Career Tips

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kena PHK

Salah satu resiko yang akan diterima oleh pekerja di sebuah perusahaan adalah PHK atau pemutusan hubungan kerja. Kesulitan yang kadang dialami oleh perusahaan membuat mereka mau tidak mau ingin mengurangi jumlah pekerja untuk mengurangi defisit keuangan yang sedang dialami. Perlu diperhatikan bahwa PHK bukan merupakan hal yang baru dalam industri. Tercatat bahwa ada gelombang PHK yang besar di Indonesia sekitar tahun 1997 yang tidak mudah dilupakan. Tentu saja, PHK tidak berlaku pada semua karyawan. Hanya karyawan tertentu yang tidak memiliki trek record baik dan tidak sesuai dengan ekspektasi perusahaan saja yang akan terkena PHK. Nah, lantas bagaimana sikap Anda ketika Anda menerima PHK dari perusahaan? Berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan saat kena PHK dari perusahaan yang menaungi Anda.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kena PHK

Sponsor : kezia skin expert

  1. Tetap bersikap tenang

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat Anda menerima kabar menyakitkan bahwa Anda diPHK adalah tetap merasa tenang. Memang, akan timbul rasa kecewa yang begitu kentara di dalam hati saat Anda menyadari bahwa Anda akan kehilangan pekerjaan yang selama ini Anda geluti. Namun, mengungkapkan kekecewaan dengan hal negative dan emosional merupakan sesuatu yang salah dan justru akan merugikan diri Anda sendiri. Nah, meskipun hati merasa gundah dan kecewa, tetaplah berusaha berpikir dengan jernih. Tenanglah dalam menghadapi situasi yang ada. Ingat bahwa PHK bukanlah akhir dari karir yang harus disesalkan. Anda dapat mencoba hal yang baru yang mungkin saja lebih baik dari pekerjaan lama anda. Jangan pernah merasa pesimis karena permasalahan PHK.

  1. Jangan menyalahkan pihak manapun

Emosi yang tidak terkontrol terkadang akan membuat sikap kita menjadi lebih kekanak-kanakan. Ketidakmampuan untuk menerima kenyataan seringkali membuat kita menyalahkan berbagai pihak atas kegagalan yang kita rasakan. Namun, hal yang sebaiknya Anda lakukan saat Anda mendapati kabar bahwa Anda terkena PHK dari perusahaan adalah jangan menyalahkan pihak manapun, baik itu pihak perusahaan, rekan kerja, atau diri Anda sendiri. Hal ini penting karena sikap saling menyalahkan ini hanya akan membuat situasi bertambah runyam dan tentu saja Anda semakin tidak tenang. Pahami bahwa PHK adalah salah satu resiko dari pekerja. Selain itu, tanamkan pada diri Anda bahwa Anda memang harus meningkatkan kualitas pekerjaan Anda agar mendapatkan karir yang lebih gemilang.

  1. Cari hiburan sejenak pasca diPHK

Tidak dipungkiri bahwa PHK yang Anda terima akan membuat Anda merasa kecewa dan sakit hati. Hal ini wajar saja terjadi karena memang kita memiliki hati yang bisa merasakan. Nah, dalam hal ini Anda tentu boleh berusaha mencari pelampiasan dari kekecewaan yang Anda rasakan, asalkan dengan cara yang baik. Salah satu cara pelampiasan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari hiburan sejenak. Hiburan akan membuat rasa kecewa Anda luntur dan Anda bisa sedikit melupakan kejadian yang sedang Anda alami. Ajak teman lama Anda atau keluarga Anda untuk refreshing. Piknik adalah cara yang sangat simple untuk meredakan kejenuhan dan kekecewaan yang Anda rasakan. Namun, harus dipastikan bahwa kondisi Anda akan segera membaik setelah piknik!

  1. Perbaiki diri sendiri dahulu

Telah disinggung sebelumnya bahwa PHK merupakan salah satu solusi sebuah perusahaan untuk memotong masalah yang terjadi pada tubuh perusahaan itu sendiri. Nah, kita juga tahu bahwa karyawan yang di PHK adalah mereka yang tidak memiliki ekspektasi sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan. Saat Anda diPHK oleh perusahaan Anda, maka sadarilah bahwa Anda memiliki beberapa kekurangan yang membuat Anda dikeluarkan. Dengan kesadaran ini maka akan terbangun sebuah hasrat positif dari dalam diri Anda sendiri untuk memperbaiki diri Anda. Ada beberapa hal yang dapat di perbaiki, misalnya cara bicara Anda, gaya sikap Anda, atau ketepatan Anda dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pimpinan.

  1. Mencari peluang kerja lainnya

Perlu dipahami bahwa kreativitas dan keberuntungan Anda tidak akan usai karena hanya menerima PHK dari satu perusahaan. Anda tidak boleh merasa pesimis dan takut bahwa Anda akan kesulitan mencari pekerjaan lain. Saat Anda diPHK, tetaplah berpikir positif. Sembari memperbaiki kualitas diri Anda, berusahalah mencari peluang lain. Anda bisa mendaftar di beberapa perusahaan yang berbeda untuk mendapatkan peran yang berbeda. Namun, jika Anda memiliki sedikit trauma karena PHK, maka membuka usaha sendiri dapat dijadikan ide untuk berubah. Dengan usaha sendiri Anda dapat menjadi bos yang tentu tidak akan terkena PHK lagi. Galilah informasi sebanyak-banyaknya dan jangan malu untuk bertanya untuk mendapatkan ide baru yang lebih membangu karir Anda.

Beberapa ulasan singkat di atas merupakan contoh dari hal yang sebaiknya Anda lakukan saat Anda menerima PHK dari perusahaan tempat Anda bernaung. Memang, PHK merupakan salah satu hal yang sangat tidak mengenakan untuk terjadi. Namun, sebagai seorang yang kuat dan tabah, Anda harus menghadapi PHK dengan sikap positif dan tetap optimis. Jangan pernah merasa kecil dan pesimis karena menerima PHK. Sejatinya, Anda memiliki banyak sekali peluang lain yang bisa dieksplorasi dengan sangat baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top