Shopping

Inilah tips berbelanja sepatu bagi pria

Umumnya kebutuhan fashion bagi seorang pria tidaklah terlalu ribet seribet para wanita. Salah satunya dalam urusan alas kaki, pilihan bagi kaum pria pasti antara sandal atau sepatu. Sedangkan para wanita mulai dari sandal, wedges, highheels, sepatu dan masih banyak lagi. Dalam hal penggunaan sepatu, agaknya saat ini mulai mengalami pergeseran dibandingkan di masa lampau. Pada masa lalu, penggunaan sepatu hanya sebatas pada kegiatan bekerja di kantor atau bersekolah. Selebihnya kebanyakn pria akan menggunakan sendal sebagai alas kakinya. Namun kini munculnya inovasi sepatu yang sangat beragam membuat para pria memiliki kecenderungan menggunakan sepatu tidak hanya sebatas untuk bekerja atau bersekolah saja. Untuk sekadar jalan-jalan di mall, atau nongkrong bersama teman-teman mereka saat ini lebih memilih menggunakan sepatu. Oleh karena itu tidak heran rasanya bila berbelanja sepatu bagi pria adalah hal yang sering mereka lakukan.

Tips berbelanja sepatu bagi pria

Sponsor – cream pemutih wajah

Meskipun terbilang sering untuk membeli sepatu, namun tidak banyak rupanya para pria yang mengetahui tips berbelanja sepatu agar mereka tidak menyesal setelah membeli sepatu. Inilah hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbelanja sepatu pria.

Pahami kebutuhan anda dalam menggunakan sepatu

Ini adalah hal yang sangat mendasar sebelum anda berangkat menuju toko sepatu. Pahami dahulu apa kebutuhan anda dalam menggunakan sepatu. Misalnya anda hendak membeli sepatu untuk bekerja di kantor atau anda ingin membeli sepatu untuk digunakan saat mendaki gunung, ataukah anda hendak membeli sepatu untuk digunakan sekadar jalan-jalan di taman atau mall.

Mengapa anda perlu memahami kebutuhan anda dalam menggunakan sepatu? Sebenarnya memahami kebutuhan dalam menggunakan sepatu tidak hanya berfungsi untuk menentukan model sepatu apa yang harus anda beli. Lebih dari itu, dengan memiliki pemahaman kebutuhan diri dalam menggunakan sepatu anda juga bisa memiliki gambaran kenyamanan seperti apa yang harus anda rasakan saat menggunakan sepatu tersebut, seberapa kekuatan sepatu sesuai dengan medan tempat ia digunakan, hingga bahan apa yang harusnya menjadi bahan baku pembuatan sepatu. Apabila anda tidak memahami betul kebutuhan anda dalam menggunakan sepatu maka bisa saja anda salah dalam membeli sepatu. Contohnya anda memerlukan sepatu untuk bekerja di kantor sebagai administrator. Namun anda membeli sepatu formal yang ternyata memiliki pelindung besi di bagian ujungnya. Hal ini tidaklah anda perlukan mengingat pekerjaan anda bukanlah sebagai teknisi melainkan hanya sebagai administrator. Dan justru sepatu yang seperti ini meskipu tampak luar cocok untuk pekerja kantoran, namun ketika digunakan akan terasa berat dengan ujungnya yang terbuat dari besi. Ini tentu akan menghambat pekerjaan anda sebagai administrator.

Perhatikan kekuatan sol sepatu

Umumnya permasalahan yang seringkali muncul dalam penggunaan sepatu adalah sol atau bagian sepatu paling bawah yang umumnya terbuat dari bahan karet ini terkelupas dari badan sepatu yang terbuat dari kulit sintetis, kain, atau yang lainnya. Oleh karena itu ketika memilih sepatu anda harus perhatikan pula kekuatannya sol sepatu anda. Disini lagi-lagi anda harus menjadikan kebutuhan dalam menggunakan sepatu sebagai acuan untuk menilai apakah sol sepatu tersebut sudah cukup kuat untuk digunakan atau belum. Contohnya adalah ketika anda ingin menggunakan sepatu hanya untuk berjalan-jalan di taman maka anda bisa memilih sepatu yang memiliki sol cenderug rata tanpa adanya gelombang yang berlebihan. Hal ini dikarenakan medan jalan yang akan anda lalui kemungkinan rata seperti aspal, trotoar jalan atau ubin keramik di pusat perbelanjaan. Selain itu sepatu yang menggunakan sistem press untuk merekatkan sol sepatu dan badan sepatu rasanya sudah cukup kuat untuk digunakan. Karena anda tidak perlu berlari, melompat atau memanjat ketika berjalan-jalan di taman atau pust pebelanjaan. Berbeda bila anda ingin menggunakan sepatu untuk pendakian maka anda membutuhkan sol sepatu yang tebal dan bergelombang untuk menghindari kejadian slip atau terpeleset ketika mendaki. Untuk sistem perekatan sol dan badan sepatu anda bisa memilih sepatu yang menggunakan sistem jahit. Ini sangat kuat untuk digunakan pendakian.

Perhatikan bahan baku sepatu

Bahan baku sepatu juga mempengaruhi kenyamanan kita saat menggunakan sepatu tersebut. Jangan sampai ketika mengenakan sepatu untuk suatu kegiatan, memang betul secara model sepatu dapat dikatakan cocok. Namun ketika digunakan malah kita merasa tidak nyaman. Alhasil  kita mungkin hanya sekali saja menggunakan sepatu tersebut, setelah itu kapok dan tidak ingin mengenakan sepatu tersebut lagi.

Bahan-bahan pembuatan sepatu sangat beragam sekali. dan dalam memilih bahan pembuat sepatu ini kita juga harus menjadikan kebutuhan kita dalam menggunakan sepatu sebagai acuan. Contohnya dalam memilih sepatu untuk pergi ke kantor sebagai pekerja biasa bukan teknisi proyek, maka kita bisa memilih sepatu yang memiliki bahan kulit sintetis. Tidak hanya itu kita juga harus memastikan seberapa fleksibel dan elastis bahan tersebut. Semakin elastis maka semakin bagus. Karena ketika tertekuk saat digunakan berjalan tidak akan meninggalkan bekas tekukan di sepatu tersebut. Begitu pula ketika anda ingin menggunakan sepatu untuk pendakian, anda lebih baik memilih sepatu yang terbuat dari bahan tebal dan bersifat waterproof. Hal ini dimaksud untuk menjaga kaki anda agar selalu hangat ketika berada di ketinggian dengan suhu rendah.

Itulah beberapa tips dalam berbelanja sepatu. Selamat berbelanja.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top