Makanan Kesehatan

Hebat! Ahli Gizi Menemukan Bahwa Alpukat Dapat Memperlambat Penuaan Otak

 Hebat! Ahli Gizi Menemukan Bahwa Alpukat Dapat Memperlambat Penuaan Otak

Siapa sangka selama ini ada temuan ahli gizi bahwa alpukat dapat memperlambat penuaan otakMenjaga supaya otak Anda tetap tajam meski sudah berusia lanjut merupakan langkah yang begitu penting. Otak merupakan organ yang berfungsi sebagai pengendali organ lainnya. Sementara itu, secara alami otak manusia dirancang dengan sistem pertahanan yang begitu kuat guna menagkal masukkan benda asing yang bisa berpotensi merusak sel dan jaringannya.

Hebat! Ahli Gizi Menemukan Bahwa Alpukat Dapat Memperlambat Penuaan Otak

Sponsor: perawatan wajah

Menurut penelitian, pertahanan alami otak atau blood-brain barrier (BBB) bertugas menangkal zat-zat yang bersifat toksin dan menangkal masuknya radikal sehingga tidak merusak jaringan otak. Dan menjaga kesehatan sel memori Anda, merupakan suatu keharusan mengingat otak berperan penting untuk daya pikir, dan kemampuan kognitif. Paparan radikal yang terjadi didalam otak Anda bisa membuatnya alami oksidasi yang berkaitan erat dengan timbulnya masalah seperti penurunan kemampuan kognitif, parkinkon, demensia, sklerosis hingga penyakit Alzheimer .

Hebat! Ahli Gizi Menemukan Bahwa Alpukat Dapat Memperlambat Penuaan Otak

Pentingnya melindungi otak dari penuaan dengan Alpukat

Sel radikal bebeas bisa saja mengenai sel neuron otak dan hanya bisa dilawan dengan anti oksidan yang cukup. Anti oksidan berguna untuk mencegah masuknya atau paparan zat radikal ke bagian selaput dan membran otak. Faktor yang bisa mempengaruhi otak terkena paparan radikal adalah usia, gaya hidup, diet, atau lingkungan. Menjaga asupan makan juga bisa mempengaruhi kekuaran otak dari sasaran radikal bebas.

Alpukat, baru-baru ini diyakini sebagai bahan alami pelindung otak. Melansir dari beberapa portal kesehatan, disebut adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari rontiers in Aging Neuroscience. Para tim melibatkan sukarelawan sebanyak  60 orang yang diantaranya berusia 25-45 tahun. Saat melakukan uji coba, tim mengukur tingkat lutein atau karotenoid spesifik. Selanjutnya diukurlah aktivitas yang dilakukan otak beserta respons neuronnya ketika melakukan beberapa tugas berat.

Apa hasilnya?

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa orang dewasa yang memiliki lutein yang lebih tinggi mampu merespon daya ingat yang setara dengan respon otak orang yang usiannya lebih muda darinya dan kadar luteinnya lebih rendah. Seperti diketahui, senyawa lutein ini bisa ditemukan pada buah alpukat. Selain buah alpukat, lutein juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi berbagai sayuran hijau seperti kankung dan bayam.

Lutein tampaknya berperan penting dalam melindungi otak dari masalah akibat penuaan. Lutein sendiri adalah sebuah senyawa karotenoid yang biasanya terdapat pada unsur nabati dan hewani. Senyawa ini paling mudah dan efektik diserap oleh tubuh ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak, alias mudah larut dalam lemak.

Kandungan nutrisi lutein dalam alpukat bisa berpotesi memacu kinerja otak terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Lutein memiliki peran aktif sebagai pelindung di dalam otak dan anti inflamasi yang bisa membantu perbaiki fungsi otak dan mereka yang memiliki tingkat ltein yang lebih tinggi dapat memiliki sumper energi untuk menyelesaikan berbagai tugas dari yang ringan hingga berat. Didalam studi ini pun disebutkan tetang bagaimana sebenarnya nutrisi lutein bisa membantu.

Inilah salah satu kelebihan seseoranag mengkonsumsi buah alpukat. Selain mengandung lutein, alpukat juga kaya beta-sitosterol yang diyakini bisa mengurangi kolesterol. Semoga manfaat makan alpukat yang bergizi ini bisa membantu Anda tetap hidup sehat ya!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top