1. RAMAH

Presiden Indonesia periode 2014 – 2019 ini terkenal mempunyai sikap ramah dalam dirinya. Hal ini terbukti ketika beliau menanggapi pertanyaan wartawan pada setiap kesempatan. Tak hanya ramah kepada awak media saja, mantan Walikota Solo ini pun bersikap ramah kepada semua orang tanpa pandang bulu. Di samping ramah, bapak Jokowi sama sekali tak pernah menyinggung perasaan orang lain.

Memilki presiden yang ramah sangat menyenangkan. Artiya beliau mau bergaul dengan rakyat dari kalangan manapun. Inilah yang kita butuhkan. Pemimpin ramah terhadap rakyatnya.

  1. SOPAN

Selain punya sifat yang jujur, presiden Jokowi merupakan sosok yang berperilaku santun serta sopan. Bisa kita lihat setiap kali berperilaku terhadap siapapun, beliau mesti bersikap sopan santun. Juga ketika harus bersaing dalam pemilihan Presiden bersama bapak Prabowo Subianto, pak Jokowi selalu berlaku sopan terhadap rivalnya tersebut, walaupun persaingan kala itu sangat sengit. Pak Jokowi masih menganggap pak Prabowo sebagai rekan terbaiknya. Tak hanya sopan dalam tindakan, Jokowi juga mengutamakan kesantunann dalam berbicara.

Dan itulah beberapa sikap dari bapak Jokowi yang patut kita contoh, baik dalam sehari-hari ataupun semisal ke depan kalian ingin menjadi pejabat public di negeri ini. Jika suatu saat kalian menjadi pejabat public, entah itu politikus, anggota dewan, menteri, dan presiden, coba ingat sikap bapak Jokowi ini.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top