Makanan Kesehatan

Ingin pintar? Konsumsi makanan-makanan peningkat kecerdasan otak

Setiap orang pasti ingin tumbuh menjadi manusia yang memiliki kemampuan berfikir yang tinggi. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin menjadi manusia bodoh. Apalagi di jaman sekarang, dimana persaingan usaha dan karir sangatlah ketat diantara sesama manusia. Hanya mereka yang memiliki kecerdasan dan kemampuan berfikir kreatif yang mampu menduduki puncak karir dan mengalahkan selainnya. Tidak hanya itu, sebenarnya persaingan kecerdasan antara sesama amnusia telah di mulai semenjak manusia masih berusia kanak-kanak. Adanya sistem peringkat yag didasarkan oleh hasil pengerjaan tugas mereka, adanya persaingan untuk dapat masuk SMP atau SMA Favorit, adalah bukti bahwa kecerdasan sangatlah penting untuk dibutuhkan manusia. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan adalah melalui makanan keseharian kita. kita akan tumbuh menjadi lebih cerdas apabila mengkonsumsi makanan-makanan peningkat kecerdasan otak.

Makanan-makanan peningkat kecerdasa otak

Sponsor – cream perawatan wajah

Sebenranya hhingga saat ini banyak yang masih mendebatkan terkait asal muasal kecerdasan. Ada yang menyatakan bahwa kecerdasan berasal dari keturunan ada pula yang mengatakan bahwa kecerdasan diperoleh dari proses pembelajaran. Nah, hal ini terjadi karena banyak orang yang salah paham makna dari kecerdasan itu sendiri. Kecerdasan adalah kemampuan untuk mengolah data yang diketahui oleh manusia sehingga dapat menciptakan berbagai kesimpulan dan pemecahan masalah yang dihadapinya. Jadi dengan kata lain, kecerdasan adalah modal manusia untuk berfikir. Hasil dari kecerdasan adalah pemecahan masalah, bisa berupa nilai ujian yang bagus, dan lain sebagainya. sebenarnya yang membedakan manusia dengan tingkat kecerdasan rendah dan tinggi ada pada lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Orang dengan kecerdasan tinggi akan mampu menyelesaikan masalah dalam waktu yang cepat, sedangkan orang dengan kecerdasan rendah akan mampu menyeesaikan dengan waktu yang relatif lebih lama. Jadi keduanya bisa-bisa saja menyelesaikan permasalahan namun waktu yang dibutuhkan akan berbeda.

Sedangkan proses pengolahan data yang dilakukan oleh manusia sangat bergantung dengan ada atau tidaknya data tersebut di dalam otak manusia. Apabila data atau pengetahuan tentang suatu hal tersebut tidak dimiliki oleh manusia maka tentu saja ia tidak akan dapat memecahkan suatu permasalahan secerdas apapun dia. Sehingga, memang betul kecerdasan manusia akan dipengaruhi oleh DNA yang ia bawa dari keturunan sebelumnya namun tanpa proses pembelajaran ia juga tidak akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang berbagai hal di dunia ini, sehingga ia tidak akan mampu mengolah data untuk memecahkan suatu permasalahan.

Selain itu, ternyata nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita juga memiliki pengaruh penting bagi peningkatan kecerdasan otak kita. inilah makanan-makanan peningkat kecerdasan otak manusia.

Kacang-kacangan

  • Kacang kenari

Kacang kenari adalah makanan yang banyak sekali mengandung omega 3, omega 6, vitamin B6 serta mengandung banyak sekali vitamin E. Zat-zat yang terkandung dalam kacang kenari itulah yang mampu menstimulus otak kita untuk dapat lebih cepat dalam befikir dan meningkatkan daya ingat otak kita. selain itu kacang kenari juga memiliki asam yang berfungsi sebagai regulator besar serotonin, zat yang dapat mengubah emosi dan perasaan kita. berbagai kandungan kacang kenari ini yang sangatlah baik untuk perkembangan otak kita.

  • Kacang mente

Kacang mente yang sering sekali kita temukan di dalam jajanan cokelat selain sangat lezat ternyata juga memiliki kandungan zat yang bagus sekali bagi perkembangan otak kita. kandungan magnesium di dalam kacang mente disebut sangat tinggi. Magnesium ini akan membantu tubuh kita untuk mengendurkan otot polos pembuluh darah yang menuju otak kita sehingga suply oksigen ke otak kita akan jauh lebih banyak. Hal ini akan mampu meningkatkan kemampuan berfikir otak kita serta mencegah sakit kepala dan migrain.

  • Kacang almond

Anda pernah mencicipi kacang almond. Di negara Barat kacang ini sangat terkenal sekali dan mereka sangat menyukai rasa kacang almond ini. Kacang almond disebut-sebut sebagai sumber fenilalanin. Fenilalanin merupakan zat yang dapat membantu otak untuk memproduksi dopamin, adrenalin, dan juga noradrenalin. Zat-zat tersebut akan mampu membuat otak kita meningkatkan daya ingat serta kemampuan berfikirnya.

Buah-buahan Berry

  • Blueberry

Blueberry, sesuai dengan namanya, buah yang satu ini memang memiliki warna biru pekat. Buah yang memiliki rasa sangatlah enak ini ternyata memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kemampuan otak kita. kandungan buah blueberry ini dipercaya mampu membantu meningkatkan kekuatan sinyal yang dikirim oleh neuron. Selain itu blueberry dapat membantu mencegah oksidasi pada otak kita yang biasanya diakibatkan oleh usia yang sudah mulai tua. Kandungan dalam blueberry juga mampu mencegah kita dari penyakit alzeimer dan demensia.

  • Strawberry

Strawberry juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak, khususnya ketika manusia sudah masuk masa tua. Biasanya di masa tua, kemampuan berfikir manusia akan menurun. Berbagai penyakit pikun akan mulai muncul. Nah, buah strawberry ternyata akan mampu menjaga kemampuan berfikir manusia meskipun usia mereka tidak lagi muda. Kandungan pada buah strawberry menjaga kemampuan pusat komando otak kita untuk menyelaraskan seluruh fungsi organ tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top