Makanan Kesehatan

Inilah Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Berulang-Ulang

Memasak sayur merupakan pilihan tepat untuk memberi asupan gizi bagi tubuh. Biasanya kita kerap memasak dalam jumlah banyak karena diperuntukan satu hari. Dan saat siang ataupun malamnya kebanyakan dari kita memanaskan sayur tersebut. Tapi tahukan anda bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang.

makanan yang tidak boleh dipanaskan

Sponsor: cream perawatan wajah

Beberapa masakan tersebut yang awalnya bergizi justeru berbalik menjadi racun sehingga buruk bagi kesehatan. Apabila kita tidak mengetahuinya, jangan-jangan akan terus melakukan kebiasaan tidak baik ini. Sehingga pada kali ini kami akan memberi info masakan apa saja yang tidak bisa dihangatkan dan dipanaskan.

  1. Bayam

Pertama ada sayur bayam. Bayam adalah sayur enak nan tinggi akan kandungan zat besi. Sayur ini terkenal dengan karakter kartun popeye, yang setelah memakannya akan menjadi kuat.

Mungkin mendengar sayur yang satu ini bahwa tidak boleh dipanaskan sudah tidak asing lagi. Sebab ada satu kandungan pada bayam yang tidak boleh dipanaskan berkali kali. Ketika dipanaskan sayur bayam akan mengalami oksidasi sehngga sangat membahayakan tubuh. Justeru bayam akan menjadi racun untuk tubuh.

  1. Kentang

Kedua ada kentang. Hampir sama dengan bayam, kentang juga tidak boleh dipanaskan berulang kali. Saat dipanaskan kandungan nutrisi dan gizi pada kentang akan menguap bersamaan dengan asap, sehingga nutrisinya ikut menghilang. Di samping itu pada proses pemanasan yang terus menerus akan mengaikabtkan resiko oksidasi pada kentang, yang mana keadaan ini justru akan sangat berbahaya. Kentang akan berubah menjadi beracun.

  1. Jamur

Ketiga ada jamur. Jamur sebetulnya mempunyai kandungan gizi yang bagus seperti protein. Namun akan berbahaya bila makanan lezat ini dipanaskan atau dihangatkan. Proses pemanasan dapat menghilangkan protein di dalamnya. Bahkan lebih parahnya adalah memunculkan masalah pencernaan seperti diare atau perut terasa begah.

  1. Ayam

Makanan keempat yakni ayam. Siapa yang tak suka ayam? Semua pasti menyukai daging ayam. Rasanya gurih. Juga mempunyai nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi pada daging ayam sama dengan jamur. Mereka tinggi protein. Apaila ayam mengalami proses pemanasan yang berulang kali, dapat menyebabkan perubahan komposisi proteinnya. Protein akan hilang Namun kalau ingin dipanaskan, panaskan dalam api kecil dan tidak terlalu lama.

  1. Telur

Makanan kelima yaitu telur. Selain ayam, telur menjadi favorite. Telur  pasti ada di dalam lemari es kita semya. Telur baik bagi bagi tubuh karena mengandung lemak dan protein. Tetapi akan berbahaya bagi tubuh jika sering dipanaskan. Terlebih pada telur yang dimasak dalam keadaan bulat utuh akan lebih berbahaya lagi jika dipanaskan karena bisa jadi membuat telur menjadi beracun.

  1. Seledri

Yang keenam ada sayuran seledri. Seledri kerap hadir dalam berbagai sayuran seperti sayur sop, soto, bakso, dan selainnya. Seledri juga mengandung banyak manfaat. Namun awas hati-hati.  Seledri juga tidak baik jika dipanaskan secara berulang ulang. Dalam seledri terdapat kandungan nitrat seperti bayam yang jika dipanaskan akan berubah menjadi asam nitrat. Sementara asam nitrat beresiko memicu tumbuhnya kanker, pun gangguan pada uptake oksigen oleh hemoglobin.

  1. Gorengan

Sebetulnya gorengan sendiri sedikit tidak baik untuk kesehatan. Kandungan minyaknya yang berlebih dapat menigkatkan kolesterol. Apalagi kalau minyak yang dipakai sudah sering digunakan. Lalu bagaimana dengan gorengan yang dipanaskan? Gorengan sebaiknya tidak dipanaskan. Kenapa demikian? Sebab jika gorengan yang sudah dingin dipanaskan kembali, minyak akan semakin bertumpuk tumpuk digorengan dan meningkatkan kolesterol.

  1. Santan

Fungsi dari santan adalah memberi rasa gurih pada setiap masakan. Namun tahukah anda jika santan juga mengandung cukup banyak lemak baik? Lemak baik boleh-boleh saja untuk tubuh, tetapi kalau lemak jahat? Itu bahaya lho. Terlalu intens mengonsumsi lemak jahat menimbulkan penyakit stroke ringan.

Kabar buruknya lemak jahat ada pada masakan santan yang  dihangatkan berulang ulang kali. Dalam proses pemanasan yang terjadi berulang ulang, lemak pada santan akan berubah menjadi lemak jahat yang beresiko menimbulkan kolesterol. Sehingga dapat meningkatka resiko stroke.

  1. Ubi

Tahu sendiri ubi memiliki segudang kebaikan. Tetapi ubi juga bisa menjadi jahat apabila dihangatkan berulang-ulang. Ubi mempunyai kandungan nitrat seperti bayam dan seledri. Oleh sebabnya jika terlalu sering dipanaskan, kandungan nitrat ini akan amat berbahaya bagi tubuh. Ada lebih baiknya segera konsumsi ubi yang telah dimasak agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal.

  1. Brokoli

Brokoli sebenarnya mempunyai manfaat sebab ada kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sangat sehat. Namun di satu sisi brokoli ini mempunyai sifat tidak baik. Seperti bayam dan seledri brokoli juga mengandung nitrat, yang mana bisa berubah menjadi asam nitrat yang memicu tumbuhnya sel karsinogenik jika dipanaskan secara berulang ulang.

Jadi, segeralah konsumsi sayur brokoli yang sudah matang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari brokoli ini, lebih baik dimasak dengan cara dikukus.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan. Jangan karena alasan hemat, kita harus  mempertaruhkan kesehatan keluarga, ya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top