Manfaat Tanaman

Ingin Cantik Bebas Jerawat, Ini Manfaat Mengkonsumsi Temulawak

Ingin Cantik Bebas Jerawat, Ini Manfaat Mengkonsumsi Temulawak

Salah satu jenis tanaman rempah yang sering dipergunakan sebagai jamu penambah nafsu makan adalah temulawak. Temulawak adalah jenis tanaman sebangsa temu-temuan yang berasa sangat pahit dan banyak hidup sebagai tanaman semak. Selain berguna untuk menambah nafsu makan temulawak juga sangat efektif sebagai obat pembasmi jerawat. Jerawat hanya akan membuat wajah menjadi tidak sehat, berkurang kecantikannya, dan harus segera diatasi. Manfaat temulawak atasi jerawat karena salah satunya terdapat minyak astiri yang berperan sebagai obat anti inflamasi dan peradangan.

Sponsor: pemutih wajah

Ingin Cantik Bebas Jerawat, Ini Manfaat Mengkonsumsi Temulawak

  • Mengandung Minyak Astiri

Salah satu manfaat dari temulawak untuk mengatasi jerawat yang ada pada wajah adalah adanya kandungan minyak astiri yang terdapat pada tanaman ini. Minyak astiri adalah sejenis senyawa kimia yang berguna untuk mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat serta dapat mengatasi jerawat yang terlanjur muncul pada wajah Anda. selain pada temulawak kandungan minyak astiri banyak terdapat pada tanaman sebangsa empon-empon atau tanaman rimpang lainnya seperti jahe dan kunyit.  Cara penggunaan temulawak sebagai obat untuk jerawat adalah dengan menghaluskannya dan menjadikannya sebagai masker wajah. Selain itu bisa juga dengan cara mengiris tipis temulawak dan ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

  • Bersifat Anti Bakteri

Jerawat yang terdapat pada wajah dikarenakan berkembangnya bakteri sehingga menimbulkan bintik kecil yang kemudian tumbuh menjadi jerawat. Bakteri-bakteri tersebut akan terus berkembang dan menyebabkan jerawat semakin merata diseluruh bagian wajah jika tidak segera di atasi. Dengan menggunakan masker temulawak yang bersifat antibakteri dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi berkembangnya bakteri penyebab jerawat pada wajah. Jika dilakukan secara rutin masker temulawak bukan hanya mengatasi jerawat akan tetapi juga berfungsi menyehatkan dan mencerahkan wajah Anda.

  • Mencegah Peradangan

Pada umumnya jerawat yang muncul pada wajah Anda akan menyebabkan rasa gatal, memerah, dan meradang. Jika jerawat tersebut dipencet atau digaruk ada kemungkinan jerawat tersebut akan tumbuh lebih banyak lagi karena berkembangnya bekteri tersebut. Peradangan selain membuat jerawat menjadi membesar juga mengakibatkan rasa sakit pada jerawat. Resiko peradangan pada jerawat dapat diatasi dan diminimalisir menggunakan temulawak. Dengan rutin menggunakan temulawak sebagai masker atau sebagai obat anti jerawat maka jerawat yang memerah dan meradang dapat dikecilkan dan berangsur-angsur akan sembuh.

  • Mengandung Antioksidan

Kandungan lain yang terdapat pada temulawak adalah antioksidan. Seperti telah diketahui antioksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas bukan hanya menyebabkan berkembangnya penyakit di dalam tubuh tetapi juga mengakibatkan berkembangnya bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat pada wajah Anda. untuk itu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan temulawak sebagai obat herbal untuk jerawat Anda karena kandungan berbagai senyawa kimia serta atioksidan yang terdapat di dalamnya.

Manfaat Lain Temulawat Untuk Kecantikan Wajah:

Temulawak sering dijadikan tanaman yang bisa untuk menghaluskan kulit. Beberapa produk kecantikan telah menggunakan temulawak sebagai bahan utamannya. Meski temulawat memiliki efek panas, tetapi khasiatnya untuk kecantikan sangat baik. Berikut daftar khasiat temulawak yang ampuh mengatasi masalah kulit selain jerawat.

  • Mencerahkan Kulit

Temulawak adalah rempah yang mampu bekerja seperti kunyit, yaitu mampu mencerahkan warna kulit. Untuk mendapat khasiatnya yakni dengan menjadikan sebagai masker. Caranya dengan memarut temulawak dan balurkan ke wajah secara merata. Diamkan sesaat atau beberapa menit lalu bilas wajah hingga bersih dengan air. Untuk mendapat hasil maksimal gunakan parutan temulawak secara rutin.

  • Menghaluskan Kulit Wajah

Penggunaan temulawak secara rutin ampuh mengatasi kulit wajah yang terlihat kasar. Ramuan temulawak mampu menghaluskan kulit wajah caranya dengan mengolah rimpang temulawak menjadi masker wajah. Selain masker herbal ini juga bisa digunakan untuk scrub pembersih wajah dan mengangkat sel kulit mati. Scrub bisa digunakan pada sore atau malam hari.

  • Mengencangkan Kulit

Temulawak adalah herbal alami untuk atasi kulit kering dan keriput. Oleh sebab itu tak jarang bila produk kecantikan yang mengandung temulawak menawarka khasiat perawatan alami anti aging. Temulawak memiliki antioksidan yang ampuh meregenerasi sel kulit yang membuatnya terlihat kencang dan sehat. Seperti pada perawatan lain, kita bisa gunakan temulawak sebagai masker pencegah kulit keriput dan lakukan perawatan secara rutin.

  • Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat temulawak lainnya adalah mampu mengurangi pingmen kulit yang berlebih. Temulawak sangat baik mengatasi flek hitam penyebab kulit berpigmented. Flek hitam bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari, hormon atau akibat produk kecantikan yang salah. Cara mengatasi flek hitam dengan temulawak yaitu dengan memanfaatkan air rebusan temulawak dan sebagai masker. Untuk minuman kita bisa merebuh irisan temulawak hingga mendidih dan minum satu gelas setiap hari selama satu bulan. Sementara dengan menjadikan masker, kita bisa menumbuk temulawak sebagai masker kemudian tempelkan pada wajah dengan flek hitam. Biarkan kering selama 15-30 menit dan bilas.

  • Mencegah Kanker Kulit

Khasiat paling baik temulawak untuk kesehatan kulit adalah mencegah kanker kulit. Kita tahu akan bahayanya kanker kulit terhadap tubuh kita. Di dalam temulawak terkandung suatu zat yang berguna melawan terbentuknya kanker. Salah satunya adalah zat antioksidan. Gunakan sebagai masker untuk mencegah kulit bermasalah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top