Motivation

Hati-Hati! Dampak Negatif Ini Bisa Terjadi Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

Hati-Hati! Dampak Negatif Ini Bisa TerJadi Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

Hati-hati akan datangnya dampak negatif terlalu ambisius dalam pekerjaan bisa mengganggu kehidupan Anda. Seperti kata orang, ambisius yang terlalu tinggi bisa menjadi benalu dalam setiap pekerjaan dan jika tidak segera diatasi maka suatu saat nanti bisa mengacaukan karir. Lantas apa saja akibat buruk apabila Anda terlalu berlebihan terhadap pekerjaan. Inidia dijelaskan akibat negatif super ambisius bekerja.

dampak negatif terlalu ambisius dalam pekerjaan

Sponsor: halo jasa

1. Membuat Anda Mudah Depresi

Tak jarang pekerjaan bisa membuat Anda merasakan stres bukan? Beban pekerjaan yang menumpuk seringkali mengakibatkan Anda lupa waktu. Bekerja mulai pagi, siang hingga larut malam semua yang dipikirkan hanyalah tetang pekerjaan. Banyak waktu berkualitas lain yang Anda abaikan hanya untuk menghabiskan target pekerjaan. Waktu bersantai saja sulit didapatkan, begitupun waktu berlibur, tidur yang cukup hingga waktu olahraga. Keadaan ini yang dipaksa terus bisa membebani jiwa dan raga sehingga mudah menyebabkan stres dan depresi. Bukannya hidup Anda membutuhkan pikiran yang tenang dan tenaga yang fit bukan? Jadi jangan sia-siakan waktu istirahat dan bersantai, melepas semua pekerkaan yang menumpuk seketika.

  Hati-Hati! Dampak Negatif Ini Bisa TerJadi Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

2. Kecenderungan Antisosial Meningkat

Bekerja itu adalah sebuah pilihan untuk tetap bertahan hidup. Namun sadar tak sadar, ambisi kerja yang tak terkontrol bisa membuat Anda antisosial atau kurang bergaul. Terlalu mengutamakan pekerjaan ketimbang interaksi dengan orang lain bisa memicu masalah baru. Pada akhirnya Anda jadi tidak peduli dengan lingkungan rumah atau di tempat kerja. Keadaan yang terus berulang, maka orang lain pun akan menjadi tidak respek dengan Anda. Misalnya di lingkungan rumah Anda sudah tidak dianggap sebagai orang yang dibutuhkan karena dinilai terlalu sibuk. Sedangkan ambisius di tempat kerja menjadikan Anda sulit mendapat kenaikan jabatan. Bukankah mendapatkan kenaikan pangkat dalam perusahaan menjadi impian banyak orang?

dampak negatif terlalu ambisius dalam pekerjaan

 

3. Sulit Menjadi Orang yang Bijak

Semakin dewasa usia orang tentunya Anda harus semakin bijak menyikapi segala situasi dan pekerjaan. Namun kenyataannya menjadi orang yang bijak ketika menghadapi masalah bukan perkara mudah. Mengambil keputusan di kala berambisi besar begitu sulit karena tidak bisa berfikir jernih. Menumpuknya pekerjaan memunculkan keinginan untuk segera menyelesaikan sehingga banyak pengambilan keputusan dilakukan dengan tergesa-gesa sehingga mengabaikan orang lain. Padahal mengambil keputusan secara bijak merupakan langkah utama menjadi orang yang dewasa. Sementara berambisi untuk bekerja terus justru bisa membuat pekerjaan penting lainnya terbengkalai dan berujung mempersulit urusan kerja.

Hati-Hati! Dampak Negatif Ini Bisa TerJadi Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

4. Sulit Memahami Kelemahan Diri Sendiri

Siapa pun itu wajib memahami dan mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri, termasuk Anda. Tetapi membawa ambisi besar pada pekerjaan dengan sering menganggap dirinyalah yang terbaik dalam berbagai hal itu tidak baik untuk diri Anda. Berbagai pencapaian yang telah diraihnya memang bisa menguatkan rasa percaya diri namun lebih cenderung ke arah egoisme. Pada akhirnya, sikap inilah menjadikan Anda sangat sulit memahami akan kelemahan diri. Hal ini justru bisa membuat Anda sulit berkembang, mengingat sikap egois ini banyak dijauhi oleh orang lain. Padahal jika kemampuan diri telah berkembang sangat mudah meningkatkan karir lebih tinggi. Ditambah keinginan yang begitu ambisius, mengakibatkan karir tidak berkembang lagi sehingga membuat diri dilanda kecemasan hingga berujung depresi.

Hati-Hati! Dampak Negatif Ini Bisa TerJadi Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

5. Menjadi Kurang Teliti Dalam Berabagai Hal

Memiliki sikap yang teliti dan penuh kehati-hatian adalah modal seseorang hidup didunia. Tujuannya supaya bisa melakukan segala hal yang terbaik untuk diri dan kehidupan di masa depan. Teliti juga dapat mengantarkan diri pada keberuntungan. Sementara berambisi besar pada pekerjaan membuat Anda kurang detail pada pekerjaan. Hampir semua pikiran tertuju pada pekerjaan dan target kerja yang Anda buat. Akhirnya, sangking besarnya ambisi membuat kurang teliti dengan pekerjaan itu. Padahal fokus dan kinerja maksimal sangat diperlukan dalam pekerjaan. Jadi, jangan sampai tujuan atau target semakin menjauh dalam diri Anda.

Hati-Hati! Dampak Negatif Ini Bisa TerJadi Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

6. Menjadi Orang yang Kurang Menghargai Orang Lain

Anda terlalu berambisi tinggi pada pekerjaan, semakin lama bisa membuat Anda kurang menghargai orang. Anda terlalu merasa bahwa pencapaian kerja hanya dilakukan oleh diri sendiri bukan bantuan orang lain. Jadinya, bisa menciptakan sikap antisosial dan sulitnya menghargai orang meski yang ia berikan untuk Anda sangat sedikit. Kita harus paham jika berbagai usaha yang harus dilakukan sedikit atau banyak pasti membutuhkan peran orang lain. Semangat kebersamaan itulah yang mampu memupuk kesuksesan dalam karir.

Selain enam hal diatas, ternyata sikap berambisi pada pekerjaan juga bisa mempersulit diri untuk berkembang. Anda jadi merasa sudah benar-benar memiliki pekerjaan tetap. Padahal bisa saja suatu saat pekerjaan itu membuat Anda harus menyerah karena kurangnya diri berkembang dan memahami orang lain karena sikap yang kurang baik. Walau menjadi ambisius bukan hal yang buruk jika bertujuan baik, tetapi tanpa adanya kontrol bisa membuat Anda terjerumus ke dalam sikap egois. Daripada muncul hal-hal buruk, cobalah mulai dari sekarang belajar mengembangkan diri. Salah satunya dengan mengikuti kursus digital marketing yang bisa dicari di Halo Jasa. Di sini, kemampuan atau skill Anda tentang marketing bisa menjadi tambahan penghasilan yang bisa dilakukan dengan santai.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top