Travelling

Indahnya Air Terjun Dlundung Trawas Mojokerto

Air terjun dlundung Trawas Mojokerto, bagi kebanyakan orang yang berdomisili di Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, dan Malang mungkin tidak lagi asing dengan nama tempat wisata yang satu ini. Tempat wisata ini sesuai namanya terdapat di Kecamatan Trawas Kota Mojokerto. Tidak jauh dari wisata air panas Pacet. Mungkin dibandingkan dengan Pacet, nama Air Terjun Dlundung ini tidak seberapa tenar. Namun bagi anda yang menginginkan liburan ke tempat wisata alam yang tidak terlalu ramai dengan pengunjung yang membeludak, maka air terjun dlundung inilah solusinya.

Air Terjun Dlundung Trawas

Sponsor – cream pemutih wajah

Hal yang menarik dari wisata alam air terjun dlundung ini ada pada suasananya yang masih sangat alami dan tidak banyak mendapatkan campur tangan manusia seperti wisata-wisata alam lainnya. Air nya yang jernih, dingin dan segar juga menjadi keindahan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Ketinggian air terjun dlundung hanya sekitar 10 meter, tidak terlalu tinggi, selain itu bagian bawah air terjun dlundung juga tidak begitu dalam, cukup dangkal untuk anak-anak usia 12 tahun. Oleh karena itu tidak jarang orang-orang mengajak anaknya untuk menikmati kesegaran air terjun dlundung ini.

Untuk memasuki menjangkau kawasan ini, anda dapat menggunakan kendaraan motor maupun mobil. Dari kabupaten mojosari anda ambil jalan menuju kawasan trawas. Jalan menuju trawas dan pacet berbeda. Jalan menuju pacet ada di sebelah barat jalan menuju trawas. Meskipun jalan tersebut terlihat berjajaran. Mudahnya dari terminal mojosari anda melaju ke barat, ketika menemui perempatan pertama barulah anda belok kiri. Disana anda akan melewati kecamatan pungging terlebih dahulu. Tingga ikuti saja jalan tersebut.

Jalan menuju trawas maupun pacet sama-sama berupa tanjakan. Oleh karena itu sebelum menuju ke kawasan wisata trawas ada baiknya anda mempersiapkan kendaraan anda agar kuat melaju di jalan tanjakan. Setelah beberapa kilometer, anda akan melihat gerbang yang bertuliskan kawasan wisata trawas. Artinya anda sebentar lagi sampai. Perhatikan di sebelah kanan jalan nanti akan ada papan petunjuk bertuliskan wisata air terjun dlundung. Barulah anda belok kanan dengan disambut tanjakan yang cukup tinggi. Jalannya pun tidak terlalu lebar sehingga anda harus berhati-hati ketika melewati jalan ini.

Setelah kurang lebih 1 kilometer, anda akan memasuki gerbang masuk wisata air terjun dlundung. Disinilah anda harus membayar tiket masuk untuk kawasan air terjun dlundung. Bagi anda yang membawa motor maka lanjutkan perjalanan anda hingga ke atas, saran saya motor jangan anda parkir di dekat gerbang masuk kawasan wisata. Karena untuk menuju air terjun dlundung dari gerbang masuk, ada sekitar 1 kilometer jauhnya. Nanti di dekat kawasan air terjun ada area parkir lagi yang bisa anda gunakan. Sedangkan bagi anda yang membawa mobil, mau tidak mau anda harus parkir di depat gerbang masuk dan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

Di dekat gerbang masuk kawasan tersebut anda bisa melihat tanah lapang yang cukup luas. Umunya tanah lapang ini digunakan bagi mereka yang ingin mendirikan tenda dan bermalam disini. Pengalaman bermalam disini sangat menyenangkan, tidak perlu membayar lebih untuk mendirikan tenda, cukup mengajukan izin untuk berkemah saja. Oleh karena itu, seringkali kawasan ini digunakan untuk persami, diklat, maupun LDKS para pelajar dan mahasiswa. Tanah lapang tersebut memang sengaja disiapkan oleh pihak pengelola kawasan wisata air terjun dlundung untuk area perkemahan, oleh karena itu tanahnya datar, luas, dan juga aman dari longsor.

Biaya retribusi untuk masuk ke kawasan ini pun sangat murah sekali, hanya 5000 rupiah per orang anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Bagitu pula untuk mendirikan tenda dan bermalam di kawasan ini pun hanya perlu membayar tiket sebesar 5000 rupiah.

Berlanjut pada area air terjun dlundung, dari area parkir atas, anda bisa berjalan kaki menyusuri tangga dan jalan setapak sekitar 200 meter menuju lokasi air terjun dlundung. Semenjak menapakkan kaki pada tangga pertama, anda sudah bisa mendengar suara gemuruh air terjun dlundung serta kesejukannya. Semakin dekat anda berjalan maka semakin keras terdengan suara jatuhnya air. Keindahan air terjun dlundung yang masih alami membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama disini. Sekadar untuk melihatnya maupun menceburkan diri di kolam yang terbentuk secara alami dari air yang jatuh dari tebing.

Saran saya untuk orang tua yang mengajak anak kecil agar selalu mengawasinya, karena air di kolam ini akan langsung menuju sungai yang megalir deras ke bawah dengan bebatuan besar. Oleh karena itu jangan sampai anak anda terseret jatuh ke derasnya aliran sungai.

Apabila anda merasa lapar, di dekat air terjun ini ada penjual bakso yang enak sekali. anda bisa merasakan kenikmatan makan bakso sambil mendengarkan gemuruh suara air terjun dlundung dari kejauhan. Selain itu di dekat tanah lapang perkemahan juga banyak tersedia penjual makanan. Jadi anda tidak perlu khawatir kelaparan di tempat ini. Banyak penjual makanan yang siap menjajakan dagangannya untuk anda. dan tentu saja, harganya jauh lebih murah dibandingkan makanan-makanan di mall atau cafe.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top