Motivation

Hikmah besar dari kesulitan hidup yang menghadang

Yang namanya kehidupan pasti ada masa-masa dimana kita merasakan kesenangan, dan juga akan ada masa-masa dimana kita akan merasakan kesulitan. Tidak mungkin dalam 1 masa kehidupan kita hanya berisikan kesenangan saja tanpa pernah merasakan kesulitan. Begitu pula mustahil bila dalam satu masa kehidupan kita hanya berisikan kesulitan tanpa adanya sedikitpun kebahagiaan. Terlepas dari nilai bahagia atau kesulitan tersebut, namun setiap orang pasti pernah merasakannya. Kebanyakan dari mereka pasti lebih memiliki momen-momen kebahagiaan dari pada momen-momen kesulitan. Padahal ada hikmah besar dari kesulitan hidup yang menghadang. Apabila kita cerdas melihat sisi lain dari kesulitan yang datang, maka kita akan menemukan emas di dalamnya.

Hikmah besar dari kesulitan hidup

Sponsor-produk pemutih wajah

Ada yang mengatakan bahwa di balik kesulitan terdapat kebahagiaan. Rupanya hal itu bukan hanya basa basi sekadar untuk menenangkan hati orang-orang yang tengah mengalami kesulitan. Rupanya hal itu memang benar terjadi, bahwa di balik kesulitan terdapat kebahagiaan yang akan ditemukan namun tentunya dengan syarat tertentu. Apakah syarat  itu? anda harus memiliki kacamata positif. Sebuah sudut pandang agar melihat  segala kesulitan tidak hanya dari sisi susahnya saja namun dari sisi sebaliknya. Karena setiap kondisi yang dialami manusia pasti ada sisi negatif dan ada sisi positifnya. Nah kali ini kita akan mengulik tentang sisi positif yang akan kita dapatkan dari berbagai pengalaman kesulitan yang datang menghadang jalan hidup kita.

Terdapat pembelajaran berharga dari berbagai kesulitan

Ada sebuah kisah dari seorang manajer pemasaran suatu perusahaan menengah. Suatu ketika ia dipindah tugaskan ke sebuah kota dengan perekonomian bisa dikatakan menengah. Tidak terlalu atas namun juga tidak terlalu rendah untuk ukuran sebuah kota. Ia diberikan tugas untuk memasarkan produk perusahaannya di kota tersebut. Ia diberikan SDM pemasaran atau sales sejumlah 5 orang. Namun 5 orang tersebut belum pernah ia kenal sebelumnya. Selain belum mengenal SDM yang ia miliki ia sendiri juga belum mengetahui betul karakter kota tempat ia harus memasarkan produk perusahaannya tersebut. Terlebih lagi pimpinan perusahaan tempat ia bekerja tidak mau tahu alasan apapun. Yang ia tahu bahwa manajer perusahaan beserta tim tersebut harus mencapai target penjualan sebesar 200 juta dalam waktu 2 bulan.

1 minggu berlalu, ternyata ia mendapati kenyataan bahwa SDM yang diberikan perusahaan untuknya adalah SDM yang memiliki permasalahan baik secara moral kerja maupun kemampuan. Ditambah lagi dengan karakter warga kota sebagai obyeknya yang kurang simpatik dengan produknya. Bila dihitung-hitung sekali lagi mustahil tim nya dapat mencapai target penjualan dalam waktu 2 bulan. Namun bagaimana juga pimpinan perusahaannya tidak akan pernah mau tahu kesulitan yang ia alami.

Nah bila anda ada dalam posisi seorang manajer pemasaran di perusahaan tersebut apa yang akan ada rasakan? Tekanan dari pimpinan perusahaan anda begitu besar bagi anda. sedangkan sumber daya tim yang anda miliki tidak akan mampu mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh pimpinan perusahaan. Perasaan ingin lari, ingin pulang ke rumah, ingin resign dari pekerjaan tersebut mungkin sempat beberapa kali menghiasi pikiran anda.

Namun bila anda memutuskan untuk lari dari kesulitan tersebut maka anda adalah orang yang sangat merugi. Mengapa demikian? Karena ketika anda memilih untuk lari maka anda pasti akan dinyatakan gagal dalam tugas tersebut. Dan selain itu anda tidak akan mendapatkan secuil pelajaran yang banyak sekali terdapat dalam kondisi sulit tersebut.

Pelajaran inilah yang jaug lebih berharga dari materi maupun status keberhasilan anda. terlepas dari berhasil atau tidaknya anda mencapai target penjualan, anda tetap akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Apabila anda berhasil mencapai target maka anda akan menemukan suatu metode untuk mengoptimalkan sumber daya tim anda sehingga bisa mencapai target penjualan. Begitupun bila anda gagal, anda telah menemukan cara yang salah dan agar tidak anda lakukan di kemudian hari untuk mencapai target penjualan. Keduanya merupakan pembelajaran yang besar. Ilmu yang tidak akan anda jumpai pada buku maupun materi perkuliahan.

Karena memang guru paling hebat adalah pengalaman. Artinya pembelajaran yang paling tinggi nilainya adalah ketika anda mampu belajar dari pengalaman anda. dengan belajar melalui pengalaman pribadi anda, maka anda tidak perlu susah payah membaca buku atau menghafal materi pelajaran. Secara otomatis ilmu tersebut akan masuk ke dalam otak anda secara permanen. Karena anda terlibat langsung dalam proses menelurkan pembelajaran tersebut. Dan ketika anda peka untuk menarik pembelajaran dari segala pengalaman sulit anda, maka anda akan mampu menjadi manusia yang akan mendapatkan kesuksesan. Karena orang sukses bukanlah orang yang berbakat melainkan orang sukses adalah mereka yang tidak pernah berhenti belajar dan meningkatkan kualitas diri.

Oleh karena itu, ketika anda mengalami suatu kesulitan maka janganlah anda lari dan kabur dari kesulitan tersebut. Hadapilah dengan jantan, kerahkan semua yang anda miliki untuk mengatasinya. Terlepas dari anda berhasil ataupun gagal, anda tetap akan mendapatkan pembelajaran berharga dari pengalaman sulit yang datang menghadang jalan kehidupan anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top