Shopping

Inilah manfaat belanja buku dibandingkan belanja baju

Awal bulan adalah momen yang paling dinantikan oleh semua orang. Selain bergantinya bulan di awal bulan pula umumnya orang-orang menerima gaji atas kinerjanya dari perusahaan. Oleh karena itu awal bulan juga identik dengan waktunya berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari. Namun kabanyakan orang menggunakan gajinya setiap bulan selain untuk berbelanja kebutuhan sehhari-hari untuk sattu bulan kedepan, mereka juga akan menggunakan gaji mereka untuk membeli pakaian. Apalagi saat ini berbegai bacam online shop membuat mereka semakin mudah untuk berbelanja pakaian. Hingga tahu-tahu lemari pakaiannya sudah tidak muat lagi dan membutuhkan lemari yang baru. Sedangkan alokasi dana yang mereka keluarkan untuk membeli buku tidak sebanding dengan alokasi dana untuk membeli pakaian. Padahal inilah manfaat belanja buku dibandingkan dengan berbelanja baju yang tidak banyak di sadari oleh orang kebanyakan.

Inilah manfaat belanja buku

Sponsor – kezia skin expert

Mendengar kata berbelanja umunya orang-orang akan merujuk pada persepsi membeli kebutuhan pokok dan juga pakaian. Sangat jarang sekali mendengar kata berbelanja dan mereka membayangkan membeli buku. Padahal secara nilai penting, membeli buku jauh lebih bermanfaat dibandingkan membeli sebuah baju. Namun tidak banyak yang meyadari hal ini sehingga masih saja orang-orang lebih memilih berbelanja baju ketimbang buku. Lantas apa sajakah manfaat berbelanja buku dibandingkan dengan berbelanja baju?

Mendapatkan ilmu yang bbelum pernah di miliki

Satu hal yang pasti ketika kita lebih memilih membelanjakan uang kita untuk membeli buku ketimbang baju adalah kita akan mendapatkan wawasan, pengetahuan dan juga ilmu yang bahkan sebelumnya tidak kita miliki. Kita akan mudah meningkatkan kemampuan dan juga pengetahuan kita dengan membeli buku. Mengapa demikian? Karena di dalam sebuah buku terdapat pengetahuan dan ilmu yang ditawarkan untuk kita miliki. Dengan membaca buku apapun jenis bukunya, sama halnya kita tengah memasukkan wawasan dan pengetahuan ke dalam otak kita.

Di jaman yang serba modern ini, manusia dituntut untuk bersaing ketat, tidak hanya dengan sesama manusia namun juga bersaing dengan mesin-mesin yang siap menguasai industri. Tanpa adanya peningkatan skill dan pengetahuan dari manusia-manusia tersebut maka bisa dipastikan mereka akan kalah. Baik kalah dengan manusia-manusia lainnya maupun kalah dengan mesin. Alhasil mereka berakhir di rumah sebagai pengangguran. Dengan kondisi seperti ini pun lagi-lagi hanya ilmu yang dapat menyelamatkan mereka. Tanpa adanya ilmu dan pengetahuan manusia tidak akan pernah bisa hidup. Bahkan sekadar bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan diri sendiri pun membutuhkan ilmu dan pengetahuan bercocok tanam, untuk menjadi seorang wirausaha pun demikian, membutuhkan ilmu dan pengetahuan untuk berwirausaha. Ilmu dan pengetahuan mutlak menjadi kebutuhan utama manusia yang tidak bisa di hindari. Dan berbagai ilmu serta pengetahuan tersebut terdapat di dalam buku.

Oleh karena itu dengan memilih berbelanja buku maka anda telah memilih untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anda untuk masa depan yang lebih cerah.

Bersifat tahan lama dan dapat diturunkan ke generasi selanjutnya

Buku memiliki sifat kegunaan yang tahan lama. Jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan baju. Ketika kita membeli sebuah baju, masa pakai baju tersebut mungkin hanya beberapa tahun. Atau paling mentok 5 tahunan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Pertama tubuh manusia seiring berjalanjja waktu akan berkembang dan tumbuh. Sedangkan pakaian tidak. Oleh karena itu akan ada kalanya pakaian tersebut tidak lagi cukup untuk dikenakan. Yang kedua, pakaian yang sering dikenakan di luar rumah akan memudar warnanya. Warna pakaian tidak akan sebagus di awal pembelian. Bila hal ini terjadi maka nilai dari pakaian tersebut akan semakin menurun dan hilang. Berbeda dengan sebuah buku, meskipun tampilannya sudah memudar, kertasnya yang dulu putih menjadi kuning namun nilai dari buku tersebut tetap tidak akan luntur. Karena nilai suatu buku ada pada kandungan materinya bukan pada penampilannya.

Belum lagi ketika harus menuruti fashion. Bisa-bisa baju yang baru sebulan lalu dibeli sudah enggan untuk dikenakan lagi karena dianggap sudah ketinggalan jaman. Berbeda dengan buku, tidak ada buku yang ketinggalan jaman. Bahkan ketika materi yang ada di dalam buku itu di revisi oleh para ahli pun, buku yang lama tetap ada nilainya yakni sebagai bukti bahwa materi tersebut mengalami perubahan dan perkembangan. Oleh karena itu buku tidak akan pernah ketinggalan jaman. Bahkan di bangku perkuliahan sering kali pada beberapa mata kuliah kita di minta untuk mecari referensi buku-buku jadul yang terbitan tahun 1980an. Artinya suatu ilmu akan abadi ketika dituangkan dalam tulisan di buku.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari membeli buku. Namun tidak hanya sekadar membeli buku saja, melainkan kita juga harus bertanggung jawab terhadap buku yang telah kita beli. Cara bertanggung jawab adalah dengan membacanya dan juga menyimpan buku dengan baik agar buku tersebut tidak rusak dan masih bisa di gunakan untuk generasi-generasi selanjutnya. Dengan demikian manfaat yang kita dapatkan setelah membeli buku dapat terus mengalir untuk anak dan cucu kita kelak. Jadi mulai sekarang ayo alokasikan gaji untuk membeli buku.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top