Gosip

Inilah Gosip dan Fakta Seputar Puasa

Anda pasti pernah merasa bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah sesuatu yang akan membuat tubuh lemas dan pernah berfikir untuk membatalkan puasa. Padahal, jika dilihat dari kacamata medis, puasa justru bisa menyehatkan loh. Puasa pada dasarnya memang bisa membuat tubub mudah lapar dan haus, namun jika Anda tahu bagaimana cara membuat puasa maka hal itu tak akan terjadi.

Sponsor: perawatan wajah

Pernahkah Anda berfikir untuk tidak melakukan olahraga selama puasa?Ternyata ada juga loh gosip dan fakta seputar puasa yang masih dianggap oleh sebagian orang. Apa saja gosip dan fakta itu? Yuk cari tahu.

1. Puasa Bisa Membuat Tubuh Sakit

Inilah Gosip dan Fakta Seputar Puasa

Tak dipungkiri jika di waktu awal puasa bisa membuat tubuh kita terasa lemas, lemak dan lesu. Namun jika puasa rutin dilakukan, pada akhirnya tubuh akan mulai terbiasa dengan kondisi sekitar.  Terkadang diawal puasa, tubuh bisa kekurangan dehidrasi bahkan pusing. Meski begitu, bukan menjadi alasan untuk Anda membatalkan puasa lebih cepat. Tenang saja, selagi Anda masih kuat maka puasa tidak akan membuat tubuh dehidrasi selagi tidak melakukan aktivitas berat. Biarkan tubuh sedikit demi sedikiy beradaptasi. Sentara itu, puasa justru busa membuat kesehatan anda meningkat loh.Di Indonesia saja kita bisa menahan haus dan lapar lebih dari 12 jam. Lalu bagaimana dengan orang yang tinggal di berbagai tempat di belahan bumi lainnya? Tubuh bisa tetap sehat selama masih memiliki cadangan energi yang cukup. Puasa juga bermanfaat untuk proses detok alami yakni dengan mempuat organ pencernaan kita beristirahat.

2. Sahur Tidak Sahur, Tetap Saja Lapar

Inilah Gosip dan Fakta Seputar Puasa

Benarkah jika Anda sahur atau tidak tetap membuat perut merasa lapar? Jawabanya ternyata salah. Lebih baik sahur ketimbang tidak memakan sesuatu. Sahur justru akan memberikan kita energi cukup dan membuat organ pencernaan tetap sehat. Jika kita tidak sahur, maka kadar normal gula darah hanya bisa bertahan 2-3 jam saat bangun. Selanjutnya sumber energi yang tersimpan akan berkurang drastis sehingga tubuh akan mudah lemas, pusing dan menganggu konsentrasi. Jangan Anggap remeh waktu sahur Anda. Karena hal itu sangat berharga dan bisa membuat tubuh kita mendapatkan energi cukup. Pastikan mengkonsunai makanan seimbang namun jangan berlebihan. Kurangi makanan yang mengandung banyak gula karena bisa membuat perut mudan sekali lapar.

3. Tidak Perlu Olahraga Selama Puasa

  Inilah Gosip dan Fakta Seputar Puasa

Tidak olahraga selama puasa? Sehat atau justru berbahaya? Sangat salah jika kita tidak betolahraga selama puasa. Justru aktifitas fisik yang dilakukan secara rutin bisa menambah masa otot, tulang dan membuat tubuh lebih sehat dan ideal. Lebih utama lakukan olahraga setelah sahur 30-60 menit secara rutin, menjelang berbuka puasa 1-2 jam sebelumnya atau sesudah berbuka. Faktanya, gerakan olahraga bisa merangsang hormon antiinsulin. Sebaliknya tidak jarang olahraga bisa membuat tubuh terasa lemas karena kadar gulanya menurun drastis. Akibatnya tubuh jadi cepat pusing.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top