Tips & Trik Parent

Hindari 4 Kesalahan Memberi Camilan Yang Bisa Membuat Anak Tak Doyan Makan

Camilan pasti menjadi salah satu menu makan yang sangat digemari oleh buah hati, berbagai menu makanan untuk camilan pasti akan langsung dilahap dengan baik dan sangat banyak. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memberikan camilan kepada buah hati, namun yang harus bunda perhatikan adalah cara memberikan camilan yang benar sehingga tidak menganggu kestabilan konsumsi dari buah hati. Mengkonsumsi makanan dengan stabil akan membuat buah hati tidak mengalami kekurangan asupan energy ataupun kelebihan asupan.

Sponsored: cream pemutih wajah

Hindari 4 Kesalahan Memberi Camilan Yang Bisa Membuat Anak Tak Doyan Makan

Kesalahan memberi camilan untuk anak bisa berdampak buruk dengan siklus makan dan juga jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Menjaga berbagai makanan yang dikonsumsi anak tentu akan membuat anak menjadi lebih sehat dan mendapatkan asupan gizi yang pas. Camilan memang bukan hal yang harus dihindari, apalagi sebenarnya camilan juga bisa membantu buah hati untuk mendapatkan asupan tenaga tambahan lho bunda. Apalagi saat proses tumbuh kembang, tentu anak akan membutuhkan banyak kalori dalam masa kembang untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Sehingga Bunda, untuk mendapatkan kondisi yang lebih sehat dari anak, ada baiknya untuk menghindari berbagai kesalahan berikut ini.

  • Tidak Ada Kontrol Waktu

Ngemil sih boleh, tetapi bunda harus tetap memperhatikan waktu ngemil untuk anak-anak ya bunda. Jangan sampai bunda terus menerus membiarkan anak mengkonsumsi camilan sepanjang hari dan secara terus menerus. Hal ini akan sangat membahayakan bagi sikecil sebab jika tidak dihentikan malah justru akan membuat anak memiliki kebiasaan yang kurang baik hingga ia beranjak dewasa nantinya. Ia akan terus menerus mengkonsumsi camilan tanpa tau waktu dan tanpa ada takaran jumlah yang tepat, efeknya nanti tentu anak akan menjadi mengkonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.

  • Ngemil Saat di Perjalanan

Salah satu kebiasaan yang sebaiknya bunda pikir ulang adalah memberikan camilan untuk anak pada saat bunda dan buah hati berada diperjalanan. Anak yang rewel akan menjadikan bunda memilih cara untuk membuatnya tetap tenang dengan memberikannya camilan dengan harapan supaya ia bisa sedikit lebih tenang. Hal ini juga bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak lho bunda. Saat diperjalanan, bunda tidak lagi bisa mengawasi anak dengan baik sehingga perhatian bunda akan makanan yang ia konsumsi menjadi berkurang. Tanpa pengawasan tentu saja akan membuat anak mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang terlalu banyak yang juga akan membuatnya terbiasa untuk terus mengkonsumsi makanan saat berada diperjalanan. Untuk mengurangi resiko mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, bunda bisa memberikan makanan hanya dalam jumlah yang sedikit saja untuk dibawa saat perjalanan.

  • Mengkonsumsi Camilan Sesudah dan Sebelum Makan

Memberikan camilan pada saat mendekati waktu anak makan baik itu sesudah ataupun sebelum juga akan mengganggu nafsu makan buah hati lho bunda. Jika bunda sudah memberikan asupan makanan sebelum anak mengkonsumsi makanan utama sudah pasti dia akan menjadi telat makan dan berubah waktu makannya. Selain itu, jika waktu makan berubah akan membuat waktu makan yang lain juga berubah dan bisa-bisa malah menjadi satu kebiasaan yang buruk bunda. Ada baiknya untuk tidak memberikan camilan pada saat anak ingin makan utama.

Dengan memperhatikan cara-cara untuk memberikan cemilan dengan prosedur yang baik, maka bunda bisa mengubah camilan menjadi makanan yang menyehatkan bagi tubuh dan bagi kesehatan buah hati. Tak ada salahnya untuk mengkonsumsi camilan asalkan dalam batas wajar dan juga dengan jenis makanan yang layak untuk dikonsumsi.

 

Baca juga: 5 Tips Sederhana Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top