Makanan Kesehatan

Ingin Program Diet Sukses, Ini Daftar Makanan Rendah Karbohidrat

Makanan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi guna memberikan asupan gizi dalam tubuh. Semakin baik asupan gizi yang dikonsumsi, maka semakin sehat juga tubuh. Karena makanan adalah sumber utama energi, tanpa makanan tubuh sulit menggunakan energi untuk berbagai aktifitas. Kalori dalam makanan adalah sumber penghasil energi. Sayangnya, kalori yang masuk dalam tubuh jika tidak kita gunakan dengan baik justru akan menimbun lemak. Semakin banyak lemak dalam tubuh, semakin besar potensi kemungkinan tubuh mengalami kegemukan.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Karbohidrat salah satunya adalah sumber energi sejaligus dapat menjadi penghasil sumber lemak dalam tubuh. Itu sebabnya mengapa banyak pelaku diet berusaha menghindari makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi putih atau roti. Tetapi tak semua sumber karbohidrat itu salah lo. Nyatanya masih banyak sumber karbohidrat rendah yang baik untuk membantu program diet. Dan bagi yang ingin program diet sukses, ini daftar makanan rendah karbohidrat yang bisa dicoba.

1.Daging merah

Daging merah adalah sumber makanan bebas karbohidrat. Tapi jika daging diolah, maka akan mendapat tambahan bahan lainnya penyebab makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat. Untuk mendapatkan daging rendah karbohidrat, sebaiknya perhatikan kandungan gizi jika Anda mengkonsumsi daging olahan.

2. Ikan

Selain daging, ikan adalah sumber rendah karbohidrat. Selain itu ikan juga tinggi protein dan beberapa selerti salmon, tuna, dan makarel sangat kaya asam lemak omega 3. Lemak ini sangat baik dan tidak menyebabkan penumpukan lemak penyebab tingginya berat badan. Ikan kaya lemak omega 3 juga mampu menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otak, dan menyehatkan indra penglihatan.

3. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam menjadi pilihan makanan yang rendah karbohidrat. Daging ayam adalah unggas yang banyak dipilih karena lebih murah dan memiliki protein tinggi seperti asam amino, sumbet
mineral seperti zat besi, kalium, natrium, juga fosfor. Untuk yang menjalankan program diet, ada baiknya mengolah daging ayam dengan memilih yang rendah lemak, memasaknya dengan merebus, dikukus atau di panggang. Perhatikan juga rempah atau bumbu serta bahan pelengkap lain yang digunakan agar menghasilkan citarasa lezat namun tetap sehat.

4. Keju

Kejua merupakan produk olahan yang berbahan dasar susu tinggi protein namun rendah karbohidrat. Dalam proses pembuatannya, keju mengandalkan bakteri dan enzim tertentu yang akhirnya mampu menghasilkan olahan dengan protein lebih tinggi dibanding susu. Pilihan keju yang bisa dinikmati saat diet adalah keju feta (keju dari susu domba) yang rendah lemak dan karbohidrat. Kemudian keju parmesan yakni keju biasanya untuk bahan tambahan salad, spaget, dsb. Keju ini sering juga dijadikan taburan dengan teksturnya yang berlubang-lubang.

5. Telur

Para pelaku diet sering mengkonsumsi telur sebagai sumber protein pembentuk otot. Telur juga rendah lemak dan minim  karbohidrat yakni 1,1 gram. Gizi komplet lainnya meliputi natrium, kalium, vitamin A, B1, B6, dan D. Agar diet sempurna, telur rebus adalah pilihan yang menyehatkan jika dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

6. Jamur

Bagi pecinta vegetarian, jamur adalah menu yang pas. Menu jamur bisa sebagai pengganti daging karena teksturnya. Jamur paling banyak di konsumsi yakni jenis jamur tiram, jamur kuping dan jamur kancing. Tapi jika Anda penasaran dengan rasa jamur lainnya, bisa mencoba jamur sintake yang bisa menjadi salah satu menu makanan favorit yang lezat. Hampir semua jamur mengandung potasium dan tinggi vitamin B. Selain itu jamur memiliki kandungan karbohidrat minim  yakni hanya 3 % saja.

7. Aneka kacang-kacangan

Sumber rendah karbohidrat selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang pun aman dikonsumsi bagi pelaku diet karena rendah karbohidrat. Jenis kacang-kacangan yang rendah karbohidrat diantaranya kacang almond, walnut, kacang hijau, kacang tanah, hazelnut, mede, macadamia, biji bunga matahari, hingga biji labu. Almond mengandung sekira 22 % karbohidrat, Walnut 14 %, Kacang tanah sebanyak 16%, dan Kacang hijau sebanyak 7 %. Selain kacang, aneka sayur seperti bayam, kangkung, daun ketela atau daun pepaya; dan buah seperti alpukat, pisang, apel, jeruk dan masih banyak lainnya adalah sumber serat alami, antioksidan penting, sumber vitamin, mineral dan pastinya rendah karbohidrat.

Seputar karbohidrat untuk kebaikan tubuh:

Itulah beberapa sumber makanan rendah karbohidrat. Karbohidrat sendiri sebenarnya adalah suatu zat gizi yang yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat dapat memberi rasa manis yang sekaligus menjadi cirinya. Karbohidrat berfungsi sebagai bahan cadangan makanan yang dapat tersimpan di tubuh dalam bentuk lemak, bahan bakar, menjaga keseimbangan asam basa, mengikat lemak dan protein dan melancarkan pencernaan. Berdasarkan Klasifikasinya, zat ini terdiri atas 3 kategori yaitu Monosakarida, Disakarida dan Polisakarida. Karena karbohidrat termasuk senyawa yang masuk dalam kelompok zat gizi makro maka kebutuhan yang diinginkan tubuh cukup besar yaitu sebanyak 75 % dari kebutuhan energi total. Kebutuhan karbohidrat tiap orang juga berbeda tergantu tinggi dan berat badan.

Bagi yang ingin diet, disarankan untuk konsul pada ahli gizi agar mendapat pilihan karbohidrat yang tepat sehingga mampu mendapatkan tubuh ideal dengan cara sehat. Jangan lupa lakukan aktivitas yang membakar kalori, sehingga kelebihan karbohidrat yang diubah dalam bentuk lemak dapat dibakar. Lalu siapa yang dapat mengontrol asupan karbohidrat? Ya kita sendiri!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top