Tips Kesehatan

Ini Alasan Insomnia Harus Segera Diobati

Insomnia Harus Segera Diobati

Insomnia Harus Segera Diobati

Insomnia merupakan gangguan tidur dimana mata tidak bisa terpejam untuk tidur saat malam hari. Orang yang insomsia akan baru bisa memejamkankan matanya untuk tidur menjelang waktu dini hari. Gangguan tidur karena sulitnya mata terpejam dan tidak bisa tidur dengan lelap harus segera diatasi. Ada beberapa alasan mengapa gangguan insomnia ini harus segera diobati, di antaranya:

  1. Kelelahan pada tubuh

Seseorang yang kurang waktu istirahatnya cenderung akan mudah mengalami kelelahan pada tubuhnya. Jika ini sering terjadi, maka akan berdampak kepada hal-hal lain yang lebih buruk. Selain itu, kelelahan pada organ mata akan tampak dengan adanya guratan kantung sekitar kelopak mata, dan mata yang terasa panas. Selain pada mata, tubuh akan menjadi kurang sehat dan gampang sakit karena terlalu lelah, yang disebabkan kurangnya waktu tubuh untuk beristirahat.

  1. Mengganggu imunitas

Jika kelelahan pada tubuh karena aktivitas sehari-hari bisa diobati dengan istirahat dengan cukup, maka seseorang akan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Tubuh yang terlalu lelah, menjadikan daya tahan tubuhnya menurun, sehingga akhirnya mudah terserang penyakit. Orang yang kurang tidur akan terlihat tampak sayu. Seseorang membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur dengan lelap agar meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu menangkal serangan penyakit yang datang dari luar tubuh.

  1. Mudah emosi

Seseorang yang kurang tidur untuk memberikan waktu tubuh beristirahat maksimal, akan mudah mengalami gangguan keseimbangan secara emosional. Seseorang mudah sekali terpancing emosi dan mudah marah terhadap apa yang dihadapi. Saat seseorang insomnia, orang tersebut mudah lelah, yang mengakibatkan tidak sejalannya antara kondisi fisik dan kondisi emosionalnya.

Gangguan tidur berupa insomnia ini harus diatasi, jika perlu dilakukan penangan medis dengan dokter. Jika masih belum terlalu parah, insomnia bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana yang dilakukan sebagai rutinitas. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia secara mandiri, di antaranya:

  1. Tidur dan bangun tiap hari pada jam yang sama

Membuat kebiasaan untuk pergi tidur pada jam yang sama tiap hari adalah salah satu cara untuk mengatasi insomnia. Meskipun itu susah, tapi tetap harus dilatih agar menjadi suatu kebiasaan. Dengan tidur lebih teratur, seseorang juga akan bisa bangun pagi dengan teratur.

  1. Tidak mengkonsumsi kafein dan nikotin

Kafein dan nikotin adalah zat yang mampu membuat orang terjaga lebih lama. Jika ingin mengatasi insomnia hendaknya, jangan sampai mengkonsumsi bahan-bahan yang mengandung kafein dan nikotin, seperti kopi dan rokok.

  1. Mematikan lampu

Saat tidur, alangkah baiknya dalam kondisi gelap, tujuannya agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih maksimal. Saat gelap, seseorang bisa tidur hingga sampai pada kondisi paling dalam dan membuat kondisi menjadi rileks. Mematikan lampu juga secara tidak langsung membantu mata lebih cepat terpejam.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top