Makanan Kesehatan

Hidup Lebih Sehat Dengan Sayuran, Ini Rekomendasinya Untuk Anda

Hidup Lebih Sehat Dengan Sayurankesehatan adalah hal yang sangat penting. Apalagi di zaman yang serba cepat ini. menjaga kesehatan jadi lebih sulit dan tentunya jadi tuntutan yang semakin harus ditaati. Di era modern, kadang makanan banyak yang tidak alami, dan banyak ditambahi atau dicampur dengan zat kimia. Yang bahkan tidak jarang berbahaya bagi kesehatan manusia. Salah satu alasannya adalah untuk membuat makanan tersebut lebih lezat atau lebih awet. Padahal bukannya malah sehat, tapi malah bisa memberikan resiko terkena penyakit.

Hidup Lebih Sehat Dengan Sayuran

Sponsor : kezia skin expert

Dan untuk mengatasi atau mengimbangi asupan makanan yang tidak sehat itu, anda bisa menjaga kesehatan dengan makan banyak sayuran. Dan sayuran yang dimakan haruslah jenis sayuran yang mengandung anti-oksidan tinggi dan yag penting bebas pestisida atau bahan kimia dalam setiap proses produksinya.  Apa saja jenis sayuran itu? Berikut ini adalah rinciannya.

  1. Kacang polong

Kacang polong memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Dari sebuah studi yang dilakukan ilmuwan, ditemukan bahwa kacang polong yang dikonsumsi dengan sayuran lainnya bisa mengurangi resiko kanker perut. Untuk makan kacang polong, anda bisa memasaknya denga lemon atau jenis resep lainnya. Ada bisa mencari di internet untuk mencari resep lezat untuk memasak kacang polong ini sehingga anda senang saat mengkonsumsinya.

  1. Kubis

Kubis adalah sayuran berupa lembaran daun berwarna hijau. Di sayuran ini ada banyak kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan. Kandungan ini bisa untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung yang disebabkan oleh menurunnya level kolesterol di dalam tubuh.sistem imun juga sangat membutuhkan vitamin c yang ada di dalam kubis. Jadi jika ada ingin menddapat asupan banyak vitamin c, maka anda bisa mengkonsumsi banyak sayur kubis. Untuk mendapatkan sayur ini sangat mudah, karena banyak di jual di pasar atau mini market.

  1. Jagung

Jagung memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan mata. Pastikan anda memasuk dulu jagung yang akan dikonsumsi, karena dengan dimasak dulu maka kandungan dari antioksidan (lutein) yang ada di dalamnya bisa untuk mengurangi resiko berkurangnya daya penglihatan pada manula. Selain dibakar, ada banyak cara untuk memakan jagung, diantaranya dengan direbus, dijadikan sayur berkuah, atau ditumis.

  1. Bayam

Bayam juga memiliki khasiat untuk mata, karena kaya karotenoid, antioksidan yang bisa membuat mata anda jadi lebih sehat. Bayan juga akan membantu mengurangi degenerasi makula, yang dapat membuat kebutaan pada orang dewasa. bayam yang dimasak, akan membuat lutein (salah satu jenis karotenoid) jadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa makan bayam dengan merebusnya atau dijadikan tumis. Selain itu anda bisa mengkreasikan resep lain agar tidak bosa maka sayur ini.

  1. Kecambah

Jangan meremehkan sayuran kecil ini, karena ternyata kaya akan kandungan beta-karoten, sebuah antioksidan yang melindungi tubuh anda dari bahayakanker paru-paru. Kecambah juga memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, tulang, kuku, gusi,  dan gigi. Kandungan kecambah yang kaya akan vitamin E, juga akan mengurangi resiko penyakit jantung, kanker kandung kemih. Anda bisa memakan kecambah dengan menjadikannya campuran pada masakan lain.

  1. Ubi

Makanan ini adalah jenis sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk manusia. Ubi diketahui memiliki banyak kandungan vitamin C, dan kandungan ini sangat bagus bagi kulit anda. Di dalam ubi yang lebih dikenal dengan nama sweet potato  di luar negeri ini, banyak mengandung potasium, serat, vitamin, dan magnesium yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa memakannya dengan menggorengnya dengan tepung atau direbus untuk dijadikan cemilan yang sehat.

  1. Wortel

Wortel dikenal sebagai sayur kesukaan kelinci. Tapi sayura berwarna jingga ini banyak juga digemari oleh manusia. Dengan warnanya yang cerah dan rasanya yang manis, banyak orang sering mengkonsumsinya. Di dalam wortel diketahui ada sekitar 30 kandungan kalori, seain itu juga ada kandungan seperti serat, vitamin K, dan lutein. Lutein ini adalah sebuah karotenoid yang diserap oleh retina mata, atau komponen penting lain dari organ penglihatan manusia. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan lutein di dalam sayur juga akan menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung yang membahayakan jiwa.

  1. Paprika merah

Paprika adalah makana sehat yang sayangnya jarang dikonsumsi masyarakat indonesia. Pada sebuah paprika merah yang berukuran kecil, ada banyak kandungan vitamin C, yang memberikan asupan sebesar 150 persen dari dosis yang direkomendasikan untuk tubuh anda dalam satu hari. Vitamin c pada parpika juga akan membantu mencegah terjadinya aterosklerosi atau penumpukan lemak di dalam dinding pembuluh darah, yang mana hal itulah yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Silahkan mencari resep untuk memasak paprika sehingga jadi makanan yang enak.

  1. Lobak

Di dalam sayuran lobak ini anda akan mendapat asupan vitamin K, kemudian lutein, vitamin c, dan juga serat. Untuk mendapatkan makanan atau sayuran ini caranya mudah karena bisa didapatkan di pasar tradisional atau supermarket. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memasaknya menjadi makanan yang lezat.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top