Makanan Kesehatan

Ide Menu Sahur Praktis Dan Sehat Bisa Dibuat Dalam 5 Menit

Ide Menu Sahur Praktis Dan Sehat Bisa Dibuat Dalam 5 Menit

Selama bulan puasa, sahur menjadi hal yang penting dilakukan supaya gizi tetap tercukupi dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Agar tubuh bisa kuat, maka selama sahur diharapkan bisa mengkonsumsi makanan yang baik juga mengandung gizi. Meskipun sederhana, ide menu praktis dan sehat yang bisa dibuat hanya dalam waktu 5 menit berikut ini bisa Anda coba untuk keluarga dirumah.

Sponsor: perawatan wajah

  • Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayur merupakan kelompok makanan bergizi yang bisa menyediakan sumber serat untuk sarapan sahur. Serat sangat penting dalam membantu tubuh merasa lebih kenyang dan tahan lama selama puasa. Serat juga membantu mencegah sembelit, dan sumber vitamin juga mineral nya sangat cukup untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

  • Sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat bisa diperoleh dari nasi,  roti, mie, ubi, jagung atau kentang. Sumber karbohidrat sangat baik dikonsumsi selama sahur guna membantu menyediakan energi yang cukup untuk  aktivitas seharian. Anda bisa pilih sumber karbohidrat kompleks dengan serat tinggi sekaligus membuat kenyang lebih lama, contohnya nasi merah dan roti gandum.

  • Sumber protein

Pilih sumber protein sangat penting dalam menu sahur karena protein dapat membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Contoh sumber protein baik diantaranya daging, ikan, telur dan susu. Anda juga bisa memasukkan sumber protein nabati seperti biji-bijian.

Beberapa ide menu sahur praktis tapi sehat

1. Roti sandwich dan susu

Gunakan roti gandum kaya serat untuk menu sahur raktis dan sehat. Sedangkan sumber protein bisa didapat dari menambahkan sosis dan telur. Sementara sumber vitamin dan mineral, bisa tambahkan selada, timun, dan tomat. Untuk minumannya, Anda bisa sajikan susu kaya nutrisi dan tambahkan serat seperti pisang, apel, mangga, dan sebagainya agar membuat kenyang.

2. Mie goreng sayuran

Selain nasi, mie juga sumber karbohidrat. Tetapi jika ingin lebih sehat bisa tambahkan mie goreng dengan berbagai sayuran seperti wortel, sawi, kol, polong, atau kubis. Untuk sumber protein bisa tambahkan sosis, telur, suwiran daging atau bakso.

3. Oatmeal dengan sayuran atau buah

Menu sangat praktis untuk sahur adalah oatmeal atau gandum utuh. Oatmeal adalah  sumber karbohidrat kompleks lengkap juga degan serat dan nutrisi. Jika ingin lebih sehat, Anda bisa tambahkan sayuran dan protein seperti jagung, brokoli, wortel, berry, stowberry, atau buah dan sayuran lainnya. Jangan lupa untuk merebus atau menumis sayuran sebelum ditambahkan pada oatmeal. Jika perlu bisa tambahkan suwiran daging ayam dan telur.

4. Salad sehat

Menu sahur sehat dan praktis selanjutnya adalah salad. Anda bisa konsumsi salad untuk memenuhi kebutuhan gizi. Di dalam salah terdapat bermacam unsur nutrisi, vitamin dan mineral juga protein, lemak dan karbohidrat. Anda bisa coba salad sehat dari kentang dan makaroni dengan tambahan tomat, wortel, kol dan sedikit mayones atau minyak zaitun.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top