Info Kedokteran

Hati-Hati Dengan Kebiasaan Yang Bikin Mata Anda Cepat Tua

 Hati-Hati Dengan Kebiasaan Yang Bikin Mata Anda Cepat Tua

Kebiasaan yang bikin mata cepat tua adalah hal yang perlu diwaspadai. Meski banyak orang menyepelekan kebiasaan-kebiasaan seperti menatap layar monitor terlalu lama atau sering terkena paparan sinar matahari bisa mengganggu penglihatan. Sering makan makanan cepat saji juga bisa mengakibatkan masalah pada mata. Tak banyak orang yang tahu jika selama ini, hal-hal dibawah ini bisa menimbulkan masalah serius yang bisa membuat mata rentang mengalami penyakit.

 

Kebiasaan yang bikin mata cepat tua

Sponsor: halo jasa

1. Berpanas-panasan tanpa kacamata hitam

Sungguh berbahaya bila Anda sering menatap atau berpanas-panasan di bawah sinar matahari tanpa pelindung mata. Paparan sinar UV bisa menembus ke dalam kornea bahkan mempercepat kerusakan pada kelopak mata. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa mengakibatnya terbakar permukaan mata atau fotokeratitis. Masalah lain bisa mengakibatkan katarak, pinguekula bahkan degenerasi makula. Masalah lebih serius bisa sebabkan kanker di kelopak mata. Lebih baik gunakan kacamata hitam yang memiliki pelindung terhadap UV 100%.

Hati-Hati Dengan Kebiasaan Yang Bikin Mata Anda Cepat Tua

2. Menatap layar terlalu lama

Kebiasaan terlalu sering menatap layar monitor, smartphone atau perangkat gadget bisa sebabkan ketegangan mata. Penglihatan bisa kabur dan sakit kepala. Beri jeda untuk iatirahat dengan tidak menatap layar setiap jam dengan interval 30 detik.

Hati-Hati Dengan Kebiasaan Yang Bikin Mata Anda Cepat Tua

3. Merokok

Kebiasaan lain sebabkan mata menua adalah merokok. Tak hanya merusak organ tubuh, rokok sangat berbahaya bagi mata. Merokok bisa dikaitkan dengan penyakit mata yakini degenerasi makula, katarak, uveitis, hingga mata kering. Gangguan lain bisa sebabkan retinopati diabetik. Seorang perokok aktif memiliki risiko alami kebutaan sebesar 4 kali dibanding perokok pasif atau tidak merokok. Jadi mulai kurangi kebiasaan buruk merokok untuk cegah penyakit mata serius dan membuatnya lebih sehat.

Hati-Hati Dengan Kebiasaan Yang Bikin Mata Anda Cepat Tua

4. Kebiasaan makan yang buruk

Kebiasaan makan yang buruk ternyata bisa sebabkan masalah mata loh. Makanan cepat saji ditambah kurang konsumsi sayur buah menyebabkan kemungkinan mata kekurangan vitamin, asam lemak esensial dan mineral penting untuk mata. Makan sayuran hijau dan buah ditambah ikan salmon membantu lindungi mata dari penyakit degeneratif. Supaya lebih efektif, bisa tambahkan menu kaya asam lemak seperti telur dan susu juga biji-bijian.

Kebiasaan yang bikin mata cepat tua

 

5. Tidur menggunakansoft lens

Ada banyak bahaya mengintai jika tidur dengan memakai soft lens. Gunakan softlens seperlunya saja dan copot jika mau tidur. Paling penting adalah melakukan pemeriksaan berkala untuk mata. Cara iniembantu mendeteksi gangguan penglihatan dan penyakit mata. Tanya seputar cara menjaga atau mengatasi keluhan pada dokter mata.

Perlu diperhatikan lagi adalah mengetahui riwayat penyakit mata yang pernah dialami oleh anggota keluarga. Supaya dokter bisa mengetahui gejala dan penanganan dengan cepat, tepat dan serius. Jika pekerjaan Anda berada cukul lama di layar komputer, pastikan atur juga kecerahan layarnya sehingga lebih nyaman dipandang. Apabila Anda juga memiliki keluhan seputar masalah pada komputer seperti layar yang bermasalah, segela lakukan service komputer. Anda bisa menemukan ahli perbaikan layar komputer di Halo Jasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top