Entertaiment

Inilah Kelebihan yang Dipunya Orang Pendiam

Pada dasarnya ada dua karakter orang, yakni  karakter ekspresif dan pendiam. Dua karakter tersebut mempunyai perilaku yang cukup bertolak belakang. Karakter ekspresif mempunyai perilaku yang cenderung supel, dinamis, banyak bicara, dan menyenangkan. Hampir semua dari mereka yang ekspresif mempunyai banyak teman. Oleh sebab itu, mereka lebih disenangi oleh lingkungan. Berbeda dengan karakter pendiam. Teman dari si pendiam cenderung sedikit, karena memang sedikit bicara. Kendati begitu masih ada kelebihan yang dipunya Orang pendiam.

Kelebihan yang dipunyai Orang Pendiam

Sponsor: perawatan wajah

Mungkin orang dengan karakter pendiam termasuk minoritas. Bahkan terkadang hanya dijadikan sebagai pelengkap. Seorang berkarakter pendiam sering dianggap kurang dinamis, tidak seperti si ekspresif. Apalagi kalau dijadikan teman atau sahabat.Karakternya yang pediam dan cenderung statis dianggap membuat suasana membosankan. Maka tidak heran jika si pendiam memiliki sedikit teman. Kamu si pendiam pasti pernah merasakannya. Tapi tidak perlu berkecil hati juga. Walau dirasa kurang mengasyikkan, namun sebenarnya karakter si pendiam mempunyai kelebihan. Jadi menjadi teman atau sahabat pun menyenangkan. Berikut beberapa kelebihan tersebut:

  1. Rela Menjadi Pendengar Orang lain

Boro-boro memikirkan diri sendiri, karakter pendiam lebih suka memperhatikan orang lain. Si pendiam memang jarang bicara, tapi matanya tidak pernah lepas memperhatikan sekitarnya. Karena sering memperhatikan, si pendiam menjadi orang yang paling memahami orang-orang sekitarnya.

Bukan hanya mata, ia juga mempunyai kelebihan pada kepekaan telinga. Ia akan menjadi pendengar yang baik di kala orang lain memintanya. Ia tetap senang mendengar setiap keluh kesah. Jadinya sebetulnya orang pendiam sangat cocok dijadikan tempat curhat.

  1. Pasti Akan Memberikan Nasihat Terbaik

Karakter pendiam juga bisa dikatakan sebagai pemikir handal. Dia menjadi pendiam karena lebih banyak menghayati serta berpikir secara mendalam ketimbang berbicara. Setiap kali hendak melakukan sesuatu, pasti terlebih dahulu mempertimbangkan efek baik buruknya. Sehingga saat kita memintanya sebuah solusi dan nasihat, ia pasti memberikan sebuah saran terbaik.

  1. Kadang Mempunyai Ide Out The Box

Di samping menjadi pemikir yang handal, si pendiam kadang-kadang memiliki imajinasi yang luas. Demikian dikarenakan orang pendiam merasa lebih nikmat kalau bergelut dengan dunia imajinatifnya sedniri. Justeru di sinilah letak kelebihan. Karena kerap berimajinasi, idenya menjadi out the box. Hal tersebut dapat membantu di saat kita membutuhkan inspirasi.

  1. Di balik Karakter Pendiam, Sebenarnya Dia Memperhatikan Sekitarnya Diam-Diam

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa karakter pendiam lebih suka memperhatikan orang lain. Si pendiam memang jarang bicara, tapi matanya tidak pernah lepas memperhatikan sekitarnya. Karena sering memperhatikan, si pendiam menjadi orang yang paling memahami orang-orang sekitarnya.

Kelebihan ini jarang dimiliki si ekspresif. Si ekspresif lebih banyak bicara sehingga jarang memperhatikan lawan bicaranya. Sedangkan si pendiam sedikit bicara namun banyak memperhatikan. Itulah kenapa orang pendiam lebih mampu memahami lawan bicaranya dibanding orang ekspresif.

  1. Menjadi Orang Mandiri

Barangkali si pendiam terlihat jarang atau bahkan sama sekali tidak meminta bantuan. Tetapi itu bukan karena tidak butuh bantuan, hanya saja sudah terbiasa melakukan apapun sendiri. Demikianlah yang membuat si pendiam menjadi mandiri.

Tetapi bukan berarti orang ekspresif tidak mandiri. Tidak sama sekali. Bedanya orang ekspresif masih mau meminta bantuan orang lain, sementara orang pendiam jarang sekali meminta. Jarang ya, bukan tidak pernah. Biasanya ia meminta bantuan ketika betul-betul membutuhkan.

  1. Bisa Menjadi Sahabat Setia

Bertolak belakang dengan si ekspresif, orang pendiam dianggap kurang bergaul. Sebab karakternya yang pendiam menyulitkan untuk dekat dengan seseorang. Sejatinya butuh waktu lama bagi introvert untuk akrab dengan teman. Tetapi, jika sudah akrab dirinya akan lebih setia. Karena baginya, bukan jumlah pertemanan yang penting namun kualitaslah yang lebih utama dalam persahabatan.

  1. Berbanggalah Kamu yang Menjadi Sahabatnya, Sebab Si Pendiam Hanya Memilih Orang Terpercaya

Harusnya kamu berbangga hati bila mempunyai sahabat/teman dengan karakter pendiam. Pasalnya, orang pendiam sedikit susah dalam menemukan seorang sahabat. Dikaenakan lebih selektif, dia hanya memilih teman yang dapat dipercaya dan nyaman untuk menerima segala kekurangannya.

Kelebihan tersebut juga jarang dipunya. Banyak orang yang tidak bisa setia dengan sahabat. Saat ada teman baru, teman lama dilupakan. Namun tidak berarti si ekspresif demikian. Memiliki teman banyak pun bukan masalah.

Titik tekanny yaitu pada kesetiaan. Orang pendiam susah untuk move on ke teman baru, sebab ia pasti butuh adaptasi lagi. Proses adaptasi bukan sebentar dan tidak gampang bagi si pendiam. Untuk itu ia lebih nyaman dengan pertemanan yang di dalamnya telah ada proses adaptasi cukup lama.

Itulah beberapa kelebihan dari seorang teman berkepribadian pendiam. Kalau kamu adalah salah satunya, jangan berkecil hati. Pendiam pun mempunyai kelebihan yang jarang dimiliki selainnya. Semisal kamu mempunyai teman si pendiam juga jangan dipandang sebelah mata. Mereka tetap makhluk sosial yang punya kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Cuma caranya saja yang berbeda.

Yang jelas, bagaimanapun kepribadian dan karakternya, hendaknya kita dapat menerima dengan apa adanya. Karena segala sesuatu pasti mempunyai sisi kelebihan dan kelemahan.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top